Sukses


    Figur 2 Pelatih Alternatif Pengganti Luis Milla di Timnas Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Sosok pelatih Timnas Indonesia sampai saat ini masih menjadi teka-teki. Hal itu terjadi setelah Luis Milla belum menentukan sikap terhadap tawaran yang diajukan PSSI.

    Kontrak Luis Milla berakhir setelah menukangi Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018. Pelatih asal Spanyol itu langsung berpamitan kepada para pemain dan memilih kembali ke negara asalnya.

    PSSI pun langsung bergerak cepat untuk memastikan Luis Milla tetap menukangi Indonesia. Bahkan, organisasi pimpinan Edy Rahmayadi itu sudah memastikan sepakat untuk memberi perpanjangan kontrak berdurasi satu tahun untuk Luis Milla.

    Dengan demikian, Luis Milla diharapkan untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 dan juga SEA Games 2019. Namun, sampai saat ini eks pemain Barcelona dan Real Madrid itu belum juga memberikan jawaban.

    Luis Milla bahkan kedapatan berada di tempat latihan Timnas Spanyol U-21. Hal ini semakin menguatkan spekulasi kalau pria 52 tahun itu tak ingin kembali menukangi Indonesia.

    Apalagi Luis Milla memiliki kedekatan dengan Timnas Spanyol U-21. Seperti diketahui, Luis Milla sempat membawa La Rojita itu meraih gelar juara Piala Eropa U-21 pada 2011.

    Untuk mengantisipasi penolakan Luis Milla, PSSI kabarnya sudah menyiapkan dua nama pelatih alternatif. Sosok Bima Sakti yang menjadi asisten pelatih Luis Milla dan juga pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy dipertimbangkan sebagai calon pelatih anyar Timnas Indonesia.

    2 dari 2 halaman

    Head to Head Kandidat

    Di dunia kepelatihan, sosok Bima Sakti dan Simon McMenemy tentu tak perlu diragukan. Bima Sakti sejauh ini memang belum pernah menukangi timnas atau klub.

    Sejak pensiun pada 2016, Bima Sakti menandai kariernya di dunia kepelatihan setelah menjadi asisten pelatih Persiba Balik Papan. Bima Sakti juga sempat didaulat menjadi pelatih interim U-19.

    Namun, karier cemerlangnya terjadi ketika dipercaya menjadi asisten pelatih Luis Milla. Bekerja sama dengan Luis Milla, Bima Sakti berhasil membantu memberikan dua kemenangan, dua kali imbang, dan dua kekalahan di timnas senior.

    Sementara itu, Simon McMenemy pernah berpelangalaman memoles Timnas Filipina pada 2010. Adapun untuk level klub, pelatih asal Inggris itu pernah menukangi Mitra Kukar, Loyalo Meraico Sparks (Filipina), dan saat ini melatih Bhayangkara FC.

    Bersama Bhayangkara FC, Simon McMenemy berhasil mempersembahkan gelar Liga 1 2017. Saat ini, klub berjuluk The Guardian itu bertengger di posisi kelima dengan raihan 32 poin hasil sembilan kemenangan, lima kali imbang, dan enam kekalahan.

    Video Populer

    Foto Populer