Sukses


Enggak Mau Kalah dari Timnas Indonesia, Malaysia Siapkan 7 Pemain Naturalisasi untuk Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - Program naturalisasi kini sudah tak lagi dianggap tabu, termasuk oleh sepak bola Malaysia. Belakangan, FA Malaysia memang gencar melakukan program peralihan kewarganegaraan itu.

Hal itu terlihat pada skuad sementara Timnas Malaysia yang disiapkan untuk berlaga di Piala AFF 2022. Dari 31 nama yang disiapkan ada tujuh pemain naturaliasi.

Ada pemain yang bernama Sergio Aguero. Kemudian ada Darren Lock, Dion Cools, Stuart Wilkin, Brendan Gan, Lee Tuck, Quentin Cheng, dan Declan Lambert.

Mayoritas memiliki garis keturunan Malaysia. Meski Aguero diketahui sama sekali tidak memiliki garus keturunan Negeri Jiran.

2 dari 5 halaman

Tak Spesial

Sergio Aguero lahir dan besar di Argentina. Ia baru pindah ke Malaysia pada 2016 dengan memperkuat Melaka.

Sejak saat itu, Aguero kerap gonta-ganti klub. Serawak United, Penang, KL Rovers, Pahang, dan Perak pernah diperkuat gelandang serang satu ini.

Di musim ini, ia memperkuat Pahang. Namun, penampilan Aguero tak bisa dikatakan spesial.

Ia baru mencatatkan dua penampilan di sepanjang musim bersama Pahang. Dua penampilan itu terjadi di Piala FA Malaysia.

3 dari 5 halaman

Cools Jadi Tumpuan

Dion Cools merupakan pemain naturalisasi di skuad Timnas Malaysia dengan profil menarik. Cools lahir di Kuching, Malaysia 26 tahun yang lalu.

Namun, sejak usia muda ia pindah ke Belgia yang merupakan negara salah satu orang tuanya. Cools pun lama menimba ilmu di beberapa akademi pemain muda di sana.

Selain itu, pemain yang berposisi sebagai bek kanan atau bek tenagah ini pun pernah bermain untuk OH Leuven dan Club Brugge. Klub besar Denmark, Copenhagen pun pernah ia perkuat.

Sejak musim panas 2022, Cools pindah ke Republik Ceko. Ia menjadi bagian dari Jablonec sejak saat itu.

4 dari 5 halaman

Lokal Tetap Patut Diwaspadi

Meski punya tujuh pemain naturalisasi, para pemain lokal di skuad Timnas Malaysia juga tak bisa disepelekan. Mereka tetap memiliki kemampuan untuk merepotkan.

Bintang Johor Darul Ta'zim, Safawi Rashid jelas menjadi perhatian utama. Winger satu ini terus berkembang menjadi pemain yang berbayaa.

Winger kanan, Kogileswaran pun punya potensi menarik. Ada pula winger muda Aliff Haiqal yang tampil apik di usia muda.

 

5 dari 5 halaman

Pembagian Grup Piala AFF 2022

Grup A

  • Thailand
  • Filipina
  • Indonesia
  • Kamboja
  • Brunei Darussalam

Grup B

  • Vietnam
  • Malaysia
  • Singapura
  • MyanmarLaos

  

Video Populer

Foto Populer