Sukses


Pengusaha China Beli Aston Villa

Bola.com, Newcastle - Meski musim depan dipastikan terdegradasi ke Championship Division, Aston Villa tak sepi peminat. Pemilik Villa, Randy Lerner, hari ini, Kamis (19/5/2015), menjual mayoritas saham klub ke pengusaha asal China, Dr Tony Jiantong Xia.

 

Lerner mengakuisisi Aston Villa pada tahun 2006 dengan harga (Rp 1,2 triliun). Sang pengusaha asal Amerika Serikat (AS) itu sebenarnya sudah ingin menjual mayoritas saham Villa pada tahun 2014. Namun, kesepakatan baru terealisasi pada tahun 2016.

"Aston Villa FC secara bangga mengumumkan bahwa telah tercapai kesepakatan untuk menjual 100 persen saham klub milik Randy Lerner ke Recon Group yang dipimpin oleh Dr Tony Jiantong Sia. Proses akusisi tinggal menunggu persetujuan dari Premier League dan Football League," demikian pernyataan resmi Aston Villa.

"Randy Lerner dalam beberapa tahun lalu mencari pemilik baru untuk Aston Villa, yang mampu merawat klub dan mengembalikan kejayaannya. Lerner yakin bahwa Tony Xia adalah orang yang tepat," sambung pernyataan tersebut.

Namun, Xia harus menunggu agak lama agar Aston Villa bisa kembali berlaga di Premier League. Pasalnya. Villa musim ini terdegradasi ke Championship Division setelah menempati posisi ke-20 klasemen akhir Premier League 2015-2016 dengan mengemas 17 poin.

"Recon Group adalah perusahaan pribadi milik Xia yang mengontrol lima perusahaan publisistas dan Bursa Saham Hong Kong dan China. Dia juga memiliki beberapa perusahaan lain dengan karyawan mencapai 35 ribbu orang di 75 negara."

"Dr Xia adalah seorang penyerang pada saat kuliah dan sepak bola adalah hasrat terbesarnya. Dia memutuskan untuk membeli klub sepak bola ikonik di Inggris sebagai batu pijakan olah raga, dan perusahaan travel miliknya. Dia sudah lama menjadi penggemar Aston Villa dan amat senang menjadi pemilik baru."

Kejadiran Dr Xia langsung menghembuskan rumor baru di tanah Inggris. Aston Villa dikabarkan akan menunjuk pelatih yang sukses membawa Chelsea meraih trofi Liga Champions, Roberto Di Matteo, sebagai juru racik taktik klub musim depan.

"Tujuan utama Dr Xia adalah mengembalikan Aston Villa ke Premier League dan membawa klub mengakhiri musim di posisi enam besar. Dia juga berjanji menjadikan Aston Villa sebagai klub paling terkenal di China dengan fan base besar," tutup pernyataan tersebut.

Sumber: Aston Villa

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer