Sukses


    Keberhasilan Timnas Jepang Pecundangi Jerman di Piala Dunia 2022 Berkat Tempaan Karier di Bundesliga

    Bola.com, Jakarta Timnas Jepang berhasil membungkam Jerman pada matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022. Bertanding di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Rabu (23/11/2022) malam WIB, Tim Samurai Biru menang 2-1 atas Jerman.

    Pada pertandingan tersebut, Timnas Jepang tertinggal lebih dulu lewat tendangan penalti Ilkay Gundogan pada menit ke-33. Namun, Tim Samurai Biru mampu bangkit pada paruh kedua.

    Mereka berhasil mencetak gol lewat aksi Ritsu Doan pada menit ke-75 dan Takuma Asano menit ke-83. Hingga laga usai, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

    Menariknya, dua pencetak gol kemenangan Timnas Jepang tersebut merupakan pemain klub asal Jerman. Takumi Asano saat ini bermain di VfL Bochum 1848 dan Ritsu Doan (Freiburg FC).

    Tampil sebagai pemain pengganti, Takumi dan Ritsu bisa memberikan sejarah bagi Timnas Jepang, sekaligus membuat Jerman tak berkutik pada laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022.

     

     

     

    2 dari 6 halaman

    8 pemain Timnas Jepang Berkarier di Liga Jerman

    Tidak sedikit pesepak bola asal Negeri Sakura yang berkarier di Jerman. Pada perhelatan Piala Dunia 2022, tercatat ada delapan pemain Timnas Jepang saat ini yang membela klub Jerman.

    Sebagian besar dari mereka bermain di kasta tertinggi Bundesliga, juga strata kedua. Selain Takumi Asano dan Ritsu Doan, adapula Ao Tanaka (Dusseldorf) dan Daichi Kamada (Frankfurt).

    Sementara itu, Wataru Endo dan Hiroki Ito bermain di Stuttgart, Kou Itakura membela Borussia Monchengladbach, dan Maya Yoshida yang berseragam Schalke 04.

    3 dari 6 halaman

    Faktor Gaya Bermain

    Ya, Bundesliga memang seperti layaknya rumah bagi para pemain Asia, tak terkecuali dari Jepang. Hal ini diungkapkan kapten PSIM Yogyakarta, Aditya Putra Dewa.

    Pemain berusia 32 tahun itu menyebut, para pesepak bola dari Negeri Sakura cocok berkarier di Bundesliga karena faktor gaya bermain. Kesamaan gaya bermain yang dia maksud yakni, tak banyak duel fisik dan mengandalkan tim ketimbang individu.

    "Saya rasa kultur sepak bola Jerman sangat membantu pemain-pemain Jepang untuk terus berkembang. Jerman dengan filosofi mereka adalah salah satu ikon sepak bola dunia," kata Aditya Putra Dewa kepada Bola.com Kamis (24/11/2022) siang WIB.

    "Proses dan program mereka sangat berjalan dengan baik dan kemenangan Timnas Jepang atas Jerman adalah hasil dari program Jepang yang mereka bangun selama ini," tambah dia.

    4 dari 6 halaman

    Bundesliga Pembentuk Mental Pemain

    Menurut Aditya Putra Dewa, Bundesliga menawarkan kompetisi yang tidak terlalu mengandalkan kemampuan fisik, tetapi lebih ke teknik.

    Sejumlah pemain top semacam Shinji Kagawa, Yuya Osako, hingga Shinji Okazaki pernah bermain dan meraih kesuksesan saat berkarier di Bundesliga.

    "Harus kita akui sepak bola Jepang sangat berkembang pesat di Asia bahkan dunia. Liga mereka juga adalah yang terbaik di Asia untuk saat ini," ujar mantan pemain PSS Sleman itu.

    "Banyak pemain asal Jepang yang sekarang jadi andalan di klub-klub Eropa, beberapa dari mereka kan awalnya memulai karier dari Bundesliga," sambung Adita Putra Dewa. (Ana Dewi)

    5 dari 6 halaman

    Simak Keseruan Piala Dunia 2022 di Bola.com

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    6 dari 6 halaman

    Yuk Tengok Posisi Tim Favorit Kamu:

    Video Populer

    Foto Populer