Sukses


    FIFA Rilis Video Bukti Posisi Bola Sesaat Jelang Gol Kontroversial Jepang ke Gawang Spanyol di Piala Dunia 2022: Tipis Banget!

    Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) akhirnya merilis sebuah video lengkap dengan gambaran situasi bola yang diperdebatkan dan menjadi kontroversi dalam pertandingan antara Jepang dan Spanyol di Grup E Piala Dunia 2022. Dalam video tersebut, FIFA menegaskan bahwa bola belum sepenuhnya meninggalkan lapangan karena ada bagian yang masih berada di atas garis lapangan.

    Situasi yang dimaksud adalah momen di mana Kaoru Mitoma melepas umpan dari garis akhir lapangan dan disambut Ao Tanaka untuk menjadi gol yang membawa Jepang unggul 2-1 atas Spanyol.

    Banyak yang menilai bola telah sepenuhnya keluar dari lapangan sesaat sebelum Kaoru Mitoma menyentuh bola dan menjadi assist untuk gol Ao Tanaka.

    Bahkan tayangan dari VAR pun tak bisa banyak membantu membuktikan secara jernih situasi saat itu, meski pada akhirnya wasit menilai gol Jepang sah karena belum meninggalkan lapangan.

    Kini FIFA mengeluarkan rilis resmi terkait situasi tersebut. Dalam akun Twitter resminya, FIFA mengunggah video tayangan ulang dari momen tersebut dan memberikan penjelasan bahwa ada bukti tegas yang menyatakan bahwa bola belum sepenuhnya meninggalkan lapangan sehingga gol Jepang memang sah.

    Apa kata FIFA dalam pernyataannya?

    2 dari 5 halaman

    Unggahan FIFA

    3 dari 5 halaman

    Pernyataan FIFA

    Dalam kicauannya di akun Twitter resmi, FIFA menuliskan: "Gol kedua Jepang dalam kemenangan 2-1 atas Spanyol telah diperksa oleh VAR untuk mengetahui apakah bola sudah keluar dari permainan. Video resmi pertandingan yang menggunakan kamera garis gawang digunakan untuk memeriksa apakah bola masih ada di atas garis atau tidak."

    "Kamera lain mungkin memberikan gambaran yang salah, tapi dari bukti yang ada, keseluruhan bagian bola belum keluar dari lapangan permainan," lanjut pernyataan FIFA.

    Dalam foto yang banyak tersebar di media sosial, yang memperlihatkan gambar dari atas mistar gawang, tampak memang bola yang akan dilepaskan oleh Kaoru Mitoma sudah meninggalkan lapangan.

    Namun, gambar tersebut tak menjadi bukti konkret karena terlihat bahwa sudut pandang itu tidak ideal karena garis dan gawang tidak dalam satu garis yang lurus.

    Sementara dalam video yang baru dirilis FIFA tampak yang digunakan sebagai bukti adalah sudut pandang yang memperlihatkan garis gawang dan posisi tiang gawang dalam satu garis lurus, di mana bagian bola dalam hitungan milimeter masih berada di atas garis.

    Sumber: FIFA, Twitter

    4 dari 5 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    5 dari 5 halaman

    Akhir dari Persaingan Grup E Piala Dunia 2022

    Video Populer

    Foto Populer