Sukses


Bursa Transfer MotoGP 2017: Nasib Lorenzo Pengaruhi 6 Rider Lain

Bola.com, Jakarta - Balapan MotoGP musim 2016 diprediksi berlangsung panas dan kompetitif. Penerapan sejumlah aturan baru terkait mesin, ban, hingga sistem elektronika diperkirakan membuat peta persaingan jadi lebih menarik.

Ada satu faktor lagi yang membuat tensi musim depan naik. Seluruh 7 pebalap yang jadi properti terpanas saat ini, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, dan Maverick Vinales, kontraknya habis di akhir musim 2016. Kondisi itu diyakini akan membuat tim-tim bergerilya dan bermanuver untuk mendapatkan komposisi pebalap terbaik. Tentunya melibatkan tiga tim teratas, Yamaha, Honda, dan Ducati.

Agen Andrea Iannone, Carlo Pernat, dan agen Andrea Dovizioso, Simone Battistella, mengakui bursa transfer pebalap MotoGP 2017 bakal bergulir lebih awal.

“Transfer pebalap 2017 sudah bergulir pada awal Januari (2016),” kata Battistella yang juga menjadi agen Alvaro Bautista tersebut, seperti dilansir La Gazetta dello Sports, Rabu (9/12/2015).

Pendapat itu diamini agen Iannone, Carlo Pernat. “Saya telah bergerak untuk menghadapi persaingan di musim depan. Bukan hanya karena fakta Andrew (panggilan Iannone) mungkin tak akan bertahan di Ducati,” ujar dia.

Sorotan bakal terarah kepada juara dunia MotoGP 2015, Lorenzo. Masa depan Lorenzo bersama Yamaha sudah jadi bahan spekulasi menyusul retaknya hubungan pebalap Spanyol itu dengan rekan setimnya, Valentino Rossi.

Sempat muncul spekulasi Lorenzo bakal didepak sebelum musim 2016 bergulir. Namun, kabar itu terpatahkan karena Yamaha akhirnya tetap menduetkan Rossi dan Lorenzo untuk musim depan. Kontrak kedua pebalap bersama Yamaha memang baru berakhir pada akhir musim 2016.

Namun, kelanjutan kontrak kedua pebalap dengan Yamaha masih abu-abu. Pabrikan asal Jepang itu kabarnya bakal memilih salah satu dari mereka demi menjaga harmonisasi tim. Rossi sampai saat ini masih jadi anak emas Yamaha, namun usianya sudah menginjak 37 tahun pada musim depan. Sebagai calon pengganti salah satu pebalap yang kemungkinan bakal hengkang, Yamaha telah melirik pebalap muda Suzuki, Vinales.

Sementara itu, Ducati terang-terangan mengaku mengincar Lorenzo, kemungkinan diduetkan dengan Iannone. Namun, sempat muncul spekulasi Ducati juga mengincar jasa Valentino Rossi, kemungkinan untuk menggantikan Dovizioso.

Lorenzo juga dikabarkan diminati Honda, untuk diduetkan dengan Marc Marquez. Jika hal itu terjadi, Dani Pedrosa harus segera mencari tim baru. Sampai saat ini belum ada kabar tim mana yang terang-terangan ingin menggaet Pedrosa.

Spekulasi lain yang beredar adalah Suzuki bakal menjadi pelabuhan baru Rossi pada musim 2017. Namun, kabar ini pun belum dikonfirmasi oleh Rossi maupun kubu Suzuki. Semuanya masih sekadar spekulasi liar di publik.

Jadi, siapa saja yang bakal berganti tim? Salah satu kuncinya ada di sosok Lorenzo. Jika Lorenzo benar-benar hengkang dari Yamaha bakal muncul efek domino yang cukup besar, terutama melibatkan enam pebalap papan atas lainnya.

 

Video Populer

Foto Populer