Sukses


Sempat Unggul, Timnas Futsal Indonesia Kalah Tipis dari Malaysia

Bola.com, Bangkok - Timnas Futsal Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia di pertandingan pertama Grup B Piala AFF Futsal 2016 yang digelar di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand, Senin (23/1/2017). Bambang Bayu Saptaji dkk. sempat unggul 5-3 di babak pertama sebelum akhirnya menyerah 5-6 di akhir pertandingan.

Pelatih Andri Irawan menurunkan Nazil Purnama, Sunny Rizky, Bambang Bayu Saptaji, Randy Satria, Syahidansyah Lubis, dalam line-up di pertandingan ini. Tiga menit pertama pertandingan, tempo permainan Timnas Futsal Indonesia tergolong lambat dan beberapa kali ditekan Malaysia.

Tiga menit pertandingan, Andri Irawan memasukkan tim kedua, yaitu Andri Kustiawan, Reza Yamani, Septyan Dwi Chandra, dan Ardy Dwi Suwardy. Perubahan tim ini terbukti sukses. Permainan satu dua antara Andri Kustiawan dan Ardy Dwi Suwardy berbuah gol pertama bagi Timnas Futsal Indonesia pada menit keempat yang dicetak Andri Kustiawan.

Kesalahan melakukan ball keeping dilakukan Septyan Dwi Chandra membuat Malaysia mendapatkan bola dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit keenam melalui gol yang dicetak Abu Haniffa. Andri Irawan pun memasukkan tim ketiga yang terdiri dari Ardiansyah Runtuboy, Jailani Ladjanibi, Iqbal Iskandar, dan Alfajri Zikri.

Gawang Timnas Futsal Indonesia hampir saja kebobolan untuk kedua kalinya pada menit kesembilan karena salah koordinasi antara Jailani Ladjanibi dan Nazil Purnama. Namun, Nazil berhasil menghalau dua tembakan pemain Malaysia dan menghindarkan tim dari kebobolan.

Coach Andri "Pescu" Irawan memasukkan tim pertama kembali. Hasilnya cukup memuaskan. Permainan cantik Bambang Bayu Saptaji dan Randy Satria berbuah gol pada menit ke-10. Randy Satria mendapatkan bola umpan dari Bayu saptaji di depan gawang dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang Malaysia. Indonesia unggul 2-1 dalam setengah babak.

Timnas Futsal Indonesia berhasil unggul 3-1 pada menit ke-11 melalui gol yang dicetak Syahidansyah Lubis. Pemain Vamos Mataram itu memanfaatkan bola liar dampak tembakan Bambang Bayu Saptaji yang gagal dihalau dengan baik oleh kiper Malaysia.

Malaysia berhasil mencetak dua gol dalam waktu kurang dari satu menit dan membuat kedudukan menjadi imbang kembali 3-3 pada menit ke-14. Namun, Ardy Dwi Suwardy langsung membuat Indonesia kembali unggul 4-3 melalui sebuah tembakan chip ball yang membuat kiper Malaysia terkecoh.

Ardy Dwi Suwardy kembali menambah keunggulan Indonesia pada menit ke-19. Ardy yang berdiri bebas di depan gawang tidak membuang peluang setelah mendapatkan bola umpan dari Ardiansyah Runtuboy yang mengecoh dua pemain Timnas Malaysia. Babak pertama ditutup dengan kedudukan 5-3 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Babak kedua pelatih Andri Irawan menurunkan Nazil Purnama, Ardiansyah Runtuboy, Jaelani Ladjanibi, Ardy Dwi Suwardy, dan Andri Kustiawan. Namun, hingga empat menit babak kedua tak ada satu gol pun tercipta. Coach Pescu lantas memasukkan Bambang Bayu Saptaji, Syahidansyah Lubis, Randy Satria, Sunny Rizky.

Namun, Malaysia justru berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 4-5 pada menit ke-26 melalui permainan satu dua yang diselesaikan dengan baik oleh Ridzwan Bin Bakri. Malaysia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 5-5 setelah Nazil Purnama gagal menahan dengan baik tembakan Akmarulnizam pada menit ke-27.

Kesalahan harus dibayar mahal oleh Timnas Indonesia. Tidak siapnya Ardy Dwi Suwardy mengamankan bola yang diberikan oleh Nazil Purnama membuat gawang Timnas Futsal Indonesia harus kembali bobol. Indonesia kini berbalik tertinggal 5-6 dari Malaysia berkat gol yang diciptakan oleh Mohd. Rizwan pada menit ke-29.

Tidak ada tambahan gol lagi dalam 11 menit terakhir pertandingan. Timnas Futsal Indonesia pun harus mengakui keunggulan Malaysia dan kehilangan poin di pertandingan perdana Piala AFF Futsal 2016. Dalam pertandingan berikutnya, Timnas Futsal Indonesia akan menghadapi Myanmar di tempat yang sama, Selasa (24/1/2017).

Hasil Pertandingan:

Malaysia 6-5 Indonesia

Pencetak gol:

Malaysia: Abu Haniffa 7', Azwan 14', Azri 14', Ridzwan Bin Bakri 25', Akmarulnizam 27', Mohd. Rizwan 29'

Indonesia: Andri Kustiawan 4', Randy Satria 10', Syahidansyah Lubis 11', Ardy Dwi Suwardy 14', 19'

Pertandingan selanjutnya yang dijalani Timnas Futsal Indonesia:

Selasa, 24 Januari 2017
13.45 WIB Indonesia VS Myanmar

Rabu, 25 Januari 2017
16.15 WIB Indonesia VS Laos

 

Video Populer

Foto Populer