Sukses


Deretan Pemain Top yang Diorbitkan Ralf Rangnick, Sadion Mane hingga Erling Haaland: Manchester United Bakal Untung Nih

Bola.com, Jakarta - Ralf Rangnick segera merapat ke Manchester United untuk menjadi manajer interim menggantikan Ole Gunnar Solskjaer hingga akhir musim. Dia juga berpeluang menjadi direktir teknik pada akhir musim setelah MU merekrut pelatih baru.  

Ralf Rangnick memiliki catatan luar biasa dalam menggali permata yang terpendam. Pemain-pemain tersebut direkrutnya saat dirinya menjadi pelatih maupun direktur sepak bola di berbagai klub, seperti Schalke, Hoffenheim, RB Salzburg, dan RB Leipzig. 

Dia menemukan pemain-pemain seperti Joshua Kimmich, Timo Werner, Naby Keita, dan Ibrahima Konate. Mereka membantu mengubah RB Leipzig dari tim liga Jerman yang semenjana menjadi mampu bersaing di Liga Champions.

Keempatnya kemudian dijual ke klub-klub besar dengan nilai transfer menggiurkan. Dayot Upamecano juga dijual ke Bayern Munchen dengan banderol 27 juta pounds (Rp518 miliar) tahun ini. 

Rangnick juga salah satu yang pertama melihat potensi bintang Arsenal, Emile Smith Rowe. Dia merekrut sang gelandang dengan status pinjaman untuk RB Leipzig pada 2019, membantunya belajar dan berkembang. Smith Rowe sekarang menjelma menjadi pemain internasional Inggris.

Kemampuan luar biasa Ralf Rangnick itu akan sangat menguntungkan bagi Manchester United. 

 

2 dari 4 halaman

Keahlian Unik Menemukan Berlian Terpendam

David Alaba banyak belajar selama masa pinjaman di Hoffenheim di bawah Rangnick. Bintang Liverpool Roberto Firmino juga direkrut selama periode yang sama.

Rangnick juga menemukan Haaland selama hari-hari awalnya di Molde dan bertanggung jawab membawanya ke RB Salzburg. Di sana ia mencetak 29 gol dalam 27 pertandingan.

RB Salzburg menjadi tim Liga Champions karena pengaruh Rangnick dan memiliki pemain seperti Sadio Mane. Haaland kini menjelma menjadi pemain paling diincar di bursa transfer market, termasuk diminati Manchester United. 

Di Transfermarkt, Haaland berniai sekitar 135 juta pounds (Rp2,58 triliun). Sedangkan semua pemain di atas nilainya mencapai 583 juta pounds (Rp11,8 triliun). 

Jadi, Manchester United kepincut terhadap Ralf Rangnick bukan hanya kecerdasannya dalam melatih, tapi juga keahlian uniknya menemukan bakat mentah dan mengembangkan pemain ke level kelas dunia.

 

3 dari 4 halaman

Strategi Ala Ralf Rangnick

Rangnick juga mengungkapkan strateginya di Hoffeinheim, RB Leipzig, dan RB Salzburg adalah merekrut pemain muda, sehingga dia bisa mengulanginya di Old Trafford.

"Setiap jendela transfer, kami merekrut pemain berusia 18, 19 dan 20 tahun," kata Rangnick. 

"Dayot Upamecano masih 16 tahun, Naby Keita 19 tahun. Dengan setiap jendela transfer, kami mengurangi usia rata-rata tim dan secara dramatis meningkatkan kualitas. Leipzig melakukan promosi dua musim berturut-turut." 

"Ketika kami merekrut Joshua Kimmich pada 2013, kami baru saja promosi ke Divisi 3 Liga Jerman. Dia bisa dibilang pemain tak dikenal berusia 18 tahun. Kami mendatangkan banyak pemain dari Afrika, Ibrahim Konate salah satunya. Ini bukan hanya tentang mengasah mereka secara teknik, taktik, dan fisik." 

"Kami juga perlu memastikan memiliki seseorang untuk membantu mereka menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Orang-orang ini sangat penting bagi perkembangan para pemain itu - tanpa mereka, para pemain tidak akan berkembang dengan cara yang sama," imbuh Rangnick. 

 

4 dari 4 halaman

Starting XI Pemain Hebat Rekrutan Ralf Rangnick

Skema: 4-2-3-1

Kiper: Manuel Neuer

Belakang: Joshua Kimmich, Ibrahim Konate, Dayot Upamecano, David Alaba

Tengah: Emile Smith Rawe, Naby Keita, Timo Werner, Roberto Firmino, Sadio Mane

Depan: Erling Haland

Video Populer

Foto Populer