Sukses


Kursus Linsensi Kepelatihan Rampung, Bek Persebaya: Enggak Gampang Jadi Pelatih

Bola.com, Surabaya - Bek Persebaya Surabaya, M. Syaifuddin, berhasil menyelesaikan kursus lisensi kepelatihan C PSSI yang berlangsung di Kota Malang, Jawa Timur. Bersama dua rekan setimnya di Persebaya, Hansamu Yama Pranata dan Oktafianus Fenrnando, Syaifuddin melewati tahapan yang dibutuhkan untuk mendapatkan bekal masa depannya.

Selama dua pekan mengikuti kursus kepelatihan, Syaifuddin mendapatkan begitu banyak pengalaman. Bahkan bek Persebaya Surabaya itu terkejut karena menjadi pelatih tidak semudah yang dibayangkannya.

"Ternyata menjadi seorang pelatih itu sulit dan harus banyak belajar," ujar Syaifuddin kepada Bola.net.

Namun, M. Syaifuddin tidak akan menyerah untuk menjadi pelatih profesional pada akhirnya nanti. Itu pula yang menjadi alasannya untuk mengikuti kursus kepelatihan lebih dini.

"Tetap kalau bisa melanjutkan karier sebagai pelatih hebat, makanya mengambil krusus kepelatihan sejak masih muda. Agar ketika nanti sudah pensiun bisa langsung melatih," tegas bek Persebaya Surabaya itu.

Video

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Ingin Meningkatkan Ilmu Kepelatihan

Atas dasar keinginan tersebut, jika ada kesempatan lagi Syaifuddin tidak akan ragu untuk meningkatkan ilmu kepelatihannya. Namun, untuk sementara ini ia ingin fokus dulu sebagai pemain profesional, terutama bersama Persebaya Surabaya.

"Namun, melihat situasi dan kondisi juga," ujar jebolan program SAD Indonesia di Uruguay itu.

Sementara itu, di sisi lain sebagai pemain Syaifuddin ingin mendapatkan manfaat dari keikutsertaannya dalam kursus kepelatihan. Sehingga akhirnya nanti bisa mengerti apa yang menjadi keinginan seorang pelatih dari para pemainnya.

Sumber: Bola.net (Mustopa El Abdy/Ari Prayoga, published 3/2/2021)

Video Populer

Foto Populer