Sukses


Legenda Sepak Bola Brasil, Pele Jalani Operasi Pengangkatan Tumor

Bola.com, Jakarta - Legenda hidup sepak bola Brasil, Pele, menjalani operasi pengangkatan tumor dari usus besarnya. Kabarnya, mantan pemain yang kini berusia 80 tahun itu sudah enam hari berada di rumah sakit untuk keperluan operasi tersebut.

Dalam media sosialnya pada Senin (6/9/2021), Pele mengatakan sudah menjalani operasi untuk mengangkat sesuatu yang mencurigakan dari ususnya pada Sabtu (4/9/2021).

"Untungnya saya terbiasa merayakakan kemenangan besar bersama Anda," ujar mantan pesepak bola yang sukses meraih tiga trofi Piala Dunia itu dalam media sosialnya.

"Saya akan menghadapi pertandingan ini dengan senyum di wajah, penuh optimistis, dan bersuka cita untuk kehidupan," lanjutnya.

Lima hari lalu, mantan pemain Santos tersebut membantah jika ia sampai pingsan dan harus menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin. Kini dia mengatakan ada tumor yang ditemukan di usus besarnya dalam tes yang dilakukan pada pekan lalu.

"Terima kasih Tuhan untuk perasaan yang sangat baik dan mengizinkan Dr Fabio dan Dr Miguel untuk menjaga kesehatan saya," ujar Pele.

2 dari 2 halaman

Kesehatan Jadi Perhatian

Pada Februari 2020, putra Pele yang juga mantan kiper Santos, Edinho, mengatakan bahwa sang ayah merasa malu harus meninggalkan rumah karena tidak bisa berjalan tanpa bantuan.

Kesehatannya telah menjadi perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Ia pun telah menjalani operasi prostat pada 2015 setelah dirawat di rumah sakit untuk kedua kalinya pada 2015 dalam enam bulan. Ia pun dirawat karena infeksi saluran kemih pada 2019.

Pele merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa yang dimiliki Brasil dan menjadi satu dari empat pemain yang berhasil mencetak gol dalam empat gelaran Piala Dunia yang berbeda.

Menurut Guinness Book of World Records, Pele telah mencetak 1.279 gol dalam 1.363 penampilan dalam sepanjang kariernya, termasuk 77 gol dalam 91 laga internasional bersama Timnas Brasil.

Sumber: BBC Sport

Video Populer

Foto Populer