Sukses


    Lagi Ngambek, Seperti Apa Sepak Terjang Cristiano Ronaldo di 4 Piala Dunia?

    Bola.com, Jakarta - Timnas Portugal akan menghadapi Maroko pada perempat final Piala Dunia 2022. Mentas di Al Thumama Stadium, Sabtu (10/12/2022) malam WIB, kedua negara akan saling bunuh demi tiket ke semifinal.

    Fans kini bertanya-tanya, apakah Cristiano Ronaldo masuk starting XI Portugal atau tidak. Pada 16 besar Piala Dunia 2022, ketika Selecao das Quinas melumat Swiss dengan skor 6-1 di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB, mantan pemain Manchester United itu masuk sebagai pengganti.

    Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos, juga belum bisa memastikan apakah pemain veteran berusia 37 tahun itu bakal tampil sebagai starter dalam duel melawan Maroko.

    "Saya memiliki strategi dan saya tentunya akan melakukannya dengan penuh keyakinan, termasuk dalam susunan komposisi pemain," kata Santos dilansir AP News.

    Fernando Santos diprediksi masih memilih striker muda berusia 21 tahun, Goncalo Ramos, untuk menghuni pos di lini depan. Pemain Benfica itu tampil cemerlang dengan torehan tiga gol dalam kemenangan besar atas Swiss.

    Terlepas dari semua persoalan, Ronaldo masih menjadi yang terbaik di Portugal. Rekornya sulit dilewati, baik di level klub maupun timnas.

    Kesuksesan CR7 terbentang dari Sporting CP, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus. Bersama klub-klub beken tersebut, Ronaldo telah memenangkan semua gelar yang diidam-idamkan setiap pemain, termasuk lima Ballon d'Or.

    Bagi rakyat dan fans Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo belum tergantikan. Pemain kelahiran 5 Februari 1985 itu sudah hadir dalam lima Piala Dunia, termasuk di Qatar saat ini. Guys, sekarang kita lihat yuk sepak terjang Bang Dodo di empat kenduri akbar empat tahunan itu.

     

    2 dari 6 halaman

    Piala Dunia 2006

    Saat itu, Cristiano Ronaldo masih berusia 21 tahun. Tak ada sedikit keraguan pun di hati pelatih Luiz Felipe Scolari ketika memasukkan namanya ke dalam skuad Portugal di Piala Dunia 2006 Jerman.

    Bahu membahu dengan seniornya seperti Luis Figo, Simao, Deco, dan Pauleta, CR7 yang tampil dalam empat laga ikut mengantarkan Timnas Portugal ke semifinal Piala Dunia 2006. Sayangnya, langkah A Selecao harus terhenti setelah kalah 0-1 dari Prancis.

    Dari enam laga yang dijalani bersama Timnas Portugal di Piala Dunia 2006, Ronaldo berhasil mendulang satu gol. Debut yang cukup oke untuk Cristiano Ronaldo yang masih berusia muda.

    3 dari 6 halaman

    Piala Dunia 2010

    Pada edisi ini, Ronaldo berstatus sebagai pemain termahal di dunia. Kepindahannya dari MU ke Real Madrid menghabiskan biaya 94 juta euro.

    Minus Pauleta, Deco, dan Figo, Portugal tak bisa berbuat banyak di Afrika Selatan. Mengandalkan Ronaldo semata di pentas terakbar tentunya tak maksimal.

    Portugal terjungkal pada 16 besar, setelah takluk 0-1 dari Spanyol. Sepanjang turnamen, Cristiano Ronaldo menorehkan satu gol dan satu assist dari empat pertandingan.

     

    4 dari 6 halaman

    Piala Dunia 2014

    Piala Dunia 2014 meninggalkan perih yang sangat pedih bagi Timnas Portugal. Dihuni amunisi nan mumpuni di semua lini, tim asuhan Paulo Bento itu tersingkir setelah terdampar di posisi ketiga Grup G.

    Pada laga pertama, mereka dibom-bandir Panser Eropa, Jerman, empat gol tanpa balas. Lalu, pada laga kedua melawan Amerikan Serikat, Portugal hanya mampu bermain imbang 2-2.

    Sementara itu pada laga pamungkas, Portugal menang tipis 2-1 atas Ghana. Namun, kemenangan tersebut tak ada artinya bagi Cristiano Ronaldo cs. Portugal tetap harus angkat kaki dari Brasil.

    Sama seperti edisi 2010, Ronaldo juga mencetak satu gol dan satu assist dari tiga pertandingan di Grup G.

     

    5 dari 6 halaman

    Piala Dunia 2018

    Dua tahun sebelum berlaga di Rusia, Timnas Portugal sukses menjadi yang terbaik di Piala Eropa 2016. Ronaldo masih jadi andalan, sekaligus kapten dan motor serangan.

    Berada di Grup B, A Selecao menemani Spanyol lolos ke-16 besar Piala Dunia 2018. Asa besar diletakkan di pundak Ronaldo. Fans ingin tim kesayangan bisa melangkah jauh, seperti yang pernah ditorehkan pada Piala Dunia 2006.

    Namun, nafas armada Fernando Santos tersebut hanya sampai pada 16 besar. Uruguay tim yang mereka temui pada fase gugur pertama, masih terlalu kuat untuk dirubuhkan. Portugal menyerah 1-2.

    Padahal, Cristiano Ronaldo tampil cukup bagus pada Piala Dunia 2018. Dia mampu menorehkan empat gol dari empat pertandingan yang dijalani.

    Sumber: Goal International

    6 dari 6 halaman

    Saksikan Keseruan Piala Dunia 2022 di EMTEK

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer