Alasan Persib Tunjuk Luis Milla sebagai Pelatih Baru di BRI Liga 1: Demi Berprestasi di Nasional dan Internasional

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 19 Agu 2022, 18:45 WIB
Pelatih Indonesia, Luis Milla, saat melawan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga Asian Games di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Jumat (24/8/2018). Indonesia kalah adu penalti dari UEA. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Bandung - Persib Bandung mengungkapkan alasannya menunjuk Luis Milla sebagai pelatih baru untuk BRI Liga 1 2022/2023. Tim berjuluk Pangeran Biru itu ingin berbicara banyak di level nasional dan internasional.

Persib Bandung mengumumkan Luis Milla sebagai nakhoda anyar Marc Klok dkk. pada Jumat (19/8/2022) sore WIB melalui akun media sosial klub.

Advertisement

Namun, Persib Bandung tidak merilis durasi kontrak arsitek yang pernah menangani Timnas Indonesia pada 2017-2018 itu.

"Sebagai bentuk komitmen untuk membangun tim yang berprestasi di level nasional maupun Asia, Persib mengumumkan penunjukan Luis Milla," tulis Persib Bandung dalam situsnya.

2 dari 5 halaman

Harapan Persib

Pelatih Indonesia, Luis Milla, saat pertandingan melawan Laos pada laga Asian Games di Stadion Patriot, Jawa Barat, Jumat (17/8/2018). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Persib Bandung berharap banyak terhadap Luis Milla karena statusnya sebagai pelatih kelas dunia. Pria berusia 56 tahun itu pernah membawa Timnas Spanyol U-21 juara Euro U-21 2011.

Terakhir, Luis Milla menangani Timnas Indonesia pada 2017-2018 dan jadi pandit di kampung halamannya.

"Semoga dengan banyaknya prestasi dan pengalaman yang telah dimiliki, baik sebagai pemain maupun pelatih, Luis Milla dapat memberikan dampak positif kepada tim serta membawa Persib kembali ke jalur kemenangan," imbuh narasi Pangeran Biru.

3 dari 5 halaman

Sedang Terpuruk

Pelatih Indonesia, Luis Milla, saat melawan Korea Utara pada laga PSSI Anniversary Cup 2018 di Stadion Pakansari, Senin (30/4/2018). Skor berakhir imbang 0-0. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sebelumnya, Persib Bandung mengakhiri kerja sama dengan Robert Alberts buntut pencapaian buruk di awal musim BRI Liga 1 dan tuntutan suporternya, Bobotoh.

Setelah berpisah dengan Robert Alberts, Persib dilatih oleh Budiman Yunus sebagai caretaker. Pangeran Biru tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan nakhoda anyar.

Persib Bandung memang sedang terpuruk. Pangeran Biru baru meraih sekali kemenangan dalam empat laga. Akibatnya, David da Silva dkk. masih terjebak di peringkat ke-14 klasemen sementara.

"Luis Milla akan langsung menangani Persib setelah sempat dilatih oleh pelatih sementara Budiman," kata Persib.

4 dari 5 halaman

Pengumuman Luis Milla

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by PERSIB (@persib)

5 dari 5 halaman

Posisi Persib di Papan Bawah BRI Liga 1

Berita Terkait