Sukses


10 Final Piala UEFA dan Liga Europa yang Melibatkan Klub dari Negara Sama

Bola.com, Jakarta - Final Liga Europa musim 2018-2019 pada Kamis (29/5/2019) dini hari WIB mempertemukan dua raksasa Inggris, Chelsea Vs Arsenal. Bentrok kedua tim bakal dihelat di Stadion Baku Olympic, Azerbajian.

Musim 2018-2019 menjadi musim perdana bagi Unai Emery dan Maurizio Sarri melatih klub ​Premier League. Meskipun liga Inggris divisi teratas itu telah berakhir, keduanya masih akan bertemu di final Europa League.

Final Liga Europa laksana Derby London. Namun ternyata ini bukan kali pertama dua wakil asal negara sama menjadi finalis di kompetisi ini.

Berikut adalah daftar lengkap sepuluh final Piala UEFA yang kini disebut Liga Europa melibatkan finalis dari negara yang sama.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 4 halaman

Periode 1970 hingga Awal 1990-an

1. Tottenham Hotspur Vs Wolverhampton Wanderers

Final pertama Piala UEFA terjadi pada 3 Mei 1972 dan 17 Mei 1972 antara dua klub Inggris, Wolverhampton Wanderers dan ​Tottenham Hotspur. Spur menang agregat 3-2 setelah unggul 2-1 di leg pertama dan bermain imbang 1-1 di leg kedua.

2. Eintracht Frankfurt Vs Borussia M'Gladbach

Final Piala UEFA 980 mempertemukan dua wakli Jerman, Eintracht Frankfurt dan Borussia M'Gladbach pada 7 Mei 1980 dan 21 Mei 1980. Dua klub Jerman lainnya pun menjadi semifinalis Piala UEFA pada tahunyang sama.

Eintracht Frankfurt menang agregat gol tandang 3-3 setelah kalah 2-3 di leg pertama, namun berhasil menang 1-0 di leg kedua.

3. Juventus Vs Fiorentina

​Juventus memiliki modal yang kuat dengan kemenangan 3-1 dari AS Roma di leg pertama final UEFA Cup 1990. Ketiga gol Juventus dicetak oleh Galia, Casiraghi, dan De Agostini, sedangkan gol balasan Fiorentina dicetak oleh Buso.

Di leg kedua kedua, Juventus dan Fiorentina bemain imbang 0-0 sepanjang 90 menit, Hasil ini menjadikan Juventus keluar sebagai pemenangnya.

4. Inter Milan Vs AS Roma

Final Piala UEFA 1991 yang dimainkan pada 8 Mei 1991 dan 22 Mei 1991 mempertemukan​ Inter Milan dan AS Roma. Inter Milan menang agregat 2-1 setelah menang 2-0 di leg pertama dan kalah 0-1 di leg kedua.

Kala itu Inter milan dipimpin striker asal Jerman, Jurgen Klinsmann, sedangkan AS Roma memiliki Rudi Voller.

3 dari 4 halaman

Medio 1990-an hingga Pertengahan 2000

5. Parma Vs Juventus

Final Piala UEFA 1995 dimainkan dua klub asal Italia,​ Juventus dan Parma dengan format dua leg. Laga pertama berhasil dimenangkan tim tuan rumah, Parma dengan skor tipis 1-0 di stadion Stadio Ennio Tardini.

Sedangkan leg kedua, skor berakhir imbang 1-1 menjadi keberhasilan pertama bagi Parma untuk mengangkat trofi tersebut, sedangkan Juventus sebelumnya telah berhasil memenangkannya beberapa kali.

6. Inter Milan Vs Lazio

Inter Milan menang telak 3-0 dari Lazio di final Piala UEFA 1998 yang dimainkan di Parc des Princes di Paris pada 6 Mei 1998.

Ketiga gol tersebut dicetak oleh Ivan Zamorano di menit keenam, Javier Zanneti pada menit ke-60, dan Ronaldo Nazario di menit ke- 70.

7. Sevilla Vs Espanyol

Espanyol bertemu Sevilla di laga final tahun 2011 Liga Europa yang kala itu formatnya masih menggunakan UEFA Cup. Kedua tim bermain sengit sehingga drama adu penalti harus dilakukan setelah kedudukan imbang 2-2 sepanjang 120 menit.

Mantan pemain Sevilla, Adriano yang membuka keunggulan 1-0 di menit ke-18 sebelum disamakan oleh mantan pemain Espanyol di menit ke-28. Kanoute membawa Sevilla unggul di babak perpanjangan waktu pertama, sebelum disamakan pemain Espanyol, Jonatas lima menit sebelum perpanjangan babak kedua usai.

 

4 dari 4 halaman

Tujuh Tahun Terakhir

8. Porto Vs Braga

Porto menang tipis 1-0 dari Braga di final Liga Europa 2011 yang menjadi musim ke-40 bagi UEFA menyelanggarakan kompetisi tersebut. 

Gol semata wayang dicetak pemain asal Kolombia, Radamel Falcao ayng menjadikan dirinya sebagai top skor Europa League di musim tersebut dengan 17 gol.

9. Atletico Madrid vs Athletic Bilbao

Laga final Liga Europa yang dimainkan pada 9 Mei 2012 di Stadion Arena Nationala ini terjadi antara dua klub Spanyol. Mereka adalah Atletico Madrid dan Athletic Bilbao dengan skor akhir 3-0, dua gol Radamel Falcao dan satu gol dari Diego.

Falcao menjadi man of the match dalam laga tersebut dan mencatatkan rekor sebagai pemain pertama yang memenangkan titel Europa League dua musim beruntun. Mereka pun behasil menang 4-1 dari Chelsea di UEFA Super Cup di musim selanjutnya.

10. Chelsea Vs Arsenal

Siapa yang sangka ​Arsenal dan ​Chelsea berhasil melaju ke final Liga Europa musim ini? Pasalnya kedua tim merupakan peserta baru di kompetisi Eropa ini, mereka lebih sering bermain di Champions League ketimbang Liga Europa League.

Arsenal baru mengikuti Europa League sejak musim lalu, sedangkan Chelsea baru ikut di musim ini setelah terakhir kali partisipasinya lima musim lalu. Duel keduanya di laga final nanti menjadi "All England" dengan Liverpool dan Spurs sebagai finalis Champions League musim ini.

Sumber: 90min

  • Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions

    Liga Europa

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005

    Chelsea

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Trivia Dunia

Video Populer

Foto Populer