Sukses


Daftar Sarana Prasarana dalam Permainan Sepak Bola

Bola.com, Jakarta - Sepak bola merupakan jenis olahraga tim paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Jenis permainan bola besar tersebut digemari banyak orang dari berbagai kalangan dan tingkatan usia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sepak bola adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2x45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Adapun tujuan permainan sepak bola ialah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyaknya-banyak dan mencegah gawang sendiri dari kebobolan.

Dalam bermain sepak bola tidak hanya mengutamakan fisik yang kuat dan cepat saja. Kemampuan dan strategi juga menjadi bagian penting dalam olahraga ini.

Di sisi lain, ada sejumlah alat dan fasilitas pendukung yang diperlukan saat akan bermain olahraga ini, terutama untuk level profesional. Bagi yang akan bermain sepak bola, tentu perlu mengetahui sarana dan prasarana tersebut.

Berikut ini daftar sarana dan prasarana dalam permainan sepak bola yang perlu diketahui, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (12/5/2022).

2 dari 5 halaman

Sarana Prasarana dalam Permainan Sepak Bola

Bola

Bola adalah komponen utama dalam permainan sepak bola. Berikut ini spesifikasi dari bola dalam permainan sepak bola:

  • Berbentuk bundar atau bulat.
  • Terbuat dari kulit atau bahan lain yang sesuai.
  • Lingkaran tidak lebih dari 70 cm (28 inci) dan tidak kurang dari 68 cm (27 inci).
  • Berat tidak lebih dari 450 gr dan tidak kurang dari 410 gr pada saat dimulainya pertandingan.
  • Tekanan udara dengan 0.6 sampai 1,1 atm (600-1100 gr/cm2) pada permukaan laut (8,5 lbs/sq inci sampai 15,6 lbs/sq inci).

Lapangan

Pertandingan dapat dilakukan di lapangan yang permukaannya dilapisi dengan rumput asli atau buatan/artificial.

Ukuran dan Bentuk Lapangan

Lapangan permainan sepak bola harus berbentuk 4 persegi panjang, dan garis samping atau touch line (harus lebih panjang dari garis gawang goal line).

Adapun ukuran lapangannya, panjang minimal 90 m (100 yard), maksimal 120 m (130 yard) dan lebar minimal 45 m (50 yard), maksimal 90 m (100 yard).

Standar ukuran sepak bola internasional meliputi panjang minimal 100 m (110 yard) maksimal 110 m (120 yard), sementara lebar minimal 64 m (70 yard) maksimal 75 m (80 yard).

3 dari 5 halaman

Sarana Prasarana dalam Permainan Sepak Bola

Marka lapangan

Lapangan permainan sepak bola ditandai dengan garis. Garis-garis ini termasuk yang ada dalam daerah permainan.

Adapun dua garis batas yang panjang disebut garis samping, dan dua garis yang pendek disebut garis gawang. Lebar garis-garis ini tidak lebih dari 12 cm (5 inci).

Lapangan permainan dibagi dalam dua bagian oleh sebuah garis tengah. Titik tengah terdapat pada pertengahan garis tengah dan dikelilingi oleh sebuah lingkaran dengan radios 9,15 m (10 yard).

Daerah gawang

Daerah gawang terdapat pada masing-masing ujung lapangan. Dengan ketentuan dua buah garis tegak lurus dengan garis gawang, yang dibuat pada sisi kiri kanan gawang dengan jarak, 5,5 m (6 yard) diukur dari bagian sebelah dalam tiang gawang.

Kedua garis ini ditarik ke dalam lapangan permainan dengan panjang 5,5 m (6 yard) dan dihubungkan dengan garis yang sejajar dengan garis gawang.

Daerah yang dibatasi oleh garis-garis tersebut dan garis gawang adalah daerah gawang.

Daerah penalti

Dua buah garis tegak lurus dengan garis gawang dibuat sisi kiri dan kanan gawang dengan jarak 16,5 (18 yard) diukur dari dan kanan gawang.

Kedua garis ini ditarik ke dalam lapangan permainan dengan panjang 16,5 m (18 yard) dan dihubungkan dengan garis yang sejajar dengan garis gawang.

Daerah yang dibatasi oleh garis-garis ini dan garis gawang adalah daerah penalti. Pada setiap daerah penalti dibuat sebuah titik penalti yang berjarak 11 cm (12 yard) dari titik tengah antara kedua tiang gawang dan sama jaraknya dengan tiang gawang tersebut.

Kemudian di luar daerah penalti dibuat suatu garis busur atau setengah lingkaran.

4 dari 5 halaman

Sarana Prasarana dalam Permainan Sepak Bola

Tiang Bendera

Tinggi tiang bendera tidak kurang dari 1,5 m (5 kaki) yang bagian atasnya tumpul dan dengan bendera terpasang. Tiang bendera tersebut ditempatkan pada setiap sudut lapangan.

Tiang bendera boleh juga ditempatkan di ujung garis tengah, tidak kurang dari 1 m di luar garis samping.

Busur tendangan sudut untuk tendangan sudut, dibuat seperempat lingkaran dengan radius 1m (1 yard) ke dalam lapangan permainan.

Gawang

Gawang harus ditempatkan pada bagian tengah. Gawang terdiri dari dua tiang tegak lurus yang sama jaraknya dari tiang bendera sudut dan dihubungkan secara horizontal oleh sebuah mistar atau palang gawang.

Lebar gawang adalah 7,32 m (8 yard) dan jarak dari bagian paling bawah mistar atau palanga gawang ke tanah adalah 2,44 m (8 kaki).

Lebar kedua tiang gawang dan lebar mistar atau palanggawang sama tidak lebih dari 12 cm atau 6 inci.

Lebar garis gawang sama dengan lebar tiang gawang dan mistar atau palang gawang. Jaring gawang diikatkan ke tiang gawang, mistar atau palang gawang dan tanah di bagian belakang gawang.

5 dari 5 halaman

Sarana Prasarana dalam Permainan Sepak Bola

Papan skor

Papan skor digunakan sebagai papan untuk memantau skor sementara pada saat pertandingan sepak bola berjalan.

Kostum

Kostum dalam permaian sepak bola meliputi:

  • Baju kaos atau kemeja olahraga.
  • Celana pendek 
  • Kaos kaki.
  • Sepatu sepak bola
  • Pelindung tulang kering
  • Sarung tangan untuk penjaga gawang

 

Sumber: Kemdikbud

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer