Sukses


5 Fakta di Balik Kekalahan Indonesia dari India di Piala Sudirman

Bola.com, Gold Coast - Indonesia mengawali perjalanan pada Piala Sudirman 2017 di Gold Coast, Australia, dengan mencatat hasil minor. Tim Merah-Putih takluk 1-4 dari India pada laga penyisihan Grup 1D, Selasa (23/5/2017).

Dari lima nomor yang dipertandingan di Carrara Indoor Stadium, Indonesia hanya mampu meraih satu kemenangan lewat ganda putra nomor satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sementara itu, empat wakil pada nomor lainnya menelan kekalahan dari lawan masing-masing.

Manajer tim Indonesia, Susy Susanti, menilai ada tiga alasan kenapa tim Merah Putih bisa tunduk dari India. Selain faktor performa pemain, kesiapan tim India juga menjadi penyebab.

Ada beberapa fakta menarik tercipta setelah Indonesia kalah telak dari India. Apa saja fakta menarik itu?

Berikut ini lima fakta menarik yang tercipta setelah Indonesia kalah 1-4 dari India pada penyisihan Grup 1D Piala Sudirman 2017:

2 dari 6 halaman

Tontowi Ahmad

1. Tontowi Ahmad menelan kekalahan pertama dari ganda campuran India sepanjang kariernya. Sebelumnya, Tontowi selalu menang saat menghadapi ganda campuran India.

Rekor pertemuan Tontowi Ahmad dengan ganda campuran India:

- Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Vs Arun Vishnu/Aparna Balan (1-0)
Vs Tarun Kona/Ashwini Ponnappa (2-0)
Vs Abhinav Prakash/Kristi Das (1-0)
Vs Valiyaveetil Diju/Jwala Gutta (2-0)

- Tontowi Ahmad/Gloria Emanuelle Widjaja

Vs Manu Attri/Jwala Gutta (1-0)
Vs Reddy B. Sumeeth/Ashwini Ponnappa (1-0)
Vs Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa (0-1)

3 dari 6 halaman

Jonatan Christie

2. Kidambi Srikanth sudah mengalahkan tiga tunggal putra terbaik pelatnas PBSI pada 2017. Sebelum menaklukkan Jonatan Christie pada Piala Sudirman 2017, Srikanth juga membungkam Ihsan Maulana Mustofa dan Anthony Sinisuka Ginting pada Singapura Terbuka Super Series.

Rekor pertemuan Kidambi Srikanth lawan tiga tunggal putra terbaik pelatnas PBSI:

Vs Jonatan Christie (2-1)
Vs Ihsan Maulana Mustofa (1-1)
Vs Anthony Sinisuka Ginting (2-1)

4 dari 6 halaman

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

3. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideo akhirnya meraih kemenangan pertama pada kejuaraan bulutangkis beregu. Sebelumnya, Kevin/Marcus kalah dari pasangan Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Bodin Issara, pada laga penyisihan Grup B Piala Thomas 2016 dengan skor 14-21, 21-11, 17-21.

5 dari 6 halaman

Indonesia

4. India menjadi negara keempat yang mengalahkan Indonesia sepanjang sejarah Piala Sudirman. Sebelumnya, Indonesia hanya pernah menelan kekalahan dari tiga negara, yaitu China (12 kali), Korea Selatan (4), dan Denmark (4).

6 dari 6 halaman

India

5. Kemenangan atas Indonesia memastikan India merebut satu tiket ke perempat final Piala Sudirman 2017. Ini merupakan kedua kalinya India lolos ke perempat final Piala Sudirman setelah edisi 2011.

Video Populer

Foto Populer