Cerita Nova Arianto Jadi Pelatih Timnas Indonesia U-16: Berawal dari Piala Asia 2023, Ada Peran Shin Tae-yong

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 19 Feb 2024, 19:45 WIB
Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto (kanan), melempar bola saat pemanasan jelang melawan Chinese Taipei U-23 dalam pertandingan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023). (Bola.com/Arief Bagus)

Bola.com, Jakarta - Nova Arianto menceritakan penunjukkannya sebagai pelatih Timnas Indonesia U-16 oleh PSSI. Semua berasal dari Piala Asia 2023 Qatar.

Ketika di Piala Asia 2023, Nova menjadi asisten pelatih timnas senior yang dipimpin oleh Shin Tae-yong.

Advertisement

Nova mengatakan bahwa di Qatar, Ketua PSSI, Erick Thohir, mendiskusikan calon pelatih Timnas Indonesia U-16 bersama Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, dan manajer timnas senior, Endri Erawan.

Selain itu, lanjut Nova, Erick Thohir juga berkonsultasi dengan Shin Tae-yong yang memberikan restu kepadanya untuk menangani Timnas Indonesia U-16.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Penjelasan Nova Arianto

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto (dok: PSSI)

"Proses awalnya di Qatar. Waktu itu di sana ada Pak Ketua PSSI, Pak Endri, dan Pak Sumardji. Kami berkomunikasi di sana," ujar Nova setelah memimpin latihan Timnas Indonesia U-16 di Lapangan A Kompleks GBK, Jakarta, Senin (19/2/2024) sore WIB.

"Situasinya, Timnas Indonesia U-16 tidak ada pelatih. Akhirnya, saya ditanya mengenai kesiapan untuk memegang Timnas Indonesia U-16."

"Setelah Pak Ketua PSSI berkomunikasi dengan coach Shin Tae-yong, coach Shin menyampaikan ke saya bahwa saya diberikan kesempatan melatih Timnas Indonesia U-16," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Panggil 32 Pemain

Untuk sementara, Nova bakal triple job. Selain memoles Timnas Indonesia U-16, pria yang dijuluki Suster Ngesot itu juga masih menjadi asisten pelatih timnas senior dan timnas U-23.

Tugas pertama Nova sebagai nakhoda Timnas Indonesia U-16 adalah menggelar pemusatan latihan di Jakarta pada 19-21 Februari 2024 sebagai persiapan untuk Piala Asia U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Nova memanggil 32 pemain. Arsitek berusia 45 tahun itu bakal melakukan seleksi ketat untuk dipilih ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 pada tahap selanjutnya.

Berita Terkait