Sukses


Bos Manor Berminat Kembali Gaet Rio Haryanto untuk F1 2017

Bola.com, Mexico City - Rio Haryanto mendapat angin segar untuk kembali berkiprah di ajang F1 pada musim 2017. Racing Direktur Manor Racing, Dave Ryan, menilai Rio layak mendapat kesempatan kembali memperkuat tim yang berbasis di Inggris tersebut. 

Pebalap asal Solo Jawa Tengah itu sampai sekarang belum memperoleh tim untuk bisa kembali meniti karier di ajang F1. Pilihan semakin menyempit karena sejumlah tim telah mengumumkan nama pebalap utama. Salah satu tim yang hingga kini belum mengumumkan susunan pebalap untuk F1 2017 adalah Manor Racing. 

Saat ditanya apakah Manor berminat kembali merekrut Rio, Ryan memberikan jawaban lugas. "Rio Haryanto adalah pebalap berbakat. Dia beberapa kali mengalahkan Pascal (Wehrlein) di babak kualifikasi. Saat balapan, Rio hanya butuh lebih banyak waktu," ujar Ryan dalam sesi wawancara dengan jurnalis Motorsport, Erwin Jaeggi, Jumat (4/11/2016).

"Dia pembalap kencang, serta memiliki perasaan yang baik terhadap ban. Seperti yang saya katakan, ia sangat kencang di kualifikasi. Jadi, ia pantas mendapatkan sebuah kesempatan (kembali ke Manor)," imbuh Dave Ryan. 

Petualangan Rio bersama Manor pada F1 2016 hanya berlangsung selama 12 seri, tepatnya hingga GP Jerman. Putra pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati itu akhirnya terdepak karena tak mampu menyetorkan dana sesuai kesepakatan awal kepada Manor.

Dari kewajiban menyetor senilai 15 juta euro ke Manor, Rio baru mampu membayar 8 juta euro. Kekurangan senilai 7 juta euro gagal dipenuhi Rio hingga jeda musim. Alhasil, Manor akhirnya mencoret Rio dan menggaet Esteban Ocon sebagai pengganti. 

 

Namun, Manor tak benar-benar mendepak Rio. Mereka menawarkan posisi sebagai pebalap cadangan kepada Rio Haryanto. Tawaran tersebut disambut hangat oleh sang pebalap. Rio Haryanto pun beralih status menjadi pebalap cadangan Manor hingga F1 2016 berakhir di GP Abu Dhabi.  

 

Video Populer

Foto Populer