Sukses


7 Macam Olahraga untuk Anak Usia Dini, Cocok bagi Tumbuh Kembang si Kecil

Bola.com, Jakarta - Olahraga memberikan manfaat baik untuk semua usia. Bukan hanya untuk manusia dewasa saja, olahraga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Seperti diketahui, peran olahraga dalam hidup sangat penting. Dengan olahraga, kita melatih tubuh untuk tetap sehat dan bugar.

Tak hanya memiliki manfaat secara fisik, olahraga dapat memberikan manfaat baik secara mental maupun sosial.

Dilansir lama Decathlon sebuah penelitian yang dilakukan di Michigan State University's Institute, anak yang gemar berolahraga terbukti lebih cerdas dibandingkan yang tidak atau jarang berolahraga.

Selain itu, anak yang sudah terbiasa berolahraga saat masih kecil, ia akan melakukan hal yang sama saat dewasa.

Olahraga yang dilakukan pun tidak perlu yang berat-berat. Cukup ajarkan olahraga yang sesuai dengan kemampuan anak-anak. Anak-anak setidaknya membutuhkan waktu 60 menit untuk melatih fisik mereka.

Itulah mengapa, penting bagi orang tua untuk mulai memperkenalkan pada anak sejak dini, macam-macam olahraga yang mampu menunjang perkembangannya.

Berikut ini olahraga yang memberikan manfaat dalam tumbuh kembang anak baik fisik, mental serta sosial, dikutip dari laman Decathlon dan Merdeka, Selasa (23/2/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam Olahraga untuk Anak Usia Dini

1. Sepak bola

Olahraga terpopuler di dunia ini tak hanya disukai orang dewasa, sepak bola juga dicintai anak-anak. Sepak bola sangat baik untuk anak secara fisik maupun mental.

Di antaranya adalah meningkatkan daya tahan kardiovaskular, memperkuat otot, fleksibilitas, koordinasi mata dan kaki, keseimbangan, kontrol berat badan.

Sedangkan dari sisi mental, anak dapat belajar disiplin, sportivitas, dan kerja sama. Daftarkan anak Anda ke Sekolah Sepak bola (SSB) agar minatnya makin besar untuk bermain bola dan mendapatkan pelatihan secara benar.

2. Gimnastik

Gimnastik adalah satu di antara olahraga yang direkomendasikan untuk anak-anak. Manfaat dari olahraga ini pun banyak, di antaranya melatih kekuatan dan kelenturan tubuh serta fisik dan stamina anak bisa berkembang dengan baik.

Tidak hanya itu, senam baik untuk melatih keseimbangan tubuh agar tetap kukuh dan tidak mudah terjatuh.

Di sisi lain, banyak yang berpikir jika gimnastik adalah olahraga untuk perempuan. Namun, itu adalah pendapat yang salah. Gimnastik dapat dilakukan oleh anak laki-laki juga.

3 dari 4 halaman

Macam Olahraga untuk Anak Usia Dini

3. Berenang

Olahraga lain yang sangat baik untuk diperkenalkan dan diajarkan sejak usia muda adalah renang. Dengan berenang akan bisa menambah keahlian anak tentang keamanan di air atau water safety.

Dari sisi kesehatan, dengan berenang, anak akan dilatih untuk mengatur stamina dan pernapasan serta melatih kerja otot tubuhnya. Olahraga ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit asma pada anak, sebab paru-paru akan dilatih dengan maksimal dan efisien saat melakukan olahraga ini.

4. Bersepeda

Bersepeda sangat menyenangkan. Setiap anak akan sangat menyukai olahraga bersepeda.

Dari sisi kesehatan, manfaat olahraga bersepeda bagi anak adalah melatih keseimbangan tubuh, melatih kekuatan kaki, serta melatih otot jantung agar tetap bugar.

4 dari 4 halaman

Macam Olahraga untuk Anak Usia Dini

5. Inline skate

Inline skate adalah satu di antara olahraga yang sangat menyenangkan. Olahraga ini cukup populer di kalangan anak-anak.

Bahkan bisa dimulai untuk anak usia empat tahun asalkan anak tersebut mempunyai keterampilan motorik sangat baik. Jika anak Anda ingin menekuni dapat diarahkan untuk ikut dalam klub sepatu roda.

Yang paling penting adalah jangan lupa untuk memastikan anak menggunakan semua alat pengaman saat belajar, mulai bantalan siku, helm, dan bantalan lutut.

Olahraga inline skate bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh, melatih koordinasi otot, melatih kebugaran jantung, melatih kekuatan otot, serta melatih fleksibilitas tubuh anak.

6. Lari

Jenis olahraga selanjutnya adalah lari. Bentuk olahraga paling sederhana yang ada serta sempurna untuk anak-anak. Olahraga ini bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Sebaiknya Anda mengajak anak melakukan aktivitas ini saat pagi hari.

Anda bisa mengajaknya ke taman atau di manapun yang dirasa cocok untuk anak bergerak dengan leluasa.

Anda bisa membuat variasi gerakan lari dengan menyuruh anak-anak beralih dari berlari ke melompat-lompat atau mencoba berlari di tempat dengan langkah kaki yang sangat dekat dengan tanah.

Olahraga lni dapat berguna bagi otot, otak, serta meningkatkan koordinasi anak Anda.

7. Melompat

Jenis olahraga yang lain ialah melompat. Dengan melakukan gerakan melompat, anak bisa menguatkan otot dan persendiannya.

Anda bisa mengajarkan anak Anda beberapa gerakan lompatan berikut ini:

  • Jumping Jacks: rentangkan lengan dan kaki ke samping seperti bintang laut ketika melompat, dan kembalikan lengan ke samping tubuh dan kaki rapat saat mendarat
  • Tuck Jumps: tekuk lutut dan angkat tumit tinggi sambil melompat
  • Hurdle Hops: melompat dari sisi ke sisi atau depan ke belakang
  • One-Foot Hops: angkat satu lutut dan lompat dengan berdiri
  • Criss-Cross Feet: melompat lurus ke atas, lalu silangkan satu kaki di depan yang lain; pada lompatan berikutnya, ganti kaki dan lanjutkan.

 

 

Sumber: Decathlon, Merdeka.com (Penulis: Andre Kurniawan. Published: 14/6/2020).

Video Populer

Foto Populer