Sukses


Rasakan 6 Manfaat Nanas bagi Kesehatan, Tak Hanya Menyegarkan

Bola.com, Jakarta - Nanas merupakan satu di antara buah yang sering dijadikan sebagai minuman pelepas dahaga ketika cuaca sedang panas. Rasanya yang manis dan sedikit asam, membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Tidak hanya rasanya yang menyegarkan, buah nanas juga memiliki berbagai kandungan yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Di balik kulit buahnya yang sedikit tajam dan bersisik, terdapat buah yang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin, beberapa di antaranya seperti vitamin A, vitamin C, dan antioksidan.

Vitamin C sangat berguna untuk menguatkan sistem metabolisme sehingga tubuh akan memiliki lebih sedikit risiko terkena berbagai macam penyakit.

Nanas juga mengandung sedikit kalori sehingga baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan dengan melakukan diet.

Masih banyak lagi Manfaat Nanas yang bisa Anda dapatkan sehingga bagus untuk mengonsumsi nanas secara rutin, dengan mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya sebagai makanan dan minuman.

Apa saja manfaat dari mengonsumsi nanas? Berikut enam manfaat nanas bagi kesehatan tubuh, seperti dirangkum dari DokterSehat, Rabu (2/9/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menghalau radikal bebas

Nanas merupakan buah manis yang kaya kandungan vitamin C. Seperti diketahui, vitamin C ampuh untuk menghalau paparan radikal bebas yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh.

Sifat antioksidan dalam nanas juga dapat membAntu tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Paparan radikal bebas yang terjadi terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan sel di dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat menimbulkan penyakit kanker.

2. Menjaga kesehatan jantung

Ada dua kandungan dalam buah nanas yang dipercaya ampuh untuk menjaga kesehatan jantung manusia, yaitu potasium dan vitamin C.

Potasium bermanfaat untuk menyeimbangkan kandungan air yang ada dalam tubuh. Kandungan air di dalam tubuh dapat sewaktu-waktu menumpuk karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung sodium.

Jika dibiarkan, hal tersebut dapat menyebabkan hipertensi yang berakibat pada munculnya masalah pada jantung manusia.

Kandungan vitamin C pada nanas berfungsi untuk mencegah terjadinya gangguan pada pembulu darah, seperti penebalan atau penyumbatan akibat kolesterol.

3 dari 4 halaman

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh

3. Membantu menurunkan kadar lemak

Nanas mengandung sedikit kalori, sebagian kandungan gula di dalam buah nanas juga merupakan gula alami yang tidak membahayakan tubuh manusia.

Jika Anda membutuhkan camilan, Anda dapat mengonsumsi nanas, karena buah ini dapat mengenyangkan perut dengan cepat. Selain itu nanas juga dapat membantu dalam membakar lemak di dalam tubuh.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C yang ada dalam buah nanas juga ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit yang dapat sewaktu-waktu datang.

Efek antioksidannya juga berguna untuk membuat tubuh selalu waspada dari serangan bakteri serta virus-virus pembawa penyakit.

Nanas segar sangat baik dibuat menjadi jus segar dan dikonsumsi oleh mereka yang sedang terserang penyakit akibat bakteri, seperti flu dan berbagai macam penyakit lainnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh

5. Mencegah kanker

Sel kanker dapat muncul karena kerusakan sel di dalam tubuh manusia yang diakibatkan oleh masuknya radikal bebas ke tubuh.

Radikal bebas ini dapat berupa apa saja, semisal asap rokok atau polusi udara yang mengandung banyak racun berbahaya.

Untuk menghindarinya, Anda dapat mengonsumsi nanas yang kaya akan sifat antioksidan yang berguna untuk mencegah paparan radikal bebas yang masuk ke tubuh.

6. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi nanas dalam segala bentuk, dikonsumsi begitu saja atau membuatnya sebagai makanan atau jus, dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, satu di antaranya melancarkan pencernaan.

Nanas segar kaya akan kandungan serat, yang dapat berfungsi untuk menyehatkan kondisi usus dan membantu berbagai kotoran serta racun keluar dari dalam tubuh.

Serat yang ada dalam nanas juga dapat mengurangi gejala sembelit atau sulit BAB karena berbagai faktor.

 

Sumber: DokterSehat

 

Butuh referensi berbagai macam manfaat-manfaat buah atau tanaman untuk kesehatan? Yuk, baca juga kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer