Sukses


Bos Honda: Saya Tak Tahu Bagaimana MotoGP Musim Depan

Bola.com, Bogor - Vice President Honda Racing Corporation, Shuhei Nakamoto, mengaku tak akan tahu bagaimana peta persaingan pada balapan MotoGP musim depan.

Seperti diketahui, para rival Honda melakukan sejumlah perombakan dalam susunan pebalap. Ducati mendatangkan pebalap asal Spanyol, Jorge Lorenzo. Sementara Yamaha yang kehilangan Lorenzo, langsung merekrut Maverick Vinales.

Sementara Honda masih tetap mempertahankan Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Nakamoto mengatakan meski penampilan Pedrosa pada musim ini kurang memuaskan, namun pebalap berusia 31 tahun itu tetap akan dipertahankan.

Atas alasan itulah Repsol Honda belum bisa mempromosikan Jack Miller, pebalap muda yang penuh bakat. Nakamoto tak tahu kapan pebalap asal Australia tersebut bisa menggantikan Pedrosa.

Lalu apa komentar Nakamoto soal tak adanya pebalap Jepang di MotoGP musim ini dan kelayakan Sirkuit Sentul menggelar balapan paling bergengsi di dunia tersebut?

Berikut ini wawancara Vice President Honda Racing Corporation, Shuhei Nakamotor, bersama beberapa wartawan, termasuk Bola.com:

Musim ini, Honda mampu mengembangkan motornya lebih baik lagi sepanjang musim. Apa faktor kunci hal tersebut?

Kesuksesan kami tahun ini karena kami mampu mengembangkan perangkat elektronika. Para teknisi kami bekerja sangat keras untuk masalah ini. Itu kenapa motor kami mampu menjadi lebih baik.

Dani Pedrosa kembali mengalami musim yang kurang memuaskan. Bagaimana nasibnya dengan Repsol Honda?

Pedrosa masih memiliki kontrak dengan kami. Jadi dia tetap kami pertahankan.

Lalu bagaimana peluang Jack Miller untuk bisa membela Repsol Honda?

Untuk sekarang ini, dia tak akan membela Repsol Honda, karena kami masih memiliki Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Namun, pada masa yang akan datang kita tidak tahu, tidak ada yang tahu bagaimana ke depannya.

Musim depan Jorge Lorenzo pindah ke Ducati dan Maverick Vinales hijrah ke Suzuki. Bagaimana pendapat Anda melihat persaingan di musim depan?

Saya tak tahu. Tapi kami akan melakukan yang terbaik. Marc Marquez dan Dani Pedrosa akan terus bekerja untuk menjadi lebih baik.

Beberapa musim yang lalu, pebalap Asia, khususnya Jepang, masih bisa unjuk gigi pada ajang MotoGP. Sekarang, tak ada lagi pebalap Jepang yang mampu menembus MotoGP. Kenapa demikian?

Kami tak bisa menemukan pebalap Jepang yang bagus saat ini, itu alasannya. Jika ada pebalap yang menunjukkan potensinya, tentu akan kami promosikan ke MotoGP. Untuk saat ini, tidak ada pebalap Asia yang bisa ke MotoGP. Saya berharap ke depannya.

Sirkuit Sentul sebelumnya memiliki peluang untuk menggelar MotoGP. Anda menilai sirkuit ini layak untuk menyelenggarakan MotoGP?

Sirkuit ini mustahil bisa menggelar MotoGP. Sirkuit ini buruk, mustahil. Tak ada jaminan keamanan, fasilitasnya juga kurang. Trek ini terlalu kotor.

Tahun depan Anda dikabarkan bakal pensiun, benar demikian?

Ya, di Honda orang yang sudah berusia 60 tahun harus pensiun.

Video Populer

Foto Populer