Sukses


Stadion Rajamangala Dipakai Konser Justin Bieber dan Maroon 5, Timnas Thailand Pusing Cari Kandang untuk Piala AFF 2022

Bola.com, Bangkok - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) sedang pusing mencari stadion untuk menjadi kandang Timnas Thailand pada Piala AFF 2022.

Penyebabnya karena Stadion Rajamangala yang selama ini jadi markas Thailad akan digunakan untuk konser musik.

Stadion Rajamangala, Bangkok, akan menggelar dua konser akbar yakni Justin Bieber pada 6 November dan Maroon 5 pada 10 Desember 2022. Adapun Piala AFF 2022 akan bergulir pada 20 Desember mendatang.

Sekretaris Jenderal FAT, Patit Suphahong, menyebut tak memungkinkan bagi pihaknya menggunakan Stadion Rajamangala. Kondisi rumput stadion berkapasitas 71.552 orang itu diyakini tak akan 100 persen baik.

"Peluang Timnas Thailand bermain di Stadion Nasional Rajamangala pada pertandingan pertama akan sangat sulit direalisasikan. Stadion sudah sudah melalui event yang lebih besar sehingga butuh waktu untuk pulih," kata Patit Suphahong seperti dikutip Siam Sport.

2 dari 5 halaman

Butuh Waktu

Patit Suphahong menyebut, Stadion Rajamangala butuh waktu untuk siap menggelar pertandingan sepak bola setelah menjadi venue konser musim.

Itulah yang membuat Timnas Thailand akan menjadi venue alternatif pada laga kandang perdana melawan Filipina (26/12/2022).

"Konser berakhir pada 10 Desember 2022, akan tetapi pertandingan pertama akan dimainkan pada 25 Desember 2022. Kesempatan untuk mengembalikan lapangan menjadi 100 persen adalah sulit," ucap Patit Suphahong.

"Oleh karena itu, perlu menemukan lapangan cadangan yang menurut peraturan AFF setiap negara harus memiliki minimaldua stadion. Thailand akan mencari lapangan lain sebagai gantinya," tegas pria yang akrab disapa Big Joe.

3 dari 5 halaman

Thammasat Stadium Jadi Opsi

FAT disebut tengah mempersiapkan Thammasat Stadium sebagai kandidat markas Timnas Thailand. Stadion yang berlokasi di Pathum Thani itu hanya memiliki kapasitas 25 ribu.

Namun, kendala menggunakan Thammasat Stadium adalah lokasinya yang jauh dari Bangkok yakni 39,5 km atau sejam perjalanan darat. FAT akan mencari solusi yang tepat sehingga tidak merugikan Timnas Thailand.

"Dari hasil pembicaraan, pelatih Mano Polking tidakmau menggunakan venue yang harus menempuh jarak jauh. Sebab, setelah pertandingan akan lebih sedikit waktu untuk istirahat," tegas Big Joe.

4 dari 5 halaman

Kumpulkan Pemain Terbaik

Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022. Pasukan Shin Tae-yong akan bersaing dengan Thailand, Filipina, Kamboja, Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Timnas Indonesia wajib mewaspadai Thailand pada Piala AFF 2022. Pelatih Alexandre Polking mengaku ingin memanggil pemain yang berkarier di J-League untuk memperkuat Tim Gajah Perang.

Sejauh ini ada tiga pemain yang membela klub Jepang yakni Chanathip Songkrasin (Kawasaki Frontale), Supachok Sarachat (Hokkaido Consadole Sapporo), dan Chaowat Wira (Cerezo Osaka).

"Kami sedang berdiskusi dengan pihak asosiasi dan manajer tim untuk melihat ketersediaan pemain lokal maupun internasional. Ini bukan hal yang baru," kata Alexandre Polking.

5 dari 5 halaman

Hasil Undian Piala AFF 2022

Video Populer

Foto Populer