Sukses


Marc Klok Ikutan Cari Cuan dari YouTube, Rajin Buat Konten Podcast ketimbang Nganggur

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, menganggap membuat konten podcast di YouTube sebagai bisnis yang menjanjikan. Faktor itulah yang membuatnya rajin mengisi waktu luang dengan membuat konten YouTube.

Kosongnya masa kompetisi di Indonesia membuat banyak pesepak bola memiliki kegiatan baru di luar lapangan. Contohnya adalah Marc Klok yang mulai merambah dunia podcast dan mengunggahnya di akun YouTube pribadinya.

Marc Klok sering melakukan sesi tanya jawab bersama pesepak bola. Tak hanya dari Indonesia, Marc Klok juga punya berhasil melakukan wawancara dengan pemain sepak bola Eropa.

Berbekal pengalaman dan koneksi itulah yang membuat konten YouTube Marc Klok menarik. Hal inilah yang membuatnya semakin serius membuat konten menarik karena bisa mendapatkan penghasilan tambahan di luar sepak bola.

"Selama setahun terakhir ini, saya tertarik untuk menjadi jembatan antara Indonesia dan Eropa. Saya bisa berbicara kedua bahasa, punya pengalaman, dan saya selalu mencari peluang dan berpikir bisnis di luar lapangan," kata Klok seperti dikutip situs resmi AFC, Jumat (19/2/2021).

"Saya melihatnya sebagai peluang besar, tidak hanay YouTube dan podcast yang bisa menjadi sumber tambahan penghasilan. Akan tetapi, menurut saya kegiatan seperti ini adalah sesuatu yang sangat unik," tegas Klok.

Marc Klok sejauh ini telah mengunggah 43 video di akun YouTube-nya. Sampai saat ini, pemain berusia 27 tahun itu memiliki 24 ribuan subscribers.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Mimpi Berseragam Timnas Indonesia

Marc Klok sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia sejak November 2020. Pada awal Januari 2021, Klok kemudian sudah mendapatkan paspor Indonesia.

Marc Klok berharap pelatih Shin Tae-yong bisa memberinya kesempatan untuk membela Timnas Indonesia. Jadwal terdekat yang akan dilakoni Timnas Garuda adalah Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung pada Juni mendatang.

"Saya mendapatkan kewarganegaraan pada 12 Januari, jadi saya sudah bisa bermain untuk Timnas Indonesia sejak saat itu. Jika sepak bola kembali dan ada panggilan laga internasional, saya berharap Anda akan melihat saya secepat mungkin di lapangan bersama Timnas Indonesia," kata Marc Klok.

"Tujuan dan impian saya selalu untuk menjadi pemain Timnas. Tentu saja, ketika saya masih kecil ingin bermain di Timnas Belanda. Namun, jalan hidup saya berjalan berbeda dan saya mengambil jalan itu. Saya ingin bermain untuk Timnas Indonesia," tegas Marc Klok.

Video Populer

Foto Populer