Sukses


Sayan Karmadi Bicara soal Timnas Futsal Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Black Steel Manokwari yang juga mantan pemain Timnas Futsal Indonesia, Sayan Karmadi, berkesempatan menguji permainan Timnas Futsal Indonesia yang akan berangkat ke Piala AFF Futsal 2016.

Mantan pemain Timnas Futsal Indonesia yang menjuarai Piala AFF 2010 itu melihat komposisi pemain Timnas Futsal Indonesia untuk Piala AFF Futsal 2016 lebih baik dari timnas-timnas sebelumnya.

Black Steel Manokwari membuat kejutan dengan membuat Timnas Futsal Indonesia ketinggalan tiga gol di awal babak pertama. Namun, pada akhirnya Bambang Bayu Saptaji dkk. berhasil meraih kemenangan 8-6 dalam pertandingan uji coba keempat yang mereka jalani.

"Untuk tim yang saat ini lebih baik. Mereka punya tim pertama, tim kedua, dan tim ketiga yang merata. Saya melihat tim ini lebih baik dari timnas-timnas sebelumnya. Menurut saya tim ini lebih kuat ketimbang timnas futsal yang pernah kita miliki," ujar Sayan.

Namun, Sayan Karmadi juga mengingatkan pentingnya konsistensi permainan mengingat banyak pemain muda yang tergabung di Timnas Futsal Indonesia kali ini. Sayan menilai masalah mental bermain di turnamen harus jadi perhatian agar target juara bisa dipenuhi.

"Kalau mereka bisa bermain dengan konstan, mereka bisa juara menurut saya. Namun, masalahnya bukan lagi soal strategi atau kemampuan bermain, mentalitas para pemain yang harus dijaga. Kalau pemain tidak bisa menjaga permainan dengan konstan karena masalah mentalitas, itu akan menjadi masalah. Selama mereka punya sistem bermain yang baik, pasti menyatu dan tinggal menyatukan chemistry satu pemain dengan pemain yang lain," lanjutnya.

Timnas Futsal Indonesia berhasil meraih empat kemenangan dalam empat laga uji coba yang sudah dijalani. Namun, catatan 28 gol dan 18 kebobolan masih menjadi bahan evaluasi. Dalam laga uji coba terakhir, atau yang kelima, tim asuhan Andri Irawan itu akan menghadapi Biangbola pada Kamis (19/1/2017).

 

Video Populer

Foto Populer