Sukses


5 Klub BRI Liga 1 dengan Followers Instagram Terbanyak, Persib Merajai Disusul Persija

Bola.com, Jakarta - Dunia digital semakin berkembang dengan munculnya beragam platform media sosial, satu di antaranya adalah Instagram. Aplikasi, yang awalnya digunakan untuk membagi foto ini, kini memiliki banyak fitur yang beragam hingga mengunggah video panjang.

Para klub kontestan BRI Liga 1 2021/2022 pun memanfaatkan Instagram sebagai sarana publikasi. Mereka juga bisa berinteraksi dengan para followers yang mayoritas tentu saja adalah suporter klub itu sendiri.

Banyak aktivitas yang diunggah oleh akun resmi klub dalam membagikan agendanya. Mulai dari momen latihan, kegiatan luar lapangan, dan tentu saja pertandingan di ajang BRI Liga 1. Saat kompetisi berlangsung seperti sekarang, makin banyak unggahan yang dilakukan.

Seperti akun @pssi milik federasi sepak bola Indonesia, PSSI. Akun itu telah diikuti oleh sekitar 2,2 juta pengguna. Mereka biasa membagikan kabar perkembangan sepak bola nasional hingga update Timnas Indonesia.

Kemudian akun @liga1match yang merupakan akun resmi BRI Liga 1 sudah diikuti oleh 3,4 juta akun. Setiap hari, akun ini akan mengabarkan pertandingan, deretan pemain terbaik, jadwal, hingga cuplikan gol-gol.

Lalu, bagaimana dengan akun resmi klub-klub kontestan Liga 1? Hanya lima saja dari 18 klub yang diikuti oleh lebih dari sejuta pengguna. Bahkan, klub dengan followers terbanyak mampu melampaui akun @pssi dan @liga1match. Yuk, simak daftarnya berikut ini.  

 

2 dari 7 halaman

5. Bali United

Klub berjulukan Serdadu Tridatu ini ada di urutan kelima dengan akun @baliunitedfc diikuti oleh 1,1 juta pengguna. Padahal, Bali United terhitung klub muda yang baru berdiri pada 2015. Tapi, keberadaan mereka sudah mampu menyedot perhatian pecinta sepak bola nasional.

Hal ini tidak lepas dari materi pemain top yang didatangkan oleh klub asal Pulau Dewata itu. Sebut saja Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly, hingga Willian Pacheco. Jangan lupakan pelatih sarat prestasi pada sosok Stefano Cugurra Teco.

Bali United juga merupakan juara bertahan Liga 1 setelah menjadi yang terbaik di edisi 2019. Fakta ini disinyalir membuat mereka mampu merebut atensi para penggemar sepak bola.

 

3 dari 7 halaman

4. Arema FC

Klub satu ini termasuk yang memiliki sejarah panjang karena sudah berdiri sejak 11 Agustus 1987. Arema adalah contoh klub jebolan Galatama yang mampu eksis di kompetisi kasta tertinggi Indonesia hingga sekarang.

Basis suporter yang berada di kawasan Malang Raya menjadi alasan di balik akun @aremafcofficial sebanyak 1,4 juta pengikut. Itu masih belum termasuk Aremania yang ada di wilayah Jawa Timur atau masyarakat Malang yang merantau ke luar Jawa.

Klub berjulukan Singo Edan ini memang sarat prestasi dengan sejarah panjangnya. Fanatisme Aremania dalam mendukung Arema tentu turut mendukung jumlah followers yang telah menembus angka sejuta itu.

 

4 dari 7 halaman

3. Persebaya Surabaya

Klub satu ini merupakan rival abadi Arema FC. Tapi, Persebaya Surabaya sudah berdiri sejak 18 Juni 1927. Basis suporter Bonek di Jawa Timur, terutama masyarakat Surabaya dan sekitar, membuat akun @officialpersebaya diikuti oleh 1,8 juta akun.

Persebaya juga merupakan klub yang bergelimang prestasi. Sebut saja empat trofi Perserikatan, dua trofi Divisi Utama. Paling anyar adalah keberhasilan mereka menjuarai turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020.

Banyak pemain bintang yang didatangkan oleh menghuni skuat utama. Jangan lupakan tradisi kompetisi internal yang juga turut membuat akun instagramnya menembus jumlah pengikut sebanyak itu.

 

5 dari 7 halaman

2. Persija Jakarta

Berstatus klub ibukota, Persija mampu menyedot perhatian lebih banyak pengguna akun instagram. Tak kurang dari tiga juta pengguna mengikuti akun @persija. Berbeda dari tiga klub di atas, Persija menggunakan nama yang lebih eksklusif di instagram tanpa embel-embel lainnya.

Klub berjulukan Macan Kemayoran itu merupakan kampiun Liga 1 2018. Di musim yang sama, mereka meraih trofi pramusim Piala Presiden 2018. Prestasi terbaru ini disinyalir mampu menarik atensi publik.

Dengan basis massa di Jakarta, tentu banyak suporter yang dimiliki Persija. Itu belum termasuk daerah-daerah tertentu lainnya di berbagai provinsi yang juga memiliki kelompok The Jakmania. Sejarah panjang dengan berdiri sejak 1928 juga cukup berpengaruh.

 

6 dari 7 halaman

1. Persib Bandung

Sama seperti Persija, yang merupakan rival abadi, Persib Bandung menggunakan nama yang eksklusif tanpa embel-embel. Akun @persib telah diikuti oleh lebih dari 3,4 juta pengguna, jadi yang terbanyak di Liga 1. Mereka mampu melebih akun @pssi dan @liga1match.

Jumlah followers fantastis itu bisa muncul lantaran Persib tidak hanya menjadi kebangggaan masyarakat Bandung, tapi juga warga Jawa Barat. Identitas klub yang berdiri sejak 1933 telah melekat pada masyarakat Sunda.

Persib sendiri menorehkan prestasinya dengan menjuarai Indonesia Super League 2014. Setahun kemudian, giliran Piala Presiden 2015 yang dibawa pulang ke Bandung. Hal ini membuat angka suporter juga meningkat.

Menariknya, klub berjulukan Maung Bandung itu kini berstatus sebagai satu-satunya tim yang belum terkalahkan di BRI Liga 1. Di bawah arahan pelatih Robert Alberts, mereka menduduki posisi runner-up dengan 22 poin dari 10 laga.

Ket: Data diambil pada Rabu (05/10/2021) pukul 22:15 WIB.

7 dari 7 halaman

Yuk Lihat Tabel Persaingan

Video Populer

Foto Populer