Sukses


Raja Isa Mulai Bawa Pemain Junior ke Malaysia

Bola.com, Malang - Nama Joko Purwoko Football Foundation (JPFF) mulai mencuat di Malang. Manajemen sepak bola yang mengelola Persekam Metro FC untuk tahun ini, mulai bergerak mencari pemain muda. Tujuannya guna memberikan pengalaman berkompetisi di luar negeri.

JPFF berencana terjun di Gothia Cup di China pada Mei 2017. Namun sebelum itu, JPFF menjalani trial lebih dulu di Malaysia selama lima hari.

"Kami akan seleksi pemain U-16 dulu di Malang pekan depan di Malang dan Bandung. Yang terpilih akan dibawa mengikuti Pre Gothia Cup di Kompleks Jeonsa Training Center, Kuala Lumpur, pada 21-24 Maret," kata Raja Isa, Direktur Tehnik, JPFF.

Dalam ajang ini, mereka tidak menggunakan nama Metro FC karena pemain yang diseleksi tidak hanya berasal dari Malang. "Lokasi seleksinya memang di Bandung dan Malang. Tapi, mereka bisa datang dari daerah mana saja," jelas Yoyon Suryono, marketing even JPFF.

Untuk pemain seleksi, mereka akan membatasi 250 pemain yang ikut seleksi masing-masing di dua kota dan mereka hanya mengambil 16 pemain saja yang diberangkatkan.

Hal semacam ini jarang dilakukan oleh tim di Malang. Biasanya, ada akademi miliki Aji Santoso ASIFA atau Banteng Muda Malang yang mengikuti ajang Gothia Cup. Tetapi, mereka tidak pernah melakukan trial ke luar negeri sebelum terjun di even itu.

"Kami trial lebih dulu demi tampil bagus di Gothia Cup karena ini keikutsertaan kami yang pertama," imbuh Raja Isa.

Keberangkatan tim U-16 JPFF ke Malaysia juga merupakan peran besar dari Raja Isa lantaran dia yang memiliki hubungan baik dengan pemilik kompleks olahraga Jeonsa. "Di sana, mereka akan mengikuti mini turnamen dan bertanding melawan klub dari Hong Kong, Malaysia, dan negara lainnya," jelasnya.

Nantinya, para pemain yang terpilih juga bisa masuk tim yang akan dikelola JPFF. Lantaran saat ini mereka menangani Metro FC, tentu sasarannya, para pemain junior itu berkesempatan mengenakan seragam tim sekota Arema FC tersebut.

Setelah ajang ini, mereka menjalankan program pengiriman pemain muda ke Spanyol dan Portugal. Program itu awalnya dilakukan akhir bulan ini. "Program Spanyol dan Portugal diundur setelah Lebaran karena panitia butuh konfirmasi ulang dengan dua akademi besar di sana," sambung Raja Isa, yang juga pelatih Persekam Metro FC tersebut.

 

Video Populer

Foto Populer