Sukses


Nasib SEA Games 2021 Diputuskan 2 Pekan Lagi, Bisa Jalan Terus atau Ditunda

Bola.com, Jakarta - Penyelenggaraan SEA Games 2021 Hanoi belum menemukan titik terang. Komite Olimpiade Vietnam (NOC Vietnam) dan Vietnam SEA Games Organizing Committee (VOC) belum memberikan jawaban atas kesediaan menjadi tuan rumah pada tahun ini.

Dalam rapat virtual SEA Games Federation (SEAGF) yang dipimpin Dato Seri Chaiyapak Siriwat, Kamis (24/6/2021), Vietnam tetap membuka dua opsi terkait penyelenggaraan multicabang dua tahunan terakbar ASEAN ini.

Pertama, SEA Games 2021 tetap diadakan sesuai rencana awal yakni 21 November-2 Desember 2021. Kedua, event ditunda hingga pertengahan 2022.

“Dalam rapat tadi belum ada keputusan definitif dari NOC Vietnam dan VOC sehingga pimpinan rapat (Dato Seri Chaiyapak) memberikan tenggat waktu dua pekan ke depan kepada tuan rumah untuk memutuskan apakah SEA Games ke-31 ini diselenggarakan tahun ini atau tahun depan,” kata Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry J Kono, Kamis (24/6/2021), melalui rilis yang diterima Bola.com. 

Dalam rapat SEAGF dua pekan lalu, tuan rumah Vietnam menyampaikan usulan penundaan SEA Games Hanoi ke 2022. Namun, tujuh dari 11 negara anggota SEAGF, yaitu Indonesia, Brunei, Kamboja, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand menolak. Myanmar setuju terhadap penundaan SEA Games 2021. Sedangkan Timor Leste mengikuti apa pun hasil keputusan dalam rapat SEAGF.

 

2 dari 3 halaman

Indonesia Berharap SEA Games Tidak Ditunda

Ferry menjelaskan NOC Indonesia tetap berharap penyelenggaraan SEA Games bisa sesuai dengan agenda awal. Alasannya, atlet-atlet Indonesia sudah melakukan pemusatan latihan nasional (pelatnas) saat ini.

“Kami harapakan SEA Games tetap dilaksanakan sesuai agenda awal. Namun, kami juga menghargai situasi dan kondisi tuan rumah. Untuk itu, kami menunggu dalam dua minggu ke depan untuk keputusan final di rapat exco dua pekan ke depan,” ujar Ferry.

Sejak SEA Games diselenggarakan mulai 1977, Vietnam baru sekali menjadi tuan rumah SEA Games. Tepatnya pada 2003.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer