Sukses


Lebih dari Separuh Warga Brasil Tak Peduli Piala Dunia 2018

Bola.com, Jakarta - Lebih dari separuh warga Brasil ternyata tak memiliki ketertarikan terhadap Piala Dunia 2018. Kendati, selama ini negara itu dikenal dunia sebagai negara penggila sepak bola.

Sesuai jajak pendapat yang digelar Datafolha, 53 persen dari warga Brasil mengaku tak peduli dengan Piala Dunia 2018. Angka itu menunjukkan peningkatan, dari 42 persen pada Januari lalu.

Dari hasil jajak pendapat lembaga survei itu, mereka yang paling tak tertarik dengan Piala Dunia 2018 adalah kaum wanita (61 persen), kalangan usia 35-44 tahun (57 persen), dan mereka yang tinggal di Brasil bagian utara (59 persen).

Ketidaktertarikan terhadap Piala Dunia 2018 itu dinilai sebagai refleksi atas berbagai permasalahan yang terjadi di Brasil, seperti kondisi ekonomi yang memburuk, skandal-skandal korupsi, hingga aksi mogok sopir truk yang nyaris melumpuhkan negara itu selama satu pekan pada Mei lalu.

Terpaan berita-berita buruk itu membuat fokus warga Brasil tak lagi tertuju pada Piala Dunia 2018, yang digelar di Rusia pada Kamis (14/6/2018) ini hingga 15 Juli 2018.

Selain itu, warga Brasil masih merasakan patah hati atas prestasi Piala Dunia empat tahun lalu, saat jadi tuan rumah. Langkah Neymar dkk. terhenti di semifinal setelah dicukur Jerman 1-7.

Hal itu masih membekas sampai sekarang, terutama di Belo Horizonte, kota di mana semifinal Piala Dunia 2014 mempertemukan Brasil vs Jerman dipertandingkan. 

 

2 dari 2 halaman

Tak Ada Kegembiraan

Para pemain Brasil tiba di Bandara Sochi, di Rusia (11/6). Di Piala Dunia 2018, timnas Brasil berada di Grup E bersama Swiss, Kosta Rika dan Serbia. (AFP Photo/Nelson Almeida)

Demam Piala Dunia tak terasa di kota yang terletak di kota terbesar keempat di Brasil itu. Padahal, biasanya saat turnamen sepak bola paling abar sejagat itu bergulir, kota itu kerap menjadi lautan "kuning-hijau" sesuai warga kebesaran jersey yang dikenakan Selecao.

Jelang maupun selama Piala Dunia, dinding-dinding di seantero Belo Horinzonte banyak ditutupi dengan gambar-bambar berbau patriotisme atau grafiti berbau sepak bola. Namun, tidak sekarang ini.

"Lihatlah sekeliling. Tidak ada kegembiraan. Tak ada. Kami bermain sepak bola, kami mencintai sepak bola, tapi tak ada yang bicara Piala Dunia. Orang Brasil terlalu banyak memiliki masalah lain untuk dipikirkan saat ini," ujar Jaiderson Santos, satu di antara warga Brasil.

Sebelumnya, Brasil juga sudah dinyatakan bukan sebagai negara penggila sepak bola nomor satu di dunia karena berdasarkan hasil survei Nielsen Sports, justru Uni Emirat Arab yang menduduki ranking pertama sebagai negara yang warganya paling memiliki ketertarikan terhadap sepak bola.

Sumber: The National

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer