3 Gol Terbaik Pekan Keenam BRI Liga 1: Sepakan yang Berbuah Gol Indah

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 05 Okt 2021, 08:45 WIB
BRI Liga 1 - Ilustrasi 3 Gol Terbaik (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022 telah rampung digelar pada 2 dan 3 Oktober 2021. Pekan yang menandakan akhir dari perjalanan 18 tim peserta di seri pertama kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu.

Dari sembilan pertandingan yang dimainkan pada laga pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022, ada 26 gol yang tercipta. Laga antara Barito Putera kontra Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya dan PSIS Semarang menjadi dua laga dengan jumlah gol terbanyak.

Advertisement

Barito Putera dan Persebaya sama-sama takluk 2-3 dari lawannya pada pekan ini. Sementara Arema FC menjadi tim yang berhasil menang telak, yaitu 3-0 atas Persela Lamongan.

Sementara itu, 10 tim harus puas berbagi poin pada pekan ini. Borneo FC bermain imbang 2-2 dengan Persita Tangerang, Bali United ditahan 1-1 oleh Persikabo 1937, Persib Bandung kembali bermain imbang dan kali ini 1-1 dengan PSM Makassar, Persipura Jayapura imbang 2-2 dengan Madura United, sementara Persik Kediri bermain tanpa gol dengan PSS Sleman.

Seperti biasa, Bola.com memilih tiga gol terbaik, kali ini dari 26 gol yang tercipta pada pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022. Gol siapa saja yang layak mendapatkan predikat terbaik.

2 dari 4 halaman

Rifky Dwi Septiawan (Persita)

Pemain Persita Tangerang, Rifky Dwi Septiawan bersama Edo Febriansyah merayakan hasil imbang 1-1 saat melawan Borneo FC dalam laga pekan ke-6 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (10/2/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain Persita Tangerang ini kembali masuk dalam daftar gol terbaik di BRI Liga 1 2021/2022. Jika sebelumnya berhasil mencetak gol indah dari jarak jauh saat Persita menjalani laga pekan ketiga menghadapi Persela Lamongan, kali ini sebuah sepakan tendangan bebas yang indah membuatnya masuk kembali ke dalam daftar.

Rifky Dwi Septiawan melepaskan sebuah tendangan bebas dari sudut sempit dalam laga kontra Borneo FC pada 2 Oktober 2021. Dalam posisi tertinggal 1-2, Rifky mengambil eksekusi tendangan bebas tersebut pada menit ke-89.

Alih-alih mengirimkan bola ke jantung pertahanan Borneo FC untuk dimaksimalkan oleh rekan-rekannya, Rifky justru mengarahkan bola langsung ke arah gawang. Kiper Borneo FC, Angga Saputra, terkejut dengan arah bola dan berusaha menghentikannya.

Namun, wasit menilai momen tersebut menjadi gol setelah Angga Saputra berhasil menghalau bola di setelah masuk ke dalam gawang Borneo FC. Persita pun terhindar dari kekalahan dan mengakhiri laga dengan skor 2-2.

3 dari 4 halaman

M. Rafli (Arema FC)

Pemain Arema FC, Muhammad Rafli mencetak gol ketiga timnya gawang Persela Lamongan dalam laga pekan ke-6 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (3/9/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Penyerang muda Arema FC ini menjadi eksekutor tendangan bebas yang didapatkan timnya pada menit ke-34 laga kontra Persela Lamongan. Dalam kondisi Arema FC sudah unggul 2-0, Rafli menambah pundi gol Singo Edan dan membuat kedudukan menjadi 3-0 pada menit ke-34.

Rafli menjadi satu-satunya pemain yang berdiri di depan bola dalam momen tersebut. Pemain muda Arema FC itu pun melepaskan bola yang melengkung dengan baik melewati dinding pertahanan Persela Lamongan dan meluncur deras ke sisi kanan gawang yang dikawal Ravi Murdianto.

Upaya mantan kiper Timnas Indonesia U-19 yang menjuarai Piala AFF U-19 2013 itu dengan melompat dan menjangkau bola gagal. Bola yang meluncur deras dan bergerak melengkung tak bisa dijangkau dengan mudah dan mengoyak jala gawang Persela untuk ketiga kalinya. Arema pun menang 3-0 dalam laga pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022.

4 dari 4 halaman

Renan Silva (Bhayangkara FC)

Putu Gede (kiri), Renan Silva (tengah), dan Ezechiel N'Douassel (kanan) merayakan gol Bhayangkara FC ke gawang Persik Kediri pada pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (29/9/2021). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan).

Sang maestro lapangan tengah Bhayangkara FC, Renan Silva, turut kembali membantu timnya meraih kemenangan atas Barito Putera dalam laga pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022.

Meski hanya mencetak satu gol, ketimbang Ezechiel N'Douassel yang dua kali menjebol gaawang Barito Putera, tapi Renan Silva menciptakan gol yang luar biasa.

Dalam kondisi Bhayangkara FC tertinggal satu gol pada akhir babak pertama, Renan Silva mencetak gol penyeimbang kedudukan pada menit ke-56. Memanfaatkan umpan panjang yang dilepaskan oleh Wahyu Subo Seto, pemain asal Brasil itu sukses mencetak gol yang indah.

Renan Silva berlari menyongsong umpan terobosan Wahyu Subo Seto yang mengarah ke dalam kotak penalti Barito Putera. Renan Silva yang tiba tepat waktu bersamaan dengan bola langsung melepaskan tembakan first time yang tidak diduga oleh kiper Barito Putera, Aditya Harlan.