Sukses


5 Mantan Pesepak Bola yang Sukses Persembahkan Trofi saat Latih Barcelona, Berikutnya Xavi Hernandez?

Bola.com, Jakarta - Xavi Hernandez sudah resmi diperkenalkan kepada publik sebagai pelatih anyar Barcelona pada Senin (8/11/2021) malam WIB. Xavi diharapkan mampu mendongkrak performa El Barca.

Barcelona mengumumkan Xavi Hernandez sebagai pelatih anyar pada 6 November 2021. Pria asal Spanyol tersebut menggantikan peran Ronald Koeman yang dipecat pada 28 Oktober lalu.

Bersama Los Cules, Xavi sepakat menandatangani kontrak hingga 30 Juni 2024. Dia pun akhirnya diperkenalkan secara resmi sebagai pelatih anyar Barcelona di Camp Nou.

Menangani klub yang telah membesarkan namanya, Xavi memiliki tugas yang tak mudah. Xavi Hernandez diharapkan bisa membawa Los Cules kembali bersaing merengkuh trofi juara.

Mantan gelandang Timnas Spanyol itu, bukan legenda pertama yang ditunjuk sebagai pelatih Barcelona. Sebelumnya, ada juga beberapa mantan pemain yang dipercaya untuk memimpin Blaugrana.

Beberapa mantan pemain tercatat berhasil mempersembahkan gelar saat ditunjuk menjadi pelatih Barcelona. Xavi pun bisa mengikuti jejak mereka.

Berikut ini lima mantan pemain yang berhasil mempersembahkan gelar saat menangani Barcelona.

 

2 dari 7 halaman

Johan Cruyff

Johan Cruyff merupakan salah satu legenda dalam dunia sepak bola. Pria asal Belanda tersebut tidak bisa dipisahkan dari kesuksesan yang diraih Blaugrana.

Setelah tiga tahun melatih Ajax, Cruyff kembali ke Barcelona. Dia menangani mantan timnya tersebut selama delapan tahun antara 1988—1996.

Selama memimpin Barcelona, Cruyff mampu mempersembahkan 11 gelar juara. Itu termasuk satu trofi Liga Champions pada 1991/1992.

 

3 dari 7 halaman

Pep Guardiola

Pep Guardiola awalnya merupakan pelatih Barcelona B. Dia kemudian dipercaya menjadi pelatih tim utama menyusul pemecatan Frank Riijkard pada akhir musim 2007-2008.

Meski tanpa pengalaman, keputusan Barcelona menunjuk Guardiola ternyata tidak salah. Dalam empat musim, Guardiola berhasil memenangkan 14 trofi, termasuk dua Liga Champions.

Guardiola menangani Barcelona hingga tahun 2012. Sebelum ke Manchester City pada 2016, Guardiola sempat melatih raksasa Jerman Bayern Munchen.

 

4 dari 7 halaman

Luis Enrique

Luis Enrique bermain untuk Barcelona selama 8 musim pada 1996—2004. Setelah pensiun, Enrique memulai kariernya sebagai pelatih dengan menangani Barcelona B.

Sempat melatih AS Roma dan Celta Vigo, Enrique ditunjuk menjadi pelatih Barcelona pada 2014. Karier Enrique sebagai juru taktik Blaugrana bisa dibilang sangat sukses.

Selama tiga musim di Camp Nou, pria berusia 51 tahun tersebut berhasil mempersembahkan 9 gelar juara. Itu termasuk treble winner pada 2014/2015.

 

5 dari 7 halaman

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde pernah bermain untuk Barcelona selama dua musim pada 1988—1990. Ketika itu, dia berhasil memenangkan Piala Winners bersama Blaugrana.

Setelah menangani sejumlah klub, Valverde ditunjuk menjadi pelatih Barcelona pada tahun 2017. Mantan pelatih Athletic Bilbao tersebut menggantikan posisi Luis Enrique di Camp Nou.

Prestasi Valverde sebagai pelatih Barcelona tidak buruk. Dia berhasil mempersembahkan empat gelar juara, yakni dua trofi La Liga, satu Piala Super Spanyol, dan satu Piala Spanyol.

 

6 dari 7 halaman

Ronald Koeman

Ronald Koeman merupakan legenda Barcelona saat masih aktif bermain. Pria asal Belanda tersebut ditunjuk menjadi pelatih Blugrana pada tahun lalu.

Sayangnya, Koeman memiliki masa tugas yang sangat singkat sebagai pelatih di Camp Nou. Koeman dipecat pada musim ini karena dianggap gagal mendongrak performa Blaugrana.

Koeman total memimpin 67 pertandingan Barcelona di semua kompetisi. Sebelum dipecat, mantan pelatih Everton tersebut berhasil mempersembahkan trofi Copa del Rey 2020/2021.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 09/11/2021)

7 dari 7 halaman

Yuk Tengok Posisi Barcelona di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer