Sukses


Contoh Instrumentasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Instrumentasi adalah penggunaan atau penerapan instrumen, seperti untuk observasi, pengukuran, atau kontrol.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, instrumentasi adalah penyusunan (berupa komposisi, aransemen) sebuah permainan musik.

Arti lain dari instrumentasi adalah pengetahuan mengenai sifat-sifat khas dari berbagai alat musik.

Sementara dalam Instrumentation Tools, menurut Instrumentation and Systems Automation Society, instrumentasi adalah kumpulan instrumen dan aplikasinya untuk tujuan observasi, pengukuran, dan kontrol.

Dari penjelasan di atas, instrumentasi merupakan ilmu yang tak hanya berguna dalam bidang musik. Pasalnya, instrumentasi mempunyai fungsi utama sebagai alat pengukuran, alat analisis, serta alat kendali.

Agar lebih paham lagi, contoh instrumentasi, disadur dari Merdeka, Senin (29/5/2023).

2 dari 2 halaman

Contoh Instrumentasi

Instrumen adalah perangkat yang mengukur atau memanipulasi proses variabel fisik seperti aliran, suhu, level, atau tekanan, dan sebagainya.

Instrumen mencakup banyak penemuan yang bervariasi yang dapat sesederhana katup dan pemancar, bahkan serumit penganalisis.

Sejumlah instrumen pengukuran paling awal digunakan dalam astronomi dan navigasi. Bola dunia, menjadi satu di antara instrumen astronomi tertua yang diketahui. Pada dasarnya terdiri dari bola langit kerangka yang cincinnya mewakili lingkaran besar langit.

Kompas, instrumen paling awal untuk menemukan arah yang tidak mengacu pada bintang-bintang. Ini merupakan kemajuan mencolok dalam instrumentasi yang dibuat sekitar abad ke-11.

Kemudian ada teleskop, instrumen astronomi utama, ditemukan sekitar tahun 1608 oleh ahli kacamata Belanda, Hans Lippershey, dan kali pertama digunakan secara luas oleh Galileo.

Instrumen sering terdiri dari sistem kontrol dari berbagai proses. Kontrol proses adalah satu di antara cabang utama dari instrumentasi terapan.

Instrumentasi kontrol mencakup perangkat seperti solenoida, katup, pemutus sirkuit, dan relai. Perangkat ini dapat mengubah parameter bidang, dan menyediakan kemampuan kontrol jarak jauh atau otomatis.

Teknologi saat ini memungkinkan manusia untuk mengukur parameter yang dianggap tak mungkin di beberapa tahun silam. Peningkatan akurasi, presisi, dan kendali yang jauh lebih baik ini telah tercapai.

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa teknologi instrumentasi mengalami perkembangan yang pesat dari tahun ke tahun.

Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa disadari sebenarnya kita kerap menjumpai penerapan sistem intrumentasi dan kontrol (terlepas sistem yang analog atau diskret), di antaranya rice cooker, mesin cuci, AC, water heater, dan lain-lain.

 

Disadur dari: Merdeka (Penulis: Kurnia Azizah. Published: 4/8/2022)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer