Sukses


Pengertian Prolog, Fungsi, Jenis, Cara Membuat, dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Prolog adalah bagian pembuka yang berisi gambaran umum tentang suatu kisah. Biasanya, prolog dalam dunia sastra banyak digunakan dalam novel, drama, film, dan lainnya.

Secara estimologis, prolog diambil dari bahasa Yunani, 'Prologos', yang memiliki arti kata pengantar atau memperkenalkan isi suatu karya sastra.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, prolog adalah adegan singkat atau pidato yang disampaikan pada awal pertunjukan.

Secara umum, adanya prolog ialah untuk menjelaskan sekilas tentang tokoh atau pemeran dalam cerita. Selain itu, pembaca bisa mendapatkan penggalan kisah atau gambaran umum tentang bagaimana jalan cerita tersebut.

Namun, ada pula pengarang yang langsung menaruh konflik cerita di bagian prolog. Hal itu bertujuan agar membuat pembaca tertarik untuk meneruskan hingga akhir.

Berikut ini rangkuman tentang fungsi prolog, jenis, cara membuat, dan contohnya, seperti dilansir dari laman seputarilmu.com, Rabu (26/1/2022).

2 dari 5 halaman

Fungsi Prolog

Fungsi Prolog

Prolog memiliki peranan yang penting dalam sebuah cerita. Secara umum, beberapa fungsi prolog dalam sebuah cerita adalah seperti berikut:

  • Sebagai kata pembuka atau pendahuluan suatu karya sastra.
  • Memperkenalkan para tokoh, pemeran, konflik, dan sinopsis lakon suatu cerita.
  • Menarik perhatian pembaca serta membuat mereka semakin penasaran dengan isi cerita.
3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Prolog

Berdasarkan penyajiannya, prolog dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Umumnya, jenis prolog disesuaikan dengan penyajian lakon, sarana, dan keberadaan naskah. Berikut ini merupakan beberapa jenis penyajian prolog dalam sebuah lakon:

1. Tragedi

Tragedi merupakan satu di antara jenis drama yang berisi cerita penuh kesedihan. Sepanjang jalannya cerita, penonton akan menyaksikan tokoh atau pelaku utama akan mengalami kegagalan yang biasanya berujung dengan duka atau kematian.

Jenis drama tersebut biasanya akan membuat penonton seolah-olah ikut merasakan kesedihan yang dialami tokoh utama.

2. Komedi

Komedi merupakan jenis drama yang menggambarkan suasana sukacita yang biasanya berisi lelucon. Jenis drama ini menjadi satu di antara yang cukup digemari semua kalangan.

Hal itu karena cerita dan adegan yang disajikan akan menimbulkan tawa penonton. Kendati demikian, drama komedi tidak sama seperti acara lawak, sehingga masih sesuai dengan kaidah atau unsur drama.

3. Melodrama

Melodrama merupakan jenis drama yang dialognya diucapkan dengan iringan melodi atau musik. Jenis drama ini berasal dari drama opera yang kemudian dikembangkan menjadi aliran tersendiri dengan iringan peralatan musik.

4. Opera

Opera adalah drama yang dialognya diiringi dengan musik. Adapun lagu yang dinyanyikan pemain satu biasanya berbeda dengan pemain lain.

Bentuk dari drama ini lebih mementingkan musik dan nyanyian. Sementara para tokoh yang terlibat hanya sebagai sarana untuk menggambarkan suasana dalam cerita.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Prolog

1. Mengidentifikasi Penggunaan Prolog yang Berbeda

  • Gunakan prolog untuk memaparkan kisah latar belakang.
  • Buatlah prolog yang memikat hingga pembaca mau mengikuti seluruh isi cerita.
  • Gunakan prolog sebagai alat untuk membingkai novel secara keseluruhan.
  • Berfokuslah pada perspektif karakter yang berbeda di dalam prolog.

 

2. Membuat Draf Prolog

  • Pilihlah jenis prolog yang cocok untuk cerita yang akan dibuat.
  • Buatlah adegan dengan detail yang hidup.
  • Buatlah prolog berisi satu atau dua adegan.
  • Gunakan ujaran tokoh tertentu.
  • Masukkan kisah latar ke prolog.

 

3. Mengedit Prolog

  • Buatlah prolog yang singkat dan tepat sasaran.
  • Pastikan alurnya cepat dan menarik.
  • Periksa apakah prolog tersebut sudah sesuai dengan seluruh isi novel.
5 dari 5 halaman

Contoh Prolog

Contoh Prolog 1

Dunia ini terasa berhenti, ketika aku harus siap menerima kenyataan pahit, memiliki seorang ayah dengan keadaan cacat. Ku ingin ayah lebih sempurna, seseorang yang tak cacat, seperti ayahnya semua orang.

Seorang ayah yang dapat mendengar harapanku dan kekhawatiranku. Di sini, di rumah petakku, aku hanya tinggal berdua dengan ayah, sesudah kematian ibuku beberapa tahun yang lalu.

Hanya ayah satu-satunya keluarga yang aku miliki. Andalan yang mungkin tidak bisa aku harapkan.

Contoh Prolog 2

Di antara potongan dua puluh empat jam sehari, bagiku pagi merupakan waktu yang paling indah. Ketika janji-janji baru timbul seiring embun menggelayut di ujung dedaunan.

Ketika harapan-harapan baru merekah bersama kabut yang mengambang di persawahan sampai nun jauh di kaki pegunungan. Pagi berarti satu hari yang melelahkan telah terlampaui lagi.

Pagi berarti satu malam dengan mimpi-mimpi yang menyesakkan terlewati lagi, malam-malam panjang, gerakan tubuh resah, kerinduan, dan helaan napas tertahan.

 

Sumber: Seputarilmu

Video Populer

Foto Populer