Sukses


    Emtek Jadi Pemegang Hak Siar Piala Dunia 2022, Aktivasi Nonbar Tetap Tak Bisa Sembarang

    Bola.com, Jakarta - Setiap kali gelaran Piala Dunia dihelat, banyak tempat hiburan publik, seperti kafe atau restoran, yang menggelar nonton bareng (nonbar). Namun, sejak beberapa edisi terakhir, kegiatan nonbar terikat dengan regulasi. Tak terkecuali Piala Dunia 2022 yang akan ditayangkan oleh Emtek Group lewat beberapa platformnya.

    Emtek Group melalui SCTV, Indosiar, O Channel, dan Mentari TV, serta pay tv NEX Media, dan platform OTT, Vidio, akan menayangkan Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar pada November hingga Desember 2022.

    Dengan begitu banyak pilihan platform untuk menyaksikan tim-tim kesayangan bertanding di Piala Dunia 2022, tentu para pecinta sepak bola di Indonesia akan dimanjakan selama satu bulan penyelenggaraan turnamen tersebut.

    Namun, apa yang paling identik di Indonesia dengan penyelenggaraan Piala Dunia? Tentu saja nonton bareng atau yang kerap disebut nonbar. Biasanya para pecinta sepak bola, bersama rekan-rekannya, akan menikmati pertandingan bersama-sama sembari bersantai di kafe atau restoran.

    Hal tersebut yang membuat banyak penyedia tempat hiburan publik menjadikan pertandingan Piala Dunia sebagai daya tarik agar tempat mereka menjadi ramai selama perhelatan berlangsung. Namun, dalam beberapa tahun terakhir penyelenggaraan nonton bareng itu tidak bisa diadakan secara sembarang.

    Adanya pemegang hak siar dan pemegang hak untuk melakukan sertifikasi terhadap tempat yang akan menggelar nonbar membuat tak sembarang orang bisa menggelar kegiatan itu begitu saja.

    Emtek Group selaku pemegang hak siar Piala Dunia 2022 di Indonesia memastikan bahwa kegiatan nonbar akan erat kaitannya dengan pemegang hak siar.

    2 dari 3 halaman

    Harus Izin Sesuai Regulasi

    Bahkan meski nantinya platform Vidio menyajikan seluruh pertandingan dengan opsi berbayar bagi para penggunanya, tak berarti itu bisa dijadikan acuan untuk menggelar nonbar begitu saja.

    "Jadi nonbar itu melekat dengan rights, bagian dari broadcast rights. Jadi dari sisi penayangan pertandingan memang bisa dinikmati melalui platform media atau pun lewat nonbar, tapi akan diatur," ujar Managing Director Emtek, Sutanto Hartono, saat ditemui di SCTV Tower, Selasa (15/3/2022).

    "Kami akan evaluasi seperti apa nanti, tapi yang pasti kami akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mengkoordinasikan kegiatan nonbar ini agar bisa dinikmati bersama-sama. Mereka memang perlu izin, karena nonbar itu by definition mendapatkan benefit komersil dari penayangannya, berbeda jika kita menonton sebagai individu," lanjutnya.

    Artinya, Emtek Group akan membentuk atau menunjuk pihak ketiga untuk menjadi wadah bagi komunitas atau pemilik bisnis yang berniat untuk menggelar kegiatan nonbar ketika Piala Dunia 2022 berlangsung.

     
    3 dari 3 halaman

    Bekerja Sama dengan Sponsor untuk Aktivasi Nonbar

    Selain itu, Emtek Group selaku pemegang hak siar tak menutup kemungkinan bakal melakukan kegiatan nonbar sendiri di beberapa tempat.

    Nantinya, bekerja sama dengan sponsor yang mendukung terselenggaranya Piala Dunia 2022, akan ada aktivasi kegiatan nonbar yang digelar di ruang publik.

    "Biasanya itu akan menjadi bagian dari komitmen kami terhadap sponsor. Tentu sponsor pasti ingin mendapatkan semacam aktivasi, dan satu di antara bentuknya adalah nonbar," ujar Sutanto Hartono.

    "Nantinya kami akan berkoordinasi dengan pihak ketiga, seperti convention center, kafe, public space, dan sebagainya, untuk menggelar nonbar tersebut," lanjutnya.

    Piala Dunia 2022 bisa disaksikan seacra langsung melalui SCTV, Indosiar, O Channel, dan Mentari TV. Lalu, Vidio akan menyiarkan secara live streaming. Para pelanggan NEX Media juga bisa menikmati tayangan Piala Dunia 2022.

    Selain menyaksikan pertandingan, fans sepak bola juga bisa mendapatkan berita-berita terbaru di platform berita online milik EMTEK Group di bawah KLY, seperti Bola.com, Bola.net, Liputan6.com, Merdeka.com, Kapanlagi.com, Fimela.com, Dream.co, dan Brilio.net.

     

    Video Populer

    Foto Populer