Sukses


3 Prahara di Kompetisi Eropa Musim lalu: Nelangsa Juventus, Arsenal, dan Borussia Dortmund

Bola.com, Jakarta - Liga-liga sepak bola Eropa mulai menuju musim baru. Era 2022/2023 menyajikan banyak cerita, baik itu kesuksesan maupun kegagalan.

Di antara yang berpesta ialah Manchester City, Barcelona, dan Napoli, yang mengangkat trofi. 

Barcelona dan Napoli sudah diprediksi sejak dini untuk meraih gelar. Namun, Man City luar biasa. Mereka berhasil menikung Arsenal yang hampir sepanjang musim menguasai puncak klasemen.

Manchester City masih menebar pesona. Skuad Pep Guardiola selangkah lagi mewujudkan ambisi mereka untuk meraih treble.

The Citizens akan berlaga di final Piala FA dan Liga Champions.

Berikut kami jabarkan tiga prahara di sepak bola Eropa musim lalu. Dimulai dari Juventus.

2 dari 4 halaman

Juventus Pengurangan Poin

Juventus mengalami pengurangan poin. Pengadilan Banding Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) menjatuhkan hukuman pemotongan 10 angka terhadap Juventus pada Senin (22/5/2023) atau hanya beberapa menit sebelum melawan Empoli.

Sanksi ini adalah buntut dari skandal capital gain atau pemalsuan pembukuan keuangan yang dilakukan Juventus dan berujung sanksi pemangkasan 15 poin pada Januari 2023.

Namun, hukuman kepada Juventus itu dicabut untuk sementara oleh Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) pada April 2023. Si Nyonya Tua kembali mendapatkan 15 angka.

Sanksi mendadak itu bikin Juventus oleng sehingga dihajar Empoli 1-4 dalam pekan ke-36 Serie A di Carlo Castellani pada Selasa (23/5/2023) dini hari WIB.

Pengurangan 10 poin membuat Juventus terjun bebas dari peringkat kedua ke posisi ketujuh dengan 59 angka.

3 dari 4 halaman

Arsenal Tertikung

Malang betul nasib Arsenal dalam mengarungi Liga Inggris 2022/2023. Lama bertengger di puncak klasemen, nyatanya trofi itu malah jatuh ke tangan tim juara bertahan, Manchester City.

Arsenal kembali menelan kekalahan pada pekan ke-37 Liga Inggris akhir pekan kemarin di markas Nottingham Forest. Kekalahan yang membuat perolehan nilai Man City tidak dapat dikejar lagi.

Man City mengunci gelar juara setelah menang 1-0 atas Chelsea, Minggu (21/5/2023). Dengan raihan nilai 88 dan menyisakan dua pertandingan lagi. Sementara Arsenal masih duduk di urutan kedua dengan nilai 81.

Nasib Arsenal dalam berburu gelar Premier League 2022/2023 diibaratkan seperti seseorang yang menjaga jodoh orang lain. Pada akhirnya, keduanya sama-sama harus kehilangan sesuatu yang dicintainya.

Selama 248 hari atau sejak awal musim hingga pekan ke-34 Premier League, Arsenal terus-terusan berada di singgasana klasemen sebelum dikudeta Manchester City.

4 dari 4 halaman

Dortmund, Nasibmu

Kenyataan pahit harus diterima skuad Borussia Dortmund setelah berakhirnya laga pekan terakhir Liga Jerman 2022/2023 menghadapi FSV Mainz di Dortmund, Jerman, Sabtu (27/5/2023). Hanya bermain imbang 2-2, gelar juara yang sudah di depan mata pun melayang ke Bayern Munchen.

Bayern Munchen keluar sebagai juara Bundesliga musim 2022/2023. Kesuksesan itu diraih Die Roten usai mengalahkan FC Koln 2-1.

Gol-gol pasukan Thomas Tuchel dicetak oleh Kingsley Coman dan Jamal Musiala. Sementara, gol hiburan untuk Koln dicetak Dejan Ljubicic dari eksekusi penalti.

Hasil ini cukup untuk membawa Bayern Munchen meraih trofi Bundesliga musim 2022/2023. Bayern finis di posisi teratas dengan 71 poin.

Bayern punya poin yang sama dengan sang rival Borussia Dortmund. Akan tetapi Thomas Muller dan kolega bisa berpesta karena mereka unggul selisih gol.

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.
    Juventus adalah klub sepakbola asal Italia

    Juventus

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Borussia Dortmund adalah sebuah klub sepak bola asal Jerman
    Borussia Dortmund adalah sebuah klub sepak bola asal Jerman
    Borussia Dortmund adalah sebuah klub sepak bola asal Jerman

    Borussia Dortmund

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016
    Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016
    Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016

    Liga Italia

  • Bola.com

Video Populer

Foto Populer