Sukses


Erick Thohir Menolak Dianggap Mendiskriminasi Pemain Naturalisasi Terkait Aturan Baru di BRI Liga 1 Musim Depan

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir menolak dianggap mendiskriminasi pemain naturalisasi terkait pembatasan pemain naturalisasi di BRI Liga 1 dan Liga 2 musim depan.

Setiap tim BRI Liga 1 dan Liga 2 2023/2024 hanya diperbolehkan mempunyai satu pemain naturalisasi berdasarkan permintaan Erick Thohir.

Rencana kebijakan dari Erick Thohir ini membuat para pemain naturalisasi resah. Mereka merasa didiskriminasi padahal berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).

"Saya rasa tidak ada diskriminasi kok. Kalau klub mengukur naturalisasi untuk jalan singkat prestasi, itu yang mesti diukur," ujar Erick Thohir.

2 dari 6 halaman

Jawaban Erick Thohir

"Total klub BRI Liga 1 ada 18 tim dan Liga 2 ada 28 klub. Artinya sudah ada 46 pemain naturalisasi. Banyak. Pertanyaan saya kalau masuk ke Timnas Indonesia ada 24 pemain, bisa membentuk dua timnas," jelas Erick Thohir.

"Ini bukan masalah diskriminasi. Saya IOC Member. Tidak mungkin saya mendiskriminasi. Ini aturan yang harus dimainkan untuk keseimbangan."

"Makanya, saat di Sarasehan Sepak Bola BRI Liga 1 dan Liga 2, itu klub-klub yang bersepakat. Bukan PSSI menginstruksikan. Bukan dong," ungkap Erick Thohir.

3 dari 6 halaman

Klaim Disepakati dalam Sarasehan Sepak Bola

Erick Thohir mengklaim bahwa aturan pembatasan pemain naturalisasi juga dibahas oleh klub dalam Sarasehan Sepak Bola BRI Liga 1 dan Liga 2 di Surabaya, Jawa Timur pada 4 Maret 2023.

"Ini blueprint yang mereka mau. Ini yang kami mau. Kami membandingkan mana yang lebih baik," tutur mantan Presiden Inter Milan tersebut.

"Contoh ada permintaan dari Liga 2 untuk mengelola kompetisi terpisah dengan BRI Liga 1. Itu ada permintaan. Pernah tidak terjadi di Indonesia Liga 2 diberikan hak untuk mengelola kompetisi? Tidak pernah," imbuhnya.

4 dari 6 halaman

Tetap Ingin Berikan Pengaruh

Sebelumnya, Erick Thohir mengaku telah mengakomodasi keinginan tim BRI Liga 1 terkait perubahan format kompetisi dan penambahan jumlah pemain asing dalam Sarasehan Sepak Bola.

Namun, PSSI tetap ingin memberikan pengaruh terhadap kompetisi dengan cara membatasi kuota pemain naturalisasi di BRI Liga 1 dan Liga 2. Apa alasannya?

"PSSI mengambil posisi. Kalau bisa dan harus bisa, pemain naturalisasi hanya satu. Kalau tidak, kapan pemain Indonesia akan bermain?" ujar Erick Thohir.

5 dari 6 halaman

Keterangan Erick Thohir

"Liga 2 juga bersepakat untuk menaikkan kelas dengan maksimal satu pemain naturalisasi. Jangan karena naturalisasinya mudah, tahu-tahu klub memiliki tujuh pemain naturalisasi di Liga 2," ungkap Erick Thohir.

"Mengapa pembatasan naturalisasi kami dorong menjadi satu, supaya jangan tiba-tiba sebelas orang yang bermain, ada lima pemain asing ditambah enam pemain naturalisasi."

"Artinya apa? Bukan orang kita semua. Iya kalau pemain naturalisasinya mau bermain untuk Timnas Indonesia. Makanya kami bikin batasan-batasan," ucapnya.

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer