Sukses


Pengertian Prolog beserta Jenis dan Cara Membuatnya

Bola.com, Jakarta - Prolog adalah pengantar suatu naskah bisa berupa dialog atau kilas balik dari suatu peristiwa yang ada dalam cerita.

Prolog bersifat tidak wajib, tapi dengan adanya prolog, akan membuat penonton, pembaca, atau pendengar tertarik dan penasaran dengan isi cerita tersebut.

Secara umum, isi prolog dalam sebuah naskah menjelaskan mengenai tokoh atau pemeran di dalam cerita. Selain itu, ada beberapa prolog yang langsung menggambarkan konflik cerita, tentu saja hal ini untuk menarik perhatian pembaca supaya penasaran dengan jalan cerita tersebut.

Secara estimologis, prolog diambil dari bahasa Yunani, yaitu Prologos yang berarti kata pengantar atau memperkenalkan isi suatu karya sastra.

Sederhananya, prolog adalah sebuah istilah yang digunakan dalam karya sastra yang berfungsi sebagai kalimat atau peragaan pembuka.

Prolog merupakan bagian yang sengaja ditampilkan di awal cerita untuk pengantar dari keseluruhan sebuah cerita. Biasanya, prolog dalam dunia sastra banyak digunakan dalam novel, drama, film, dan lainnya.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang prolog, disadur dari Merdeka, Jumat (2/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Prolog

Berdasarkan penyajiannya, prolog dalam sebuah naskah dibagi menjadi beberapa jenis. Umumnya, jenis prolog tersebut disesuaikan dengan penyajian lakon, sarana, dan keberadaan naskah.

Berikut ini beberapa jenis prolog berdasarkan penyajian sebuah lakon:

Tragedi

Tragedi merupakan satu di antara jenis drama yang berisi cerita penuh kesedihan. Sepanjang jalannya cerita, kita akan menyaksikan tokoh atau pelaku utama akan mengalami kegagalan yang biasanya berujung dengan duka atau kematian.

Jadi, jenis drama ini akan membuat penonton seolah-olah ikut merasakan kesedihan yang dialami tokoh utama.

Komedi

Komedi merupakan jenis drama yang menggambarkan suasana suka cita yang biasanya berisi lelucon. Jenis drama ini menjadi satu di antara yang cukup digemari semua kalangan karena akan menimbulkan tawa penonton.

Meski demikian, drama komedi tidak sama seperti acara lawak, sehingga masih sesuai dengan kaidah atau unsur drama.

Melodrama

Melodrama merupakan jenis drama yang dialognya diucapkan dengan iringan melodi atau musik. Jenis drama ini berasal dari drama opera yang kemudian dikembangkan menjadi aliran tersendiri dengan iringan peralatan musik.

Tak jarang saat pementasan para tokoh ikut bernyanyi dengan diiringi musik.

Opera

Opera adalah drama yang dialognya diiringi dengan musik. Adapun lagu yang dinyanyikan pemain satu biasanya berbeda dengan pemain lain.

Bentuk dari drama ini lebih mementingkan musik dan nyanyian, sementara para tokoh yang terlibat hanya sebagai sarana untuk menggambarkan suasana dalam cerita.

3 dari 4 halaman

Fungsi Prolog

Prolog dalam sebuah karya sastra memiliki peranan cukup penting. Adanya prolog, sebuah cerita bisa menjadi semakin menarik karena membuat penasaran bagi pembaca atau penonton.

Secara umum, beberapa fungsi prolog dalam sebuah karya sastra ialah seperti berikut:

• Menarik perhatian pembaca serta membuat mereka semakin penasaran dengan isi cerita.

• Sebagai kata pembuka atau pendahuluan suatu karya sastra.

• Memperkenalkan para tokoh, pemeran, konflik, dan sinopsis lakon suatu cerita.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Prolog

1. Cari bagian dari konflik yang paling menarik agar pembaca semakin penasaran.

2. Buatlah prolog dengan singkat dan sederhana agar pembaca mudah memahami cerita tersebut.

3. Sesuaikan prolog berdasarkan jenis naskah atau drama.

4. Sebaiknya, prolog tidak terikat sama sekali dengan chapter satu dalam cerita.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 23/9/2020)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer