Sukses


Kisah Pilu Jurnalis yang Membantu Aremania di Lorong VIP Stadion Kanjuruhan: Anak Lelaki Itu, Dua Orang yang Aku Tolong Tiada..

Bola.com, Malang - Tragedi Kanjuruhan menimbulkan luka yang sangat dalam untuk semua pecinta sepak bola Tanah Air. Trauma psikologis bakal membayangi siapapun yang melihat kejadian mengenaskan tersebut secara langsung.

Jurnalis kliktimes.com, Yona Arianto mengaku sangat sulit lepas dari bayang-bayang kejadian mengerikan tersebut. Meski berusaha melupakan, mimpi buruk itu selalu hadir saat dirinya tengah sendirian.

"Kalau pulang ke rumah pasti kepikiran. Masih emosional rasanya mengingat momen malam itu," ungkapnya kepada Bola.com.

Pria asal Malang itu merupakan satu di antara jurnalis yang meliput pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kab. Malang (1/10/2022). Ia sama sekali tak mengira kerusuhan yang pecah bakal sebesar ini.

2 dari 8 halaman

Ikuti Kata Hati

Ia masih berada di atas tribune media saat kerusuhan pecah. Tetapi ia langsung mencari jalan turun ke ruang media saat asap gas air mata mengarah ke tribune tempatnya bertugas meliput pertandingan.

Sambil menunggu keterangan pers, ia mengaku khawatir dengan kondisi yang terjadi. Terlebih dia melihat langsung tembakan gas air mata diarahkan ke tribune penonton.

Benar saja, tak berselang lama Aremania, suporter Arema FC, berteriak meminta tolong ke ruang media. Mereka membopong rekan-rekannya yang sudah lemas karena menghirup gas air mata.

"Tolong... tolong...! Begitu mendengar kata itu enggak perlu pikir panjang lagi. Saya enggak tega melihatnya. Tapi saya fokus membantu yang digotong ke lorong itu saja. Enggak sampai keluar," jelasnya.

3 dari 8 halaman

Selamatkan Anak Kecil

Yona mengingat ada seorang bapak yang meminta tolong sambil memegangi anaknya yang terus merintih kesakitan ke ruang evakuasi. Ia sudah tak sanggup lagi untuk membopong dirinya sendiri.

"Langsung saya gendong anak itu, seperti ingat anakku sendiri di rumah. Saya bawa ke ruang medis dan saya suruh terus nangis. Itu cara saya biar dia terus bergerak, karena kan pasti matanya sakit, napasnya juga susah," ujarnya.

"Enggak tahu apa anak ini sembuh atau gimana, trauma atau gimana. Tapi aku sudah memberi yang aku bisa."

4 dari 8 halaman

Beri CPR dan Napas Buatan

Tak hanya membantu korban mendapatkan penanganan dari tim medis, ia pun juga berinisiatif melakukan apapun yang ia bisa seperti memberikan CPR (Resuitasi Jantung Paru) dan napas buatan kepada korban.

"Sebetulnya tidak tahu sudah meninggal atau gimana, tapi dalam kondisi lemas. Saya karena bukan orang medis jadi masih yakin anak ini masih ada nyawa. Terus insiatif sama temen-temen lain ditekan di ulu hatinnya, tetapi enggak ada respons," katanya.

"Akhirnya enggak bisa, aku coba bantu ke satunya lagi sama ada tim medis perempuan. Dia minta tolong untuk menekan disini (ulu hatinya), kalau diangkat tidak ada reaksi diminta beri napas buatan. Itu juga sudah aku coba."

5 dari 8 halaman

Anak Itu Sudah Pucat

"Ini emosional sebagai sesama manusia, dia bukan hewan atau gimana. Ini manusia. Padahal saya juga enggak tahu anak siapa, rumahnya di mana, pokoknya bisa ada sedikit nyawalah. Seperti temanku sendiri."

"Sebelum ada tim medis juga coba bantu lihat denyut nadinya. Tetapi anak itu sudah pucat. Apa yang bisa aku bantu keluarkan tenaga di tengah kondisi terengah-engah ternyata hasilnya seperti itu. Rasanya sedih, percuma gitu apa yang tak keluarkan gitu, percuma."

6 dari 8 halaman

Dua Orang di Depanku Tiada

Walaupun tak memberikan respons, Yona coba terus melakukan apapun untuk menyadarkan korban kedua yang ditanganinya. Sayangnya, takdir sudah berkehendak lain.

"Sampai tak kaploki (sampai aku tampar), ayo mas sadar-sadar, setidaknya dia bisa dengar teriakanku. Tetapi apa daya yang sudah dilakukan sambil jongkok itu, tim medis bilang ini sudah gak ada nyawanya. Hitungan detik langsung lemas," sesalnya.

"Aku sampai ditanyain sama anak media lain. Tetapi nyawa anak yang tak bantu itu enggak ada, rasanya bingung. Tetapi oksigen juga enggak ada."

"Mau nulis gemetaran enggak bisa mikir mau nulis apa. Ini nyawa, dua orang di depanku mati. Belum lagi yang ada di ruang media akhirnya meninggal juga," katanya.

 

7 dari 8 halaman

Bawa Sepatu Korban

Buntut dari gas air mata yang dilepaskan terasa hingga ke ruang media. Yona pun keluar dengan rekan-rekannya dari lorong VIP. Tetapi ia juga 'mengajak' sepatu korban untuk pergi meninggalkan Kanjuruhan.

"Akhirnya saya keluar, tetapi aku bawa sepatunya anak lelaki yang meninggal itu. Satu saja sepatu, bukan sepasang. Sama anak-anak ditanyain 'ngapain bawa sepatu anak itu, kalau kamu dicariin gimana?'" ingatnya.

"Enggak apa-apa, nanti tak ajak ngomong anaknya. Setidaknya sudah ada yang aku ingat. Jadi aku keluar stadion sambil bawa sepatunya entah yang kanan atau yang kiri," jelasnya.

8 dari 8 halaman

Kenangan Buruk

Yona pulang meninggalkan stadion dengan perasaan tak karuan. Ia mengaku syok dengan kejadian yang terjadi malam itu. Ia pun tak menyangka bakal banyak korban jiwa dalam tragedi ini.

Dalam perjalanan pulang, ia mendapatkan info bila di Rumah Sakit Wava Husada saja sudah ada 25 orang yang meninggal. Padahal itu belum termasuk jenazah yang masih berada di stadion.

"Kami akhirnya memutuskan untuk tetap pulang agar kondisi tidak semakin drop. Tetapi begitu bangun melihat pengumuman sudah ada 125 orang yang dinyatakan meninggal. Rasanya syok, kok jadi parah seperti ini," tandasnya.

Video Populer

Foto Populer