Sukses


4 Skenario yang Akan Menentukan Hasil Akhir La Liga Spanyol 2019-2020

Jakarta La Liga Spanyol dan kompetisi sepak bola di Negeri Matador itu untuk sementara harus ditunda. Hal tersebut sebagai konsekuensi dari pandemi COVID-19.

Dengan penundaan itu, ada kemungkinan tidak ada lagi pertandingan La Liga Spanyol yang bisa dimainkan pada sisa musim 2019-2020. Lantas, bagaimana cara untuk menentukan tim yang akan tampil sebagai juara dan turun serta promosi.

Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales sudah mengonfirmasi ada empat skenario. Dua di antara skenario itu bakal menempatkan Barcelona sebagai juara Liga Spanyol dan Cadiz juara Divisi II.

Keputusan akhir akan dibuat pada 25 Maret 2020 oleh komisi yang dibentuk anggota RFEF dan Liga Spanyol. Jika kedua belah pihak tidak bisa mencapai kesepakatan, Rubiales akan membuat keputusan akhir.

Berikut empat skenario yang akan menentukan hasil La Liga Spanyol musim 2019-2020 seperti dikutip dari AS.

 

 

2 dari 6 halaman

Skenario Pertama: Mainkan Semua Laga Sisa

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah menunda pertandingan Liga Spanyol hingga dua pekan ke depan. Akibatnya, jornada ke-28 dan 29 urung dimainkan. Namun, batas waktu penundaan bisa diperpanjang jika diperlukan.

Masalah utama dari penundaan ini adalah menyelesaikan 38 pertandingan sesuai tahun kalender. Tidak akan ada tanggal yang tersedia untuk memainkannya.

Keputusan UEFA tentang kelanjutan Liga Champions, Liga Europa, dan Piala Eropa 2020, yang akan dimulai pada 12 Juni, bakal menentukan apakah kompetisi domestik dan Eropa dapat diselesaikan.

Hanya ada dua tanggal kosong dalam kalender untuk pertandingan yang ditunda, yakni 18 April dan 20 Mei. Jika kalender Liga Champions ditangguhkan atau dimodifikasi (semua pertandingan dimainkan lebih dari satu pertandingan, bukan dua pertandingan) akan membebaskan lebih banyak tanggal.

Kemungkinan lain adalah memundurkan Piala Eropa ke 2021. Dengan begitu, akan membebaskan seluruh tanggal di Juni sehingga pertandingan yang ditunda dapat dimainkan.

 

3 dari 6 halaman

Skenario Kedua: Menyatakan Musim Batal dan Tidak Berlaku

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dan Liga Spanyol dapat menyatakan musim ini batal serta tidak berlaku. Hal itu dapat dilakukan jika situasinya semakin memburuk dan penangguhan pertandingan diperpanjang hingga tak mungkin menjadwal ulang.

Dengan demikian, tidak akan ada juara di kompetisi domestik manapun. Selain itu, juga tidak ada tim yang dipromosikan atau didegradasi.

Semua tim akan memulai musim berikutnya dalam kategori yang sama dengan musim ini.

4 dari 6 halaman

Skenario ketiga: Mengakhiri Musim Sekarang

Sejauh ini, 17 pertandingan telah dimain di Liga Spanyol. Menyusul mewabahnya viru Corona, salah satu kemungkinan adalah memutuskan musim ini selesai sekarang.

Keputusan itu akan membuat Barcelona sebagai juara Liga Spanyol. Selain itu, Barcelona, Real Madrid, Sevilla, dan Real Sociedad akan menjadi wakil Spanyol di Liga Champions musim depan.

Sementara Getafe dan Atletico Madrid akan lolos ke Liga Europa. Sedangkan Real Mallorca, Leganes, dan Espanyol akan turun ke Divisi II. Cadiz dan Zaragoza secara otomatis akan mendapatkan promosi.

Ini bukan opsi yang tepat. Sebab, tidak semua klub sudah saling berhadapan dalam jumlah yang sama dan itu akan bertentangan dengan esensi dari kompetisi.

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah menyatakan kemurnian Liga Spanyol harus dipertahankan. Itulah sebabnya mereka tidak bisa memainkan pertandingan tertentu di luar negeri.

 

5 dari 6 halaman

Skenario Keempat: Memutuskan Juara Lewat Hasil Putaran Pertama

Cara lain untuk memutuskan Liga Spanyol adalah melihat hasil pertandingan pada putaran pertama. Sebab, semua tim telah saling berhadapan.

Dengan demikian, dapat menentukan siapa yang tampil sebagai juara dan tiga tim yang terdegradasi. Dengan skenario itu, Barcelona akan menjadi juara Liga Spanyol - mengalahkan Real Madrid dengan selisih gol karena keduanya mengantongi 40 poin.

Atletico Madrid dan Sevilla akan lolos ke Liga Eropa. Real Mallorca, Leganes, dan Espanyol akan turun divisi.

Opsi ini dapat menggunakan solusi yang digunakan di Serie A - play-off untuk menentukan gelar liga dan siapa yang terdegradasi. Dengan catatan, ada waktu untuk memainkan pertandingan-pertandingan itu.

 

Sumber asli: AS

Disadur dari: Liputan6.com (Bogi Triyadi/Edu Krisnadefa, Published 13/3/2020)

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini

10 Klub La Liga Terkaya Saat Ini, Real Madrid Masih Teratas

Video Populer

Foto Populer