Sukses


5 Alumnus Akademi Chelsea yang Beken Justru di Klub Lain, Pesona Declan Rice dan Nathan Ake

Bola.com, Jakarta - Chelsea memiliki salah satu akademi terbaik di Inggris, dengan tim muda klub mendominasi kompetisi domestik dan di Eropa.

Para pemain akademi klub telah mengangkat tujuh dari 10 FA Youth Cup terakhir dan telah memenangkan UEFA Youth League dua kali dalam beberapa musim terakhir.

Selama bertahun-tahun, Akademi Chelsea telah menghasilkan banyak sekali lulusan terbaik yang telah mengabdi kepada klub dengan sangat baik. John Terry, Graeme Le Saux, dan Robert Huth adalah beberapa nama yang paling menonjol dalam hal ini.

Tidak mengherankan, Akademi Chelsea berkembang pesat setelah diambil alih klub oleh oligarki Rusia Roman Abramovich pada awal 2000-an. Namun, terlepas dari kualitas lulusan yang dihasilkan akademi tersebut, sebagian besar veteran akademi The Blues kesulitan untuk melakukan transisi ke tim utama Chelsea karena berbagai alasan.

Meski sekarang di era Frank Lampard sebanyak 11 pemain Akademi Chelsea masuk di tim utama klub selama dua musim terakhir, selama bertahun-tahun, banyak pemain Akademi Chelsea merana di klub yang mendidik mereka.

Mayoritas pemain terbaik akademi dikirim dengan status pinjaman sebelum dijual ke klub lain. Di klub baru mereka menemukan kesuksesan.

Mari kita lihat lima pemain terbaik veteran Akademi Chelsea yang bersinar di luar Stamford Bridge.

Video

2 dari 6 halaman

Andy King

Mungkin mengejutkan bagi banyak orang bahwa Andy King, pemain yang hampir identik dengan Leicester City, bergabung dengan Akademi Chelsea saat berusia sembilan tahun sebelum dilepas oleh The Blues enam tahun kemudian.

Meretas kesuksesan di Leicester City, gelandang satu ini melakukan debutnya untuk klub pada 2007-2008. Selama 375 penampilan untuk klub di berbagai kompetisi di tiga divisi berbeda, King mencetak 61 gol dan membantu 24 lainnya.

Setelah membantu klub mendapatkan promosi dari League One dan Championship, King membantu The Foxes meraih kemenangan Premier League yang mustahil pada 2015-16. Pemain asal Wales itu saat ini sedang dipinjamkan ke Huddersfield Town.

3 dari 6 halaman

Nathan Ake

Setelah lulus dari Akademi Chelsea pada tahun 2011, Nathan Ake yang saat itu berusia 16 tahun hanya memainkan beberapa pertandingan (total 17  dalam dua musim bersama The Blues) sebelum akhirnya menjelma menjadi bek tengah pencetak gol yang agresif di Bournemouth.

Pemain internasional Belanda itu hanya melewatkan sembilan pertandingan liga (semuanya selama musim 2019-20), mencetak delapan gol dan membantu enam lainnya sebelum pindah ke Manchester City musim panas ini.

Dalam wawancara selanjutnya, mantan pemain akademi Chelsea itu mengeluhkan kurangnya waktu bermainnya di klub, dengan menceritakan pengalamannya:

"Saya kembali dan berharap bisa bermain untuk Chelsea, tetapi pada akhirnya saya masih kembali ke sini. Anda selalu ingin bermain lebih banyak, tetapi saya tahu sulit untuk masuk ke tim Chelsea. Mereka memiliki tim yang bagus dengan banyak talenta hebat kelas dunia. Saya tahu itu akan sulit. Saya pikir saya melakukannya dengan baik dalam permainan yang saya mainkan dan merasa seperti saya tumbuh berlatih di sekitar para pemain itu. "

4 dari 6 halaman

Patrick van Aanholt

Patrick van Aanholt tiba di Akademi Chelsea saat berusia 17 tahun pada 2007. Tetapi hanya tampil dua kali untuk klub sebelum pindah ke tempat lain.

Bek kiri Belanda berusia 30 tahun sempat berpindah-pindah klub sebelum menemukan stabilitas di Sunderland, di mana ia membuat 95 penampilan di semua kompetisi selama tiga tahun.

Menjadi pemain Crystal Palace sejak 2016, mantan lulusan akademi Chelsea ini telah mengukir namanya sebagai bek yang tangguh dalam mencetak gol.

Van Aanholt berbicara tentang rasa frustrasinya karena pergi dengan status pinjaman saat di Chelsea, mengatakan bahwa dia hampir ingin keluar dari sepak bola:

“Jelas ketika Anda dipinjamkan dari Chelsea, Anda berharap bisa bermain. Saya benar-benar berpikir untuk berhenti dari sepak bola. Saya sangat kesal, saya ingin berhenti. "

5 dari 6 halaman

Rhian Brewster

Rhian Brewster bergabung dengan akademi Chelsea pada usia tujuh tahun dan mengasah kemampuannya di sana selama tujuh tahun sebelum terbang ke Liverpool pada 2015.

Penyerang berusia 20 tahun itu kemudian mengungkapkan alasannya meninggalkan Chelsea, dengan mengatakan bahwa ia tidak yakin apakah klub menganggapnya cukup baik untuk masuk tim utama mereka.

"Saya menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan hal itu dan saya terus bertanya pada diri sendiri mengapa itu terjadi. Ada beberapa anak muda yang luar biasa di akademi. Jelaslah bahwa masalahnya adalah peluang yang tidak tersedia, bahkan untuk orang yang kami pikir akan 100 persen akan dapat promosi dengan mudah. Saya pikir 'Oke, saya pikir saya cukup baik, tetapi apakah mereka benar-benar yakin saya cukup baik untuk akhirnya masuk tim utama?' "

Brewster melakukan debutnya di Liverpool tahun lalu, tetapi segera pergi dengan status pinjaman ke Swansea City, yang membuatnya tampil mengesankan di Championship dengan mencetak 10 gol dalam dua 20 pertandingan liga.

Penyerang satu ini belum mencetak gol untuk klub barunya Sheffield United.

6 dari 6 halaman

Declan Rice

Declan Rice memulai kariernya di Akademi Chelsea pada usia enam tahun sebelum dia dilepas oleh klub delapan tahun kemudian. Sebuah keputusan yang masih mengejutkan buat gelandang bertahan tersebut.

"Saya harus mengatasi kekecewaan besar karena dilepas oleh Chelsea pada usia 14 tahun. Itu semua yang pernah saya ketahui sejujurnya. Dari pukul sembilan hingga 14, berlatih di sana Senin hingga Jumat, bermain gim dan diberi tahu Anda tidak akan melakukannya lagi. Keputusan tiba-tiba tersebut sebuah kejutan besar. Saya tidak pernah berpikir itu akan terjadi, namun itu terjadi. "

Sekarang di West Ham United, di mana ia lebih dihargai, Rice telah lebih dari sekadar menebus kekecewaannya terbuang dari Chelsea.

Rice baru berusia 21 tahun tetapi telah membuat lebih dari 100 penampilan Premier League untuk The Hammers. Ia mengesankan dengan kemampuannya untuk memecah permainan dan juga mencetak gol aneh.

Sumber: Sportskeeda

 

Video Populer

Foto Populer