Sukses


Pembagian Pot dan Aturan Undian Piala Dunia 2022: Inggris Berpeluang Huni Grup Berat, Potensi Spanyol Vs Belanda

Bola.com, Jakarta - Pengundian fase grup Piala Dunia 2022 bakal bergulir pada Jumat (1/4/2022) malam WIB. Berdasarkan pembagian Pot, Timnas Inggris berpeluang huni grup neraka, sedangkan Spanyol berpotensi menghadapi Belanda.

Sejauh ini, sudah ada 29 tim yang berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. Sementara itu, tiga tiket lainnya akan diperebutkan enam tim yang berlaga pada fase play-off antarkonfederasi.

Berdasarkan jadwal, wakil AFC (Australia/Uni Emirat Arab) menghadapi wakil CONMEBOL (Peru), wakil CONCACAF melawan wakil dari OFC (Selandia Baru), dan pemenang play-off UEFA Path A yang ditentukan pada Juni 2022.

FIFA akan menetapkan 32 tim tersebut ke dalam empat Pot atau kategori berdasarkan koefisien peringkat dunia, sehingga satu Pot berisikan delapan tim. Asumsinya, Pot 1 tim-tim kuat, dan Pot lainnya lebih lemah dan seterusnya.

Pengundian akan dimulai dengan Pot 1 dan diakhiri Pot 4. Setelah itu, masing-masing tim dipilih kemudian dialokasikan ke grup pertama yang tersedia menurut abjad.

Nantinya, ke-32 tim akan terbagi dalam delapan grup, di mana masing-masing grup berisikan empat tim, tersebar dari Grup A hingga Grup H. Dua tim terbaik tiap grup berhak lolos ke-16 besar Piala Dunia 2022.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Timnas Inggris Berpeluang Huni Grup Neraka

Berdasarkan pembagian Pot, Timnas Inggris masuk jajaran tim unggulan bersama Brasil, Prancis, Argentina, Spanyol, dan Portugal. Alhasil, mereka berpeluang bersua lawan berat pada fase grup, seperti Jerman atau Uruguay di Pot 2, Senegal atau Korea Selatan di Pot 3, serta Kamerun atau Ghana di Pot 4.

Duel sengit juga berpotensi terjadi antara Timnas Spanyol versus Belanda. Spanyol berada di Pot 1 bisa saja menghadapi Belanda yang menghuni Pot 2.

Drawing fase grup Piala Dunia 2022 akan dilaksanakan di Exhibition and Convention Center, Doha, Jumat (1/4/2022) malam WIB. Berikut ini adalah jadwal dan pembagian Pot undian Piala Dunia 2022.

 

3 dari 6 halaman

Jadwal Undian Piala Dunia 2022:

Jumat, 1 April 2022

Lokasi: Exhibition and Convention Center, Doha

Pukul 23.00 WIB

Siaran langsung: Indosiar

Live sreaming: Vidio

Link live streaming: https://www.vidio.com/categories/282-world-cup?utm_source=crm&utm_medium=in-app&utm_campaign=drawing_worldcup_2022&utm_content=banner

 

4 dari 6 halaman

Pembagian Pot:

Pot 1: Qatar (Tuan Rumah), Brasil, Belgia, Prancis, Argentina, Inggris, Spanyol, Portugal.

Pot 2: Meksiko, Belanda, Denmark, Jerman, Uruguay, Swiss, Amerika Serikat, Kroasia.

Pot 3: Senegal, Iran, Jepang, Maroko, Serbia, Polandia, Korea Selatan, Tunisia.

Pot 4: Kamerun, Kanada, Ekuador, Arab Saudi, Ghana, Pemenang play-off AFC vs CONMEBOL, Pemenang play-off CONCACAF vs OFC, Pemenang Path A UEFA.

 

5 dari 6 halaman

Format dan Aturan Drawing:

Pembagian pot di atas sekaligus merujuk pada status unggulan masing-masing negara, kecuali Qatar sebagai tuan rumah. Qatar akan otomatis berada di Grup A dengan nomor undian A1. Tiga tim lain ditentukan lewat drawing.

32 tim yang berlaga di Piala Dunia akan dibagi dalam delapan grup (A-H). Masing-masing grup terdiri dari empat tim. Beberapa aturan yang diterapkan pada babak drawing antara lain:

  • Tim dari konfederasi yang sama tidak akan mendapat undian ke grup yang sama, kecuali wakil UEFA. Tetapi, tidak boleh ada grup yang dihuni lebih dari dua wakil dari UEFA.
  • Drawing akan dimulai dengan pot 1 hingga 4 yang akan dimasukkan ke grup berdasar abjad. Tim yang berada di pot 1 akan secara otomatis berada di posisi pertama tiap grup. 
6 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022:

Penyisihan grup: 21 November-2 Desember 2022

16 Besar: 3-6 Desember 2022

Perempat Final: 9-10 Desember 2022

Semifinal: 13-14 Desember 2022

Final: 18 Desember 2022

Video Populer

Foto Populer