Sukses


Buktikan 9 Manfaat Mengagumkan Daun Pegagan bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Daun pegagan atau yang dikenal pula sebagai Centella asiatica dan gotu kola sering dipakai di negara-negara Asia, seperti Jepang, China, India, dan Indonesia. 

Sejak lama, daun pegagan sudah dimanfaatkan sebagai ramuan herbal. Tumbuhan herbal ini termasuk famili parsley atau peterseli.

Daun pegagan memiliki bentuk yang kecil. Tanaman ini sering ditemukan di pinggir sungai atau di kebun. Tanaman ini juga tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun.

Daun pegagan sudah digunakan oleh nenek moyang sebagai ramuan abadi yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Tumbuhan ini digunakan dalam pengobatan tradisonal China serta pengobatan Ayurveda.

Daun pegagan mengandung sejumlah zat bioaktif yang bersifat sebagai antioksidan, antivirus, antibakteri, dan antiulcer.

Manfaat daun pegagan yang berlimpah, menarik banyak ahli untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang efektivitas tanaman herbal yang satu ini.

Di sisi lain, penting untuk diingat bahwa meski alami, obat herbal tidak selalu aman. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Berikut penjelasan beberapa manfaat mengagumkan daun pegagan untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan, dirangkum dari SehatQ dan Good Doctor, Senin (31/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pegagan bagi Kesehatan

1. Mempercepat penyembuhan luka

Daun pegagan dipercaya bisa mengobati luka ringan. Daun pegagan memiliki kandungan triterpenoid yang berperan mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan kadar antioksidan, dan suplai darah ke area luka.

Sebuah penelitian menyatakan daun pegagan bisa mengurangi jaringan parut setelah operasi. Pasien yang mengonsumsi ekstrak daun pegagan secara rutin setelah operasi, mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat.

Selain itu, kemunculan jaringan parut di area bekas sayatan operasi juga cenderung lebih sedikit. Herbal ini juga membantu menurunkan risiko terjadinya infeksi pada kulit.

2. Memperlancar aliran darah

Pada pengidap insufisiensi vena dan varises, daun pegagan bisa dimanfaatkan untuk memperlancar aliran darah dan meredakan gejala-gejalanya seperti kaki terasa berat, nyeri, dan membengkak.

Studi yang dirilis oleh jurnal Angiology mengungkapkan pegagan juga efektif untuk mengobati kondisi hipertensi vena.

3. Mencegah penuaan dini

Tak bisa dimungkiri, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami pada tubuh akan berkurang. Kolagen adalah sejenis protein yang berperan penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Mengonsumsi daun pegagan bisa meningkatkan kembali produksi kolagen. Sebuah studi yang dirilis oleh Journal of Ayurveda and Integrative Medicine mengungkapkan daun pegagan efektif untuk membantu produksi kolagen pada tubuh.

Tak hanya itu, pegagan bersama dengan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E akan menstimulasi kolagen yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan kulit.

Tumbuhan herbal satu ini dikenal memiliki khasiat antiaging yang cukup kuat. Hal ini mampi mencegah penuaan dini.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pegagan bagi Kesehatan

4. Mengatasi masalah pencernaan

Daun pegagan diketahui memiliki kandungan antibakteri, yang dinilai efektif untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti diare.

Sejumlah masalah pencernaan lainnya, seperti asam lambung dan perut kembung, juga bisa diatasi dengan mengonsumsi tanaman ini.

5. Meredakan Stres

Ada beberapa cara menghilangkan stres yang bisa Anda lakukan. Mengonsumsi ekstrak daun pegagan ternyata merupakan obat antidepresan alami yang efektif.

Saat Anda mengalami stres kronis (stres dalam jangka waktu lama), detak jantung Anda akan meningkat secara konsisten sehingga stres kronis dapat meningkatkan risiko Anda terkena hipertensi, serangan jantung, atau stroke.

Manfaat ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Mengonsumsi daun pegagan diklaim berhasil menurunkan kadar stres, Depresi, hingga cemas yang dirasakan.

6. Mengobati penyakit Alzheimer

Daun pegagan tak lepas dari pengobatan penyakit Alzheimer. Mengonsumsi daun pegagan mampu mengoptimalkan fungsi saraf otak dan memori.

Selain itu, daun pegagan ampuh untuk melindungi sel otak dari racun berbahaya yang bisa memicu terjadinya penyakit Alzheimer. Daun pegagan juga berkhasiat untuk melindungi otak dari zat-zat toksin lainnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pegagan bagi Kesehatan

7. Menyamarkan stretch marks

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada 2013, daun pegagan dapat menyamarkan kemunculan stretch marks di kulit. Kandungan terpenoid dalam tanaman ini diduga bisa meningkatkan produksi kolagen oleh tubuh.

Berkat itulah, daun pegagan diyakini mampu mencegah timbulnya stretch mark baru sekaligus memperbaiki penampilan kulit dengan menyamarkan stretch mark yang sudah ada.

8. Membantu proses detoksifikasi

Manfaat selanjutnya dari daun pegagan, yakni efektif dalam proses detoksifikasi atau pengeluaran racun-racun dari tubuh secara alami. Hal ini tak terlepas dari senyawa yang berhubungan dengan toksisitas pada hati dan ginjal.

9. Mengatasi jerawat

Daun pegagan mampu mencegah pembentukan luka bekas jerawat atau hiperpigmentasi. Menggunakan krim anti jerawat yang mengandung ekstrak daun pegagan dapat mempercepat proses pemulihan sekaligus membersihkan wajah dari jerawat tanpa meninggalkan bekas.

Daun pegagan mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh juga mampu menghilangkan bekas jerawat karena mengandung beberapa vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C, niacin, carotene, dan antioksidan.

 

Sumber: SehatQ, Good Doctor

 

Baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer