Nasib Pemain Arsenal Jelang Piala Dunia 2022: Puncaki Liga Inggris, tapi Cuma Jadi Penonton di Qatar?

oleh Suharno diperbarui 06 Okt 2022, 14:25 WIB
Bukayo Saka. Gelandang Arsenal berusia 20 tahun ini menyumbang 1 gol dan 1 assist dalam kemenangan 3-1 atas Tottenham Hotspur. Musim ini adalah musim keempatnya bersama The Gunners dan total telah bermain dalam 96 laga di semua kompetisi dengan mencetak 13 gol. (AP/Frank Augstein)

Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 bakal berlangsung kurang dari 45 hari lagi di Qatar. Sebelum bertolak ke Qatar pada November nanti, pemain klub-klub Eropa masih harus menjalani laga padat pada Oktober ini.

Selain kompetisi domestik liga di negaranya, beberapa klub juga bakal menghadapi turnamen Eropa seperti Champions League atau Liga Europa. Bahkan klub Liga Inggris juga berjibaku dalam dua turnamen domestik lainnya, Piala FA dan Piala Liga.

Advertisement

Klub yang mayoritas pemainnya tidak berpartisipasi di Piala Dunia 2022 lebih diuntungkan. Mereka akan memiliki pemain dengan kondisi bugar sebelum maupun setelah turnamen di Qatar.

Lalu bagaimanakah dengan Arsenal sang pemuncak klasemen Liga Inggris? Apakah mereka akan kehabisan bensin setelah turnamen di Qatar dan gagal mempertahankan posisi puncak?

Berikut nasib sejumlah pemain Arsenal jelang Piala Dunia 2022. Tentunya ada yang bakal berlaga di Qatar dan ada pula yang cuma menjadi penonton.

 

2 dari 4 halaman

Pemain yang Absen

Martin Odegaard merupakan pemain pinjaman Arsenal dari Real Madrid yang saat ini telah direkrut secara resmi menuju Emirates. The Gunners harus merogoh kocek 35 juta euro untuk mendatangkan gelandang 22 tahun tersebut. (Foto: AFP/Pool/Shaun Botterill)

Ada lima pemain Arsenal yang dipastikan absen di Piala Dunia 2022. Mereka adalah kiper muda Karl Hein, Kieran Tierney, Oleksandr Zinchenko, Martin Odegaard, dan Mohamed Elneny.

Negara yang dibela mereka, yaity Estonia, Skotlandia, Ukraina, Norwegia, dan Mesir memang tidak lolos ke Piala Dunia 2022. Selain itu, Rob Holding masih jauh untuk dipanggil Gareth Southgate ke skuad Timnas Inggris.

Selain Holding, Inggris juga tidak memanggil Reiss Nelson untuk double-header UEFA Nations League dan Emile Smith Rowe berjuang dengan cedera.

 

3 dari 4 halaman

Peluang Tampil Tipis

Eddie Nketiah. Striker Inggris berusia 23 tahun yang kini memasuki musim ke-6 bersama Arsenal ini juga belum mencetak satu gol pun bagi The Gunners di Liga Inggris musim 2022/2023. Kehadiran Gabriel Jesus yang didatangkan dari Manchester City sedikit banyak menjadi penyebab kemandulannya akibat tidak mendapat menit bermain yang memadai. Dari total 6 laga di Liga Inggris, seluruhnya dimulai sebagai pemain pengganti. Musim lalu ia mampu mencetak 5 gol bagi Arsenal di Liga Inggris. (AP/David Cliff)

Eddie Nketiah kemungkinan juga tidak akan dibawa Southgate ke Qatar. Meski demikian dia masih berpeluang berlaga di Qatar asalkan mengalihkan kesetiannya ke Timnas Ghana.

Peluang Marquinhos masih 50 persen untuk terbang ke Qatar bersama skuad Brasil. Penyebabnya, Selecao masih memiliki pemain top seperti Neymar dan Vinicius Junior di lini depannya.

 

4 dari 4 halaman

Berpeluang Tampil di Qatar

Pemain Arsenal Granit Xhaka melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris di Emirates Stadium, London, Inggris, 1 Oktober 2022. Arsenal menang 3-1. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Asalkan mereka fit, tentu saja Matt Turner, Takehiro Tomiyasu, Thomas Partey, Bukayo Saka, dan Granit Xhaka akan berada di pesawat menuju Qatar. Masing-masing dari mereka memperkuat Amerika Serikat, Jepang, Ghana, Inggris, dan Swiss.

Penjaga gawang Arsenal Aaron Ramsdale juga masih berpeluang memperebutkan satu dari tiga tempat penjaga gawang untuk Inggris.

Bek Prancis William Saliba juga bakal jadi pilihan bagi Didier Deschamps. Sementara trio Gabriel Brasil di Arsenal yakni Jesus, Magalhaes dan Matinelli juga masih memiliki kemungkinan besar ke Qatar.

Sumber: Mirror

Berita Terkait