Sukses


40 Kata-Kata Bijak Renungan Islami, Penuh Pesan Mendalam

Bola.com, Jakarta - Ada banyak hal yang dapat memberimu inspirasi dan pelajaran dalam menjalani kehidupan, satu di antaranya adalah kata-kata bijak renungan Islami.

Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, sudah menjadi takdir kita untuk menghadapi berbagai rintangan dan dinamika dalam berbagai bentuk.

Adakalanya kita menikmati posisi di atas dan membuat kita bahagia, adakalanya pula kita berada di posisi bawah, yang membuat kita merasa terpuruk.

Akan tetapi, jangan jadikan keterpurukan tersebut sebagai penghalang untuk menjalani hidup. Sebaliknya, jadikan hal tersebut sebagai pembelajaran untuk berbenah diri.

Sebagai Muslim yang beriman dan taat kepada Allah SWT, kamu perlu untuk selalu mendekatkan diri kepada-Nya agar dipermudah dalam menjalani kehidupan.

Membaca kata-kata bijak renungan Islami dapat membantumu memahami kehidupan agar selalu berjalan di jalan yang telah Allah tetapkan.

Berikut 40 kata-kata bijak renungan Islami, yang penuh pesan mendalam, dikutip dari Medium dan Mvslim, Selasa (20/4/2021).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Renungan Islami

1. "Janganlah patah hati jika doamu tidak dikabulkan oleh Allah, Allah tahu apa yang akan Dia perbuat."

2. "Allah tidak membebani jiwa lebih dari yang dapat ditanggungnya."

3. "Ilmu tanpa adanya agama adalah sesuatu kecacatan dan agama tanpa ilmu merupakan kebutaan."

4. "Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu."

5. "Meminta maaf tak perlu menunggu momen Lebaran, meminta maaflah ketika berbuat salah."

6. "Waspadalah bila ditemukan di tempat yang dilarang Allah dan waspadalah terhadap ketakhadiran dari tempat yang Allah perintahkan kepada Anda."

7. "Tak peduli seberapa banyak orang yang senang menggosipimu, cukup diam dan dengarkan saja, sesungguhnya dia sedang memberimu pahala."

8. "Lebih baik menunggu orang yang benar-benar kita harapkan daripada menghabiskan waktu dengan orang yang tidak tepat."

9. "Sedekah tidak sama dengan matematika bisa ditambah, dikurang, dibagi, dan dikali karena sedekah itu akan berlimpah dan berkali lipat kembali kepada kita."

10. "Kebahagiaan tidak akan pernah datang kepada mereka yang gagal menghargai berkat yang sudah mereka miliki. Ucapkan Alhamdulillah setiap saat dalam hidup."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Renungan Islami

11. "Waktu Allah sempurna dalam segala hal. Kita tidak selalu memahami kebijaksanaan di baliknya. Tapi, kita harus belajar memercayainya."

12. "Dokter bisa merawatmu, tapi hanya Allah yang bisa menyembuhkanmu."

13. "Tawakkul adalah memiliki keyakinan penuh bahwa Allah akan menjagamu bahkan ketika segala sesuatunya tampak mustahil."

14. "Allah tahu apa yang terbaik untukmu dan kapan yang terbaik bagimu untuk memilikinya."

15. "Jika kamu melihat bahwa Allah menghiburmu dengan zikirnya, maka ketahuilah bahwa dia memang mencintaimu."

16. "Hai orang-orang yang beriman, Ingatlah kepada Allah sebanyak-banyaknya." - (Q.S Al-Azhab: 41)

17. "Doa tulus ikhlas yang kamu panjatkan kepada Allah mampu mengubah sesuatu yang awalnya kamu pikir tidak mungkin, berubah menjadi mungkin.

18. "Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya." - (Q.S Ali Imran: 159)

19. "Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk." - (Q.S Huud: 114)

20. "Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan." - (Q.S An-Nahl: 128)

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Renungan Islami

21. "Salat adalah pembersih hati dari kotoran dosa dan pembuka pintu kegaiban." - Ibnu Athaillah

22. "Khusyu' adalah menghadapkan hati di hadapan Rabb azza wa jalla dengan sikap tunduk dan rendah diri." - Ibnu Qayyim

23. "Bagaimana Anda bisa merasa tidak berharga ketika Allah memberkati Anda dengan Islam."

24. "Urusan kalian yang terpenting menurutku adalah salat. Barangsiapa menjaganya, berarti dia telah menjaga agamanya. Barang siapa mengabaikannya, maka dia lebih acuh lagi terhadap urusan lain." - Umar bin Khattab

25. "Ujian terbesar dari iman adalah ketika kamu tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan, tetapi kamu masih bisa mengatakan 'Alhamdulillah'."

26. "Sebaik-baik waktumu adalah kapan engkau menyadari kekuranganmu dan engkau pun kembali mengakui kerendahanmu." - Ibnu Athaillah

27. "Malu untuk berbuat dosa di depan umum. Jangan malu untuk menunjukkan imanmu."

28. "Makna menyia-nyiakan salat bukanlah meninggalkannya sama sekali, tetapi mengakhirkannya dari waktu yang seharusnya." - Ibnu Abbas

29. "Sungguh, Allah sama sekali tidak salah orang, tetapi orang-oranglah yang salah pada diri mereka sendiri."

30. "Takut pada Allah karena hukumannya. Cintai Allah karena dia penuh belas kasihan."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Renungan Islami

31. "Jangan pernah berpikir bahwa permintaan apa pun yang kamu miliki terlalu banyak untuk Allah. Dia berkata: "Jadilah" dan maka akan benar-benar terjadi."

32. "Rugi sekali jika seorang pria melepas wanita yang cantik akhlaknya, hanya demi mengejar wanita yang cantik wajahnya."

33. "Perhitungkan dirimu sendiri sebelum kamu diperhitungkan. Timbang perbuatanmu sebelum ditimbang." - Umar ibn Al-Khattab.

34. "Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

35. "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."

36. "Jika sayang orang tua, taati Allah, maka orang tua kita akan disenangi Allah, disayang Allah, itulah sebenar-benar balasan kita pada orang tua."

37. "Keberhasilan dan kegagalan kita ada di tangan Allah, bukan manusia. Jika dia bersamamu, tidak ada yang bisa menyakitimu."

38. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

39. "Betapa indahnya bahwa Allah dengan penuh semangat akan mengampunimu untuk hal-hal yang bahkan tidak dapat kamu ampuni.

40. "Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah, walau sudah lelah."

 

Sumber: Medium, Mvslim

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Kejamnya Atlet Tinju Puerto Rico, Felix Verdejo

Video Populer

Foto Populer