Sukses


Rekam Jejak Sang Juara Kompetisi Reguler BRI Liga 1 2023 / 2024, Borneo FC: Dominasi Pesut Etam

Bola.com, Jakarta - Gelar juara musim reguler BRI Liga 1 2023/2024 menjadi milik Borneo FC. Kepastian itu didapat setelah pesaing terdekat, Persib Bandung tak mampu mengejar perolehan poin Pesut Etam.

Kebetulan, pada pekan terakhir sebelum jeda kompetisi, Persib gagal memetik poin penuh setelah ditahan imbang Bhayangkara FC (28/3/2024). Andai berhasil menyapu empat laga sisa, poin maksimal Tim Maung Bandung adalah 67.

Sementara Borneo FC saat ini memuncaki klasemen dengan torehan 70 angka dari 30 laga. Mereka unggul 15 poin dari Persib Bandung yang menempati posisi kedua. Sedangkan urutan ketiga dihuni Bali United dengan koleksi 52 angka.

Pesut Etam memang tampil mendominasi sepanjang musim ini. Borneo FC juga menjadi satu-satunya tim yang memastikan diri lolos ke Championship Series BRI Liga 1 lebih awal. Fase ini bakal jadi penentu gelar Liga 1 musim ini.

Bola.com merangkum perjalanan Borneo FC juara Reguler Series BRI Liga 1 2023/2024. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Mendominasi

Pencapaian Borneo FC di Liga 1 musim ini terbilang luar biasa. Mereka menunjukkan konsistensi permainan sejak awal musim.

Tidak hanya memuncaki klasemen sementara, Pesut Etam juga menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit yaitu 20 kali dan mencetak 49 gol.

Dari 19 laga terakhir, Borneo FC tak tersentuh kekalahan dengan membukukan 16 kemenangan serta tiga hasil seri. Teranyar, mereka bermain imbang 1-1 melawan PSM Makassar pada pekan ke-30 (29/3/2024).

Kemenangan terbesar Borneo FC pada musim ini didapat ketika menghadapi Bhayangkara FC di pekan ke-26.

Ketika itu mereka menang dengan skor telak 4-0 di kandang, Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur (26/2/2024).

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Fantastis

Borneo FC memiliki rekor kemenangan terbaik di antara kontestan lain. Mereka masih belum tersentuh kekalahan ketika tampil di kandang musim ini. Hingga pekan ke-30 BRI Liga 1, Pesut Etam mencatatkan 21 kemenangan.

Sisanya tujuh laga di antaranya berakhir imbang dan dua kali menelan kekalahan. Dua tim yang bisa menaklukkan Pesut Etam yakni Persebaya Surabaya dan Persis Solo.

Kekalahan pertama Borneo FC terjadi saat dijamu Persis Solo pada 15 Juli 2023. Laga yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah itu berakhir dengan skor tipis 1-2.

Kemudian, hasil minor kedua diderita Pesut Etam kala bertandang ke markas Persebaya Surabaya. Wiljan Pluim dkk. dipermalukan Bajul Ijo dengan skor 1-2 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur (3/9/2023).

4 dari 5 halaman

Pemain Berkualitas

Sederet pemain senior berpengalaman dan pemain muda yang menghuni skuad Borneo FC menjadi kekuatan tersendiri di Liga 1 musim ini.

Kombinasi apik ini sukses membantu Pesut Etam merengkuh gelar jawara Reguler Series BRI Liga 1 2023/2024.

Salah satu pemain yang tampil menonjol sepanjang musim ini adalah Stefano Lilipaly. Pemain keturunan Indonesia-Belanda tersebut menunjukkan performa jempolan dengan koleksi 11 gol plus 17 assist.

Gelandang berusia 34 tahun itu berstatus sebagai penyumbang gol dan assist terbanyak Tim Pesut Etam di BRI Liga 1 2023/2024.

Jumlah tersebut sudah melampaui catatan delapan gol dan 10 assist yang diukir Stefano Lilipaly pada musim lalu.

Selain itu, Borneo FC juga masih memiliki sosok penyerang haus gol yang ada dalam diri Felipe Cadenazzi. Sama seperti Lilipaly, Cadenazzi juga sudah mengepak 11 gol pada musim ini.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer