Sukses


Mengulik Kekuatan Barito Putera Jelang Lanjutan Liga 1 2020: Menanti Kebangkitan Laskar Antasari di Panggung

Bola.com, Yogyakarta - Wakil Kalimantan Selatan, Barito Putera, menunjukkan keseriusannya mengarungi lanjutan Shopee Liga 1 2020. Waktu tersisa menjelang lanjutan kompetisi pada 1 Oktober mendatang, telah dipersiapkan tim Laskar Antasari.

Anak asuh Djajang Nurdjaman langsung berkumpul di Yogyakarta untuk memusatkan latihan sekaligus menjajal homebase mereka untuk lanjutan Liga 1 2020. Meski kompetisi Liga 1 berjalan secara darurat di tengah pandemi COVID-19, Barito Putera tetap berusaha maksimal.

Belasan pemain telah berkumpul dan mulai menjalani latihan, setelah sempat melakukan tes kesehatan, Selasa (1/9/2020). Mayoritas pemain utama di tim telah bergabung. Sebanyak 19 pemain Barito Putera sudah bergabung di Kota Gudeg pada gelombang pertama.

Deretan nama-nama seperti Rizky Pora, Bayu Pradana, Aditya Harlan, Ilhamudin Armayn, Muhammad Riyandi, hingga Ambrizal Umanailo telah bergabung. Sementara beberapa pemain asing seperti Aleksandar Rakic, Danilo Sekulic, dan Cassio belum bergabung ke tim.

Sambil menantikan pertandingan resmi yang kurang dari satu bulan lagi, Barito Putera intens menggelar latihan di lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Bola.com sedikit mengulas tentang peluang kiprah Barito Putera di lanjutan Liga 1 nanti.

2 dari 4 halaman

Momentum Bangkit

Barito Putera tengah bersiap menyambut lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2020. Meski termasuk tim yang terakhir menentukan sikap mengikuti lanjutan kompetisi, Barito Putera menunjukkan keseriusannya.

Barito Putera dipastikan ambil bagian dalam lanjutan Liga 1 musim ini. Semula Barito Putera menolak bermain dalam lanjutan Liga 1 musim ini. Penyebaran virus corona yang masih belum berhenti menjadi alasan klub asal Banjarmasin tersebut enggan untuk tampil.

Melalui CEO klub Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, tim kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan akhirnya memutuskan tampil. Barito Putera tak ingin membuat kecewa masyarakat Kalsel, dan akan sangat disayangkan jika sanksi turun kepada klub karena absen kompetisi.

Tujuan Barito Putera untuk ikut memajukan persepakbolaan Indonesia makin membuat tekad yang besar untuk tampil di lanjutan Liga 1. Dengan catatan bahwa kompetisi yang berjalan nanti wajib mengutamakan protokol kesehatan secera ketat.

Selain itu, lanjutan Liga 1 2020 ini dapat menjadikan momentum bagi tim untuk bangkit dan menunjukkan diri. Pasalnya, Barito Putera mendapat hasil kurang memuaskan pada tiga pertandingan awal Liga 1 2020 sebelum terhenti akibat wabah virus Corona.

Dari tiga pertandingan yang sudah dijalani, Aleksandar Rakic dkk. hanya mampu mengemas satu poin. Setelah kalah telak 0-4 dari Madura United, Barito Putera kalah di kandang sendiri 1-2 dari Bali United, dan bermain imbang 1-1 kontra tuan rumah PSM Makassar.

Barito Putera untuk sementara tercecer di zona degradasi, yakni pada peringkat ke-17 dengan raihan satu poin. Praktis mereka ingin bangkit dan tidak ingin terus terjerembab di papan bawah klasemen.

3 dari 4 halaman

Ulasan Antarlini

Sebagian besar skuat besutan Djajang Nurjaman dapat dipertahankan untuk mengarungi lanjutan kompetisi. Meski beberapa pilar penting termasuk sejumlah legiun asingnya belum bergabung.

Striker asal Brasil, Cassio, kemudian berpaspor Serbia Danilo Sekulic, dan striker andalan mereka juga asal Serbia, Aleksandar Rakic, belum hadir. Ketiganya belum diketahui bakal bisa kembali memperkuat Barito Putera atau tidak dalam kompetisi nanti.

Lalu satu di antara pemain muda penuh potensial di Barito Putera, yaitu Bagas Kaffa juga tengah menempuh program pemusatan latihan di Timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Namun, mayoritas pemain pilar mereka sudah siap bertempur.

Mulai dari penjaga gawang Muhammad Riyandi atau Aditya Harlan yang dapat saling mengisi di bawah mistar gawang. Lalu kukuhnya pertahanan yang berisi nama-nama seperti Dandi Maulana, Reva Adi Utama dan dikomandoi bek naturalisasi OK John.

Bergeser ke sektor gelandang, Rizky Pora yang merupakan kapten tim, sulit tergantikan di sisi sayap kiri. Eks penggawa Timnas Indonesia ini akan dibantu oleh barisan gelandang beken lainnya, seperti Bayu Pradana, Ambrizal Umanailo, Delvin Rumbino, hingga pemain muda Abel Tacchinardi.

Sementara untuk barisan penyerang, terdapat sejumlah pemain muda seperti Ferdiansyah, Firly Ariyanto, atau Kahar Muzakar, bisa berkolaborasi dengan striker yang lebih matang seperti Ilhamudin Armayn.

Kekuatan Barito Putera akan semakin bertambah jika para legiun asing mereka bisa kembali bergabung. Patut ditunggu kiprah Barito Putera dalam mengarungi lanjutan Shopee Liga 1 2020.

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer