Sukses


Liga Europa: Derbi London di Laga Final

Bola.com - Sebuah sejarah di Liga Europa tercipta pada musim 2018-19, yaitu derbi pertama yang akan terjadi pada laga final. Hal itu terjadi setelah Arsenal dan Chelsea memastikan tempat di final Liga Europa.

Arsenal menundukkan Valencia dengan agregat 7-3 pada laga semifinal Liga Europa. Hal berbeda dialami Chelsea yang harus melewati babak adu penalti untuk menyingkirkan Eintracht Frankfurt.

Pada akhirnya, Chelsea melaju ke final dan akan menghadapi Arsenal. Pertandingan tersebut akan menjadi final ke-10 antara dua klub yang berasal dari satu negara dan yang pertama antara dua klub yang berasal dari satu kota.

Keberhasilan Chelsea dan Arsenal menjadi bukti kedigdayaan klub asal Inggris pada musim ini. Hal itu dikarenakan all-English Final juga terjadi di Liga Champions.

Di kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa itu, Liverpool akan berhadapan dengan Tottenham Hotspur. Kritik yang mengatakan kalau Premier League tak lebih baik dari La Liga terbantahkan dengan fakta tersebut.

Laga final Liga Europa antara Chelsea dan Arsenal akan berlangsung pada 29 Mei 2019 waktu Eropa di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan. Pemenang dari laga tersebut akan mendapat tiket ke Liga Champions pada musim mendatang. Hal itu membuat Arsenal berambisi untuk mengamankan gelar.

2 dari 2 halaman

Fakta Final Liga Europa

Laga antara Chelsea dan Arsenal akan menjadi kali kedua pertandingan final Liga Europa diikuti oleh klub asal Inggris. Sebelumnya, laga final antara klub Inggris terjadi pada tahun 1972, atau penyelenggaraan pertama dari Liga Europa (saat itu masih format Piala UEFA).

Tottenham Hotspur dan Wolverhampton Wanderers menjadi finalis. The Lilywhites keluar sebagai juara setelah menang dengan agregat 3-1 atas Wolverhampton.

Duel final antara dua klub yang berasal dari negara yang sama, kali terakhir terjadi pada 1980. Saat itu, Eintracht Frankfurt menjadi juara setelah mengalahkan Borussia Monchengladbach.

Sementara itu, all-Italian final menjadi final antara satu negara yang paling terjadi. Tercatat, ada empat all-Italian final yang pernah dipertandingkan di Liga Europa (1990, 1991, 1995, 1998).

Setelah itu, ada all-Spanish final yang terjadi sebanyak dua kali (2007-2012) dan all-Portuguese final yang terjadi pada 2011.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea
  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Arsenal
  • Liga Europa

Video Populer

Foto Populer