Sukses


AFF Dukung ASEAN Maju Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034

Bola.com, Jakarta - Asosiasi Sepak Bola ASEAN (AFF) memberikan dukungan penuh atas rencana negara-negara di kawasan ASEAN untuk maju mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

"Kami selalu berpendapat bahwa ASEAN, yang secara kolektif merupakan kekuatan ekonomi terbesar ketiga di Asia dan terbesar ketujuh di dunia, memiliki potensi menjadi tuan rumah Piala Dunia yang sukses," demikian pernyatan Khiev Sameth, Presiden AFF merespons keinginan pejabat setingkat menteri di kawasan ASEAN untuk mengikuti bidding Piala Dunia 2034.

"Piala Dunia, yang digelar oleh negara-negara ASEAN akan menghasilkan manfaat ekonomi dan olahraga untuk wilayah ini, dan juga akan memperkuat ikatan di antara 640 juta orang," imbuh Sameth.

"AFF akan melibatkan pemangku kepentingan dan melihat kemungkinan ikut dalam bidding tuan rumah sambil mempertimbangkan faktor-faktor kunci termasuk persyaratan minimum yang telah ditentukan sebelumnya untuk jadi tuan rumah turnamen, jadwal waktu, dan pertimbangan lainnya," lanjut sang presiden.

Seperti diketahui, selama agenda pertemuan ASEAN ke-34 di Bangkok pada Minggu (23/6/2019), Perdana Menteri Thailand sekaligus Chairman asean, Gen Prayuth Chan o-Cha, mengumumkan seluruh negara di wilayah ASEAN telah sepakat untuk bersatu memasukkan lamaran jadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

"Saya ingin menyampaikan kepada masyarakat ASEAN, bahwa hari ini, para pemimpin mendukung keinginan bersama ASEAN untuk mengembangkan upaya bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2034," kata Prayuth, ketika itu.

Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN), sesuai namanya terdiri dari negara yang berada dalam satu kawasan sama; Asia Tenggara, yang secara organisasi terdiri dari 10 negara (yang mendatangani piagam), yakni Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Seluruh negara itu jadi anggota AFF, plus Timor Leste dan Australia yang juga memilih bergabung dalam Asosiasi Sepak Bola ASEAN itu.

Sumber: AFF

Video Populer

Foto Populer