Sukses


Prediksi PSM vs Persikabo 1973 Di BRI Liga 1: Momentum Kembali ke Jalur Kemenangan

Bola.com, Jakarta - Pertarungan sengit akan tersaji antara PSM Makassar dan Persikabo 1973 dalam lanjutan pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (26/10/2021). Duel nanti bakal menjadi momentum bagi kedua tim untuk kembali ke jalur kemenangan.

Baik PSM Makassar dan Persikabo 1073 sama-sama mengalami kekalahan pada pekan ke delapan BRI Liga 1. Skuad Juku Eja takluk ditangan Borneo FC dengan skor 1-2. Sedang Laskar Padjajaran dipermalukan Persita Tangerang dengan skor sama.

Secara statistik, PSM memiliki modal lebih baik dari Persikabo yang dulunya bernama PS Tira. Dalam empat pertemuan, PSM menang tiga kali dan hanya sekali ditahan imbang. Tapi, data ini tak bisa dijadikan acuan mutlak. Apalagi, fakta musim ini, tim asuhan Milomir Seslija dua kali kalah saat diunggulkan ketika ditantang Barito Putera.

Milo, sapaan akrabnya, memahami kendala psikologis timnya. Itulah mengapa Milo meminta Wiljan Pluim dan kolega kembali bermain sesuai karakter khas Juku Eja yakni cepat, keras, dan ofensif.

"Tim telah melakukan evaluasi dan pembenahan. Saya yakin, kalau tampil dengan kemampuan terbaik, PSM bisa mengalahkan Persikabo," ujar Milo.

2 dari 5 halaman

Maksimalkan Recovery

Faktor recovery yang terbilang singkat juga menjadi perhatian Milo. Ia pun masih menunggu perkembangan terkini bek sayap kiri, Abdul Rachman yang masih menjalani perawatan intesif karena cedera saat PSM Makassar ditekuk Borneo FC.

Kebugaran lini belakang Juku Eja yang rata-rata berusia kepala tiga wajib dikembalikan karena Persikabo dikenal sebagai tim yang selalu bermain terbuka dan ofensif.

Begitu pun di lini tengah. Peran gelandang jangkar asal Kirgistan Bektur Talgat Uulu harus dioptimalkan untuk mendukung pergerakan Wiljan Pluim yang dipastikan kembali jadi incaran pemain lawan untuk dimatikan.

Saat ditekuk Borneo FC, Bektur hanya duduk manis di bangku cadangan. Sedang para gelandang lokal, M. Arfan, Sutanto Tan, Rasyid Bakri dan Fajar Handika bakal bersaing untuk mendapatkan menit bermain dari Milo.

Sorotan khusus juga ditujukan kepada Anco Jansen, striker asal Belanda yang menjadi kartu mati di pekan ke delapan. Menurut Andi Coklat, eks jenderal lapangan The Maczman, sebaiknya Jansen lebih sering berada di area 16 Persikabo menunggu umpan dari tengah dan kedua sayap yang memang selama ini jadi kekuatan PSM.

"Jansen juga harus aktif berduel dengan bek lawan ketika mereka memulai serangan dari bawah," tutur Andi Coklat.

3 dari 5 halaman

Bertekad Bangkit

Seperti PSM, Persikabo juga terkendala faktor recovery. Seperti diungkap pelatih Igor Kriushenko yang dikenal gemar menerapkan strategi ofensif di setiap laga timnya.

"Recovery pemain yang baik sangat dibutuhkan untuk menunjang permainan tim. Kami juga sudah melupakan kekalahan dari Persita," tegas pelatih asal Belarusia itu.

Igor Kriushenko wajib menjaga penampilan dan mental para pemainnnya kalau tak ingin timnya kesulitan menghadapi PSM. Karena, sejatinya, secara tim, penampilan Persikabo terbilang baik sebelum ditaklukkan Persita.

Pada lima laga sebelum partai itu, Persikabo meraih dua kemenangan dan tiga kali imbang. Hasil yang membuat mereka stabil berada di papan tengah.

Secara teknis, Persikabo berpotensi lebih dominan pada laga nanti. Apalaga kalau gelandang serang andalannya, Ciro Alves berada dalam kondisi terbaiknya.

Begitu pun gelandang asing lainnya, Sergey Pushnyankov. Dilain pihak, peran Manahati Lestusen sebagai gelandang jangkar sangat dibutuhkan untuk mematikan pergerakan Wiljan Pljuim. 

4 dari 5 halaman

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (Kiper);Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, Serif Hasic, Abdul Rahman (belakang); Bektur Talgat Uulu, Sutanto Tan, Wiljan Pluim (tengah); Yakob Sayuri, Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn (depan)

Pelatih: Milomir Seslija

Persikabo 1973 (4-2-3-1): Syahrul Fadil; Gilang Ginarsa, Veniamin Shumeyko, Andy Setyo, Ronny Beroperay; Manahati Lestusen, Roni Sugeng; Ciro Alves, Sergey Pushnyankov, Firza Andika; Dimas Drajad

Pelatih: Igor Kriushenko

Prediksi Bola.com: 55-45

Live Vidio

Selasa, 26 Oktober 2021

Pukul: 15.15 WIB

5 dari 5 halaman

Persaingan PSM dan Persikabo di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer