Sukses


Sungkan dengan PSSI, Arema FC Tak Minta Dana Komersial jika Liga 1 Digelar tanpa Penonton

Bola.com, Jakarta - Arema FC mengatakan tak enak hati dengan PSSI jika merengek meminta tambahan dana komersial andai Liga 1 2020 dilanjutkan lagi tanpa penonton. Hal itu disampaikan oleh General Manager klub, Ruddy Widodo.

"Kami harus paham kemampuan federasi (PSSI). Mereka juga pasti juga memiliki keterbatasan,"

"Nggak mungkin kita menggantungkan semuanya ke PSSI. Ibaratnya kita anak, tapi sudah dewasa. Nggak mungkin kan kalau kita terus minta kepada orang tua," sambungnya.

Sebelumnya, manajemen Arema menghitung, dengan kapasitas stadion hanya terisi 50 persen dan jangka kompetisi enam bulan, secara rata-rata jumlah ideal dana komersial sebesar Rp 1,2 miliar. Perhitungan tersebut, sambung manajer berusia 48 tahun ini, dengan asumsi kapasitas stadion terisi separuhnya.

Namun, perhitungan ini sulit untuk direalisasikan. Pasalnya, dari protokol kesehatan yang disusun tim dari PSSI, hampir bisa dipastikan bahwa laga lanjutan kompetisi musim 2020 digelar tanpa penonton. Bahkan, dalam protokol tersebut, hanya ada 254 orang yang boleh berada di area stadion pada hari pertandingan.

 

Video

2 dari 3 halaman

Kurangi Pengeluaran

Lebih lanjut, alih-alih kembali meminta tambahan dana komersial ke PSSI, Arema memiliki cara lain untuk survive dalam kondisi pendapatan yang berkurang. Salah satunya, menurut Ruddy, mereka berusaha untuk mengurangi pengeluaran.

"Kami melihat usul relaksasi pajak akan sangat membantu jika nantinya direalisasikan," ucap Ruddy.

"Relaksasi ini, kami harapkan, mulai dari pajak yang terkait dengan kepanpelan sampai kepada pajak penghasilan pemain. Jumlahnya cukup lumayan," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Sumber Uang Lainnya

Selain mengurangi beban, ada lagi upaya yang akan dilakukan Arema untuk merespon regulasi tanpa penonton ini. Upaya tersebut adalah mencari sumber pendapatan lain.

"Kita harus bisa mengoptimalkan peranan sumber pendapatan lain. Salah satu yang bisa kita coba adalah mengoptimalkan peran sponsor," kata Ruddy.

"Selain itu, bisa juga kita mengadakan event seperti nonton bareng, yang tentunya tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan. Kita lihat saja nanti seperti apa," ia menandaskan.

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah, published 10/6/2020)

Video Populer

Foto Populer