Sukses


Virgil van Dijk dan Deretan 4 Bek yang Dibeli dengan Harga Mahal oleh Liverpool

Bola.com, Jakarta - Liverpool membuat kejutan di penghujung bursa transfer musim dingin musim ini. The Reds langsung mendatangkan dua bek tengah sekaligus untuk mengatasi lubang besar di poros belakang usai Virgil van Dijk cedera panjang.

Liverpool awalnya kedatangan Ben Davies. Bek 25 tahun itu dibeli dari klub Championship, Preston North End dengan nilai transfer 500 ribu pounds dan sejumlah bonus di masa depan.

Setelah itu The Reds mengumumkan perekrutan Ozan Kabak. Bek asal Turki tersebut dipinjam dari klub Bundesliga, Schalke.

Davies dan Kabak didatangkan Liverpool sebagai solusi dari krisis lini pertahanan. The Reds ditinggal Virgil van Dijk, Joe Gomez, hingga Joel Matip karena cedera.

Perekrutan Davies dan Kabak bisa dibilang tidak memakan biaya besar. Meski begitu, Liverpool pernah membeli bek tengah dengan harga fantastis.

Berikut ini lima bek tengah termahal yang pernah dibeli Liverpool:

2 dari 7 halaman

Daniel Agger

Daniel Agger bergabung dengan Liverpool pada musim 2005/2006. Ia direkrut dengan biaya 8,76 juta euro dari klub Denmark, Brondby IF.

Agger memperkuat Liverpool dalam kurun waktu sembilan musim. Bek tengah asal Denmark itu mencatatkan 232 penampilan dengan menceak 14 gol dan sembilan assist.

Agger memenangkan Piala Liga dan Community Shield sebelum meninggalkan Liverpool pada musim 2014/2015. Ia kembali ke Brondby IF dan pensiun pada Juli 2016.

3 dari 7 halaman

Martin Skrtel

Martin Skrtel dibeli Liverpool dari Zenit St Petersburg pada musim 2007/2008. Pemain berkebangsaan Slovakia itu ditebus dengan mahar 10 juta euro.

Skrtel bermain untuk Liverpool selama sembilan musim. Dalam kurun waktu sembilan musim itu, Skrtel mencatatkan 320 penampilan di semua kompetisi dan meraih satu gelar Piala Liga.

Skrtel meninggalkan Liverpool dengan hengkang ke Fenerbahce pada musim 2016/2017. Setelah memperkuat Istanbul Basaksehir, pemain berusia 35 tahun itu saat ini tidak memiliki klub.

  

4 dari 7 halaman

Mamadou Sakho

Mamadou Sakho digaet Liverpool dari PSG pada musim 2013/2014. The Reds mengeluarkan 19 juta euro untuk mendapatkan bek asal Prancis tersebut.

Sakho bermain untuk Liverpool selama tiga musim. Ia tercatat memainkan 80 pertandingan di semua kompetisi untuk The Reds.

Pemain berusia 30 tahun itu tak meraih satu gelar pun selama berada di Anfield. Sakho dipinjamkan ke Crystal Palace pada musim 2016/2017 dan masih bertahan di sana sampai saat ini.

5 dari 7 halaman

Dejan Lovren

Dejan Lovren diboyong Liverpool dari Southampton di musim 2014/2015. Bek Kroasia itu ditebus dengan biaya yang mencapai 25,30 juta euro.

Lovren tampil dalam 185 pertandingan dengan mencetak delapan gol dan lima assist. Lovren juga ikut membantu The Reds memenangi Premier League dan Liga Champions.

Setelah enam musim di Anfield, Lovren memutuskan berpisah dengan Liverpool. Ia melanjutkan kariernya di Zenit St Petersburg pada bursa transfer musim panas 2020.

6 dari 7 halaman

Virgil van Dijk

Virgil van Dijk didatangkan dari Southampton pada pertengahan musim 2017/2018. Dengan banderol 84,65 juta euro, Van Dijk menjadi bek termahal yang pernah dibeli Liverpool.

Liverpool ternyata tidak sia-sia menebus Van Dijk dengan harga yang sangat mahal. Kehadiran Van Dijk membuat lini pertahanan Liverpool semakin kukuh.

Van Dijk berhasil mengantarkan The Reds meraih gelar Premier League dan Liga Champions. Dia sudah mencatatkan 130 penampilan untuk Liverpool dengan mencetak 13 gol dan 6 assist.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 2/2/2021)

7 dari 7 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer