Sukses


Arti Makrifat beserta Tanda dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Makrifat merupakan satu di antara sifat yang diajarkan dalam agama Islam. Makrifat adalah sifat berani melawan syahwat, amarah, dan mampu meninggalkan berbagai hal buruk yang dilarang dalam agama.

Mungkin tidak semua orang mempunyai atau dapat dengan mudah mengamalkan sikap ini. Namun, jika hal ini dapat diterapkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Maka itu, setiap umat muslim perlu memahami apa yang dimaksud dengan makrifat.

Dengan memahami sifat makrifat bisa menjadi satu di antara langkah awal untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang makrifat, disadur dari Merdeka, Kamis (29/9/2022).

2 dari 3 halaman

Tanda Makrifat

Tanda makrifat dapat dilihat dari sejauh mana intensitas orang tersebut beribadah kepada Allah. Makin sering intensitas yang dilakukan maka akan menunjukkan ketaatannya pada agama.

Gerakan ketaatan ini merupakan satu di antara tanda makrifat pada diri seseorang. Meski begitu, ketaatan yang dimaksud di sini bukan sebatas ketaatan dalam beribadah khusus saja, seperti salat, zikir, membaca Al-Qur'an.

Jadi, ketaatan tersebut perlu diterapkan dalam kehidupan dan profesi keseharian. Baik itu seorang pelajar, mahasiswa, pengrajin, pedagang, penyedia jasa, atau profesi lainnya.

Dengan begitu, makrifat akan jadi sifat yang tampak ketika seseorang bisa melaksanakan ketaatan dalam beribadah dan kehidupan sehari-harinya.

Selain ibadah khusus yang terus ditegakkan, orang yang bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaannya, berintegritas, profesional dan maksimal, juga merupakan satu di antara ciri sifat makrifat yang ada pada diri seseorang.

3 dari 3 halaman

Manfaat Makrifat dalam Kehidupan

Makrifat adalah sifat kebaikan yang dapat mendatangkan berbagai macam manfaat dan berkah. Kelebihan orang yang memiliki sifat makrifat ialah dibukanya seluruh kekuatan batinnya untuk melihat alam, roh para malaikat, roh para nabi dan sesuatu yang indah yang tidak ada di dunia.

Menurut satu di antara ulama, batin manusia makrifat dapat melihat alamul malakut. Hal ini karena kalbu manusia melahirkan kekuatan batin yang berasal dari alam malakut.

Selain itu, orang yang memiliki sifat makrifat biasanya merupakan orang yang dipilih Allah. Orang tersebut tentu tidak berakhlak buruk dan tidak memiliki amalan-amalan tercela.

Selain itu, kelebihan lain orang yang memiliki sifat makrifat ialah berbicara dengan hati, bukan mulutnya. Dalam hal ini, ketika batin manusia sudah dibuka, seluruh indra jasmani tidak berfungsi dan berakhir pada batin.

Di mana orang-orang akan lebih mudah dan lebih banyak berbicara dengan hati daripada dengan mulut.

Perlu diketahui, bahwa indra jasmani dapat mengelabuhi manusia itu sendiri. Sedangkan batin selalu mengarah pada sesuatu yang tepat dan tidak akan mengelabuhi manusia itu sendiri.

Hal tersebut merupakan kelebihan yang akan didapatkan oleh orang-orang makrifat. Memang tidak semua orang bisa memiliki sifat tersebut.

Namun, dengan berperilaku baik dan melawan setiap pikiran dan sikap buruk tentu perlu diterapkan oleh seluruh umat muslim. Hal ini tidak lain sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah dan agamanya.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ayu Isti Prabandari. Published: 11/1/2021)

Yuk, baca artikel islami dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer